Skip to main content

TroubleShoot Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

 Hallo teman - teman, jumpa lagi dengan Dhevils mechanic.  pernahkah kalian mengalami unit negin yang tadinya normal selang operasi beberapa lama push rod bengkok? dan itu pernah terjadi di unit yang dhevils mechanic rawat.

Kejadian push rod bengkok ini terjadi pada unit Caterpillar model Cat D3406 yang beoperasi sebagai prime over pompa Sykes. unit engine pump ini berfungsi sebagai pompa air baku di WPS Kertasmaya PT Pertamina EP Field Jatibarang. Air baku di pompakan ke WTP Mundu dengan carak kurang lebih 32km. unit engine pump cat D3406 ini ada 2 unit dan beroperasi bergantian 24 jam non stop.
 Berawal dari laporan operator WPS, dimana unit tidak ada tenaga dan lama - lama unit engine mati, dan di start kembali susah hidup dan terasa berat pada saat start up.nya. dan team mechanic segera meluncur dari workshop BRU Mundu ke site.
Sesampai di sana team mechanic memastikan kondisi yang sebenarnya. dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukannya.

baca juga :





 Test starting ada suara kasar pada daerah cilinder head, dan akhirnya kita buka cover valve untuk melihat kondisi dari valve mechanism, dan teryata rocker arm pada kocak/ clearent dari rocker arm pada oblak, push rod sebagian besar bengkok. Pekerjaan lanjut bongkar rocker arm set,
 OK teman - teman kita lihat di part book konstruksi dari valve mechanisme. dan berikut part book dari valve mechanisme


Permaslahan push rod bengkok ini kita teliti penyebab utamanya apa? supaya kita berhati - hati di kemudian hari, teryata kerusakan itu diakibatkan bibir dari rocker arm yang bersentuhan dengan bridge inlet dan exhaust valve aus, sehingga clearent menjadi lebar, dan lambat laun semakin jauh dan posisi  bolt setting clearent keluar dari lobang push rod sehingga nonjok samping dari push rod dan piston posisi naik, dari dalam tertekan oleh lifter, dan dari atas tertekan oleh rocker arm yang terdorong batang valve dan piston. maka yang kalah adalah push rod.

Tidak berhenti dari situ saja kami juga mencari penyebab nya rocker arm dapat mudah aus, padahal unit yang satunya awet dan tidak ada permasalahannya. kami tarik ulang kebelakang jika unit engine ini 3 bulan terkahir jika start sedikit kesusahan, engine tidak langsung hidup.  dan pada saat ini Rocker arm sudah posisi terlepas, sehingga kami ini ini siatif untuk melepas Nozlle atau injector, setalah Nozzle kita lepas kita bawa ke workshop untuk di test pengakabutannya dan teryata benar adanya 2 dari 6 injector ada yang ngucur alias tidak mengkabut.
 
Lha kenapa Injector tidak mengkabut menyebabkan rocker arm aus?? dan teryata dari pembakaran yang tidak sempurna sisa kotoran pembakaran masuk ke dalam ruang oli melalui celah - celah dari ring piston dan bercampur dengan  oil. semakin hari sulfur yang kebawa / tercampur dengan oli semakin banyak dan menyebabkan daya lumas berkurang. dan itu menyebabkan oli menjadi pekat susah untuk naik ke ruangan valve mechanisme.
 

Dan untuk memastikan kompresi  tiap - tiap cylinder setelah rocker arm  dan spare part lainnya datang, kita akan lakukan test kompresi.

  Setelah kita bongkar dan kita orderkan materialnya ke PT trakindo utama selaku agen dari unit engine Caterpillar di Indonesia. part kita rakit kembali

 Setelah rocker valve dan komponennya kita pasang jangan lupa kita setting clereance mengikuti manual book untuk engine cat D3406. dengan cara sebagai berikut :


- Posisikan piston pada posisiTop dengan cara memutar Flywheel mengikuti arah putaran engine. Posisi Top yaitu  posisi  piston diatas sedang kompresi ( kedua valve inlet dan exhaust bebas tidak terpencet)
 - Samakan tinggi pemencetan bridge antara valve bagian depan dan belakang, ini bertujuan untuk menyamakan bukaan dari valve,
- Setelah bridge duduk rata pada ke dua valve baru clearent rocker arm dan bridge sesuai dengan manual book untuk model Cat D3406. jangan lupa kencangkan Nut penguncinya

- Lakukan hal yang sama untuk exhaut valve

 Pekerjaan top engine sudah selesei sekalian ganti minyak pelumas, oil filter, fuel fileter, air filter. Jika semua sudah selesei  engine sudah dapat running kembali. jangan lupa sebelum starting check air radiator, fuel system, bateray dan panel engine.

Demikian pekerjaan yang kami lakukan pada saat troubleshoot mencari penyebab push rod bengkok pada negine Caterpillar D3406 prime over dari pompa transfer Sykes di WPS Kertasmaya PT pertamina EP Field Jatibarang.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...