
Hallo teman - teman, jumpa lagi dengan Dhevils mechanic. pernahkah kalian mengalami unit negin yang tadinya normal selang operasi beberapa lama push rod bengkok? dan itu pernah terjadi di unit yang dhevils mechanic rawat.
Kejadian push rod bengkok ini terjadi pada unit Caterpillar model Cat D3406 yang beoperasi sebagai prime over pompa Sykes. unit engine pump ini berfungsi sebagai pompa air baku di WPS Kertasmaya PT Pertamina EP Field Jatibarang. Air baku di pompakan ke WTP Mundu dengan carak kurang lebih 32km. unit engine pump cat D3406 ini ada 2 unit dan beroperasi bergantian 24 jam non stop.
Berawal dari laporan operator WPS, dimana unit tidak ada tenaga dan lama - lama unit engine mati, dan di start kembali susah hidup dan terasa berat pada saat start up.nya. dan team mechanic segera meluncur dari workshop BRU Mundu ke site.
Sesampai di sana team mechanic memastikan kondisi yang sebenarnya. dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukannya.
Sesampai di sana team mechanic memastikan kondisi yang sebenarnya. dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukannya.
baca juga :
Test starting ada suara kasar pada daerah cilinder head, dan akhirnya kita buka cover valve untuk melihat kondisi dari valve mechanism, dan teryata rocker arm pada kocak/ clearent dari rocker arm pada oblak, push rod sebagian besar bengkok. Pekerjaan lanjut bongkar rocker arm set,

OK teman - teman kita lihat di part book konstruksi dari valve mechanisme. dan berikut part book dari valve mechanisme

Permaslahan push rod bengkok ini kita teliti penyebab utamanya apa? supaya kita berhati - hati di kemudian hari, teryata kerusakan itu diakibatkan bibir dari rocker arm yang bersentuhan dengan bridge inlet dan exhaust valve aus, sehingga clearent menjadi lebar, dan lambat laun semakin jauh dan posisi bolt setting clearent keluar dari lobang push rod sehingga nonjok samping dari push rod dan piston posisi naik, dari dalam tertekan oleh lifter, dan dari atas tertekan oleh rocker arm yang terdorong batang valve dan piston. maka yang kalah adalah push rod.

Tidak berhenti dari situ saja kami juga mencari penyebab nya rocker arm dapat mudah aus, padahal unit yang satunya awet dan tidak ada permasalahannya. kami tarik ulang kebelakang jika unit engine ini 3 bulan terkahir jika start sedikit kesusahan, engine tidak langsung hidup. dan pada saat ini Rocker arm sudah posisi terlepas, sehingga kami ini ini siatif untuk melepas Nozlle atau injector, setalah Nozzle kita lepas kita bawa ke workshop untuk di test pengakabutannya dan teryata benar adanya 2 dari 6 injector ada yang ngucur alias tidak mengkabut.

Lha kenapa Injector tidak mengkabut menyebabkan rocker arm aus?? dan teryata dari pembakaran yang tidak sempurna sisa kotoran pembakaran masuk ke dalam ruang oli melalui celah - celah dari ring piston dan bercampur dengan oil. semakin hari sulfur yang kebawa / tercampur dengan oli semakin banyak dan menyebabkan daya lumas berkurang. dan itu menyebabkan oli menjadi pekat susah untuk naik ke ruangan valve mechanisme.

Dan untuk memastikan kompresi tiap - tiap cylinder setelah rocker arm dan spare part lainnya datang, kita akan lakukan test kompresi.

Permaslahan push rod bengkok ini kita teliti penyebab utamanya apa? supaya kita berhati - hati di kemudian hari, teryata kerusakan itu diakibatkan bibir dari rocker arm yang bersentuhan dengan bridge inlet dan exhaust valve aus, sehingga clearent menjadi lebar, dan lambat laun semakin jauh dan posisi bolt setting clearent keluar dari lobang push rod sehingga nonjok samping dari push rod dan piston posisi naik, dari dalam tertekan oleh lifter, dan dari atas tertekan oleh rocker arm yang terdorong batang valve dan piston. maka yang kalah adalah push rod.

Tidak berhenti dari situ saja kami juga mencari penyebab nya rocker arm dapat mudah aus, padahal unit yang satunya awet dan tidak ada permasalahannya. kami tarik ulang kebelakang jika unit engine ini 3 bulan terkahir jika start sedikit kesusahan, engine tidak langsung hidup. dan pada saat ini Rocker arm sudah posisi terlepas, sehingga kami ini ini siatif untuk melepas Nozlle atau injector, setalah Nozzle kita lepas kita bawa ke workshop untuk di test pengakabutannya dan teryata benar adanya 2 dari 6 injector ada yang ngucur alias tidak mengkabut.

Lha kenapa Injector tidak mengkabut menyebabkan rocker arm aus?? dan teryata dari pembakaran yang tidak sempurna sisa kotoran pembakaran masuk ke dalam ruang oli melalui celah - celah dari ring piston dan bercampur dengan oil. semakin hari sulfur yang kebawa / tercampur dengan oli semakin banyak dan menyebabkan daya lumas berkurang. dan itu menyebabkan oli menjadi pekat susah untuk naik ke ruangan valve mechanisme.

Dan untuk memastikan kompresi tiap - tiap cylinder setelah rocker arm dan spare part lainnya datang, kita akan lakukan test kompresi.
Setelah kita bongkar dan kita orderkan materialnya ke PT trakindo utama selaku agen dari unit engine Caterpillar di Indonesia. part kita rakit kembali


Setelah rocker valve dan komponennya kita pasang jangan lupa kita setting clereance mengikuti manual book untuk engine cat D3406. dengan cara sebagai berikut :

- Posisikan piston pada posisiTop dengan cara memutar Flywheel mengikuti arah putaran engine. Posisi Top yaitu posisi piston diatas sedang kompresi ( kedua valve inlet dan exhaust bebas tidak terpencet)
- Samakan tinggi pemencetan bridge antara valve bagian depan dan belakang, ini bertujuan untuk menyamakan bukaan dari valve,
- Setelah bridge duduk rata pada ke dua valve baru clearent rocker arm dan bridge sesuai dengan manual book untuk model Cat D3406. jangan lupa kencangkan Nut penguncinya

- Lakukan hal yang sama untuk exhaut valve


- Posisikan piston pada posisiTop dengan cara memutar Flywheel mengikuti arah putaran engine. Posisi Top yaitu posisi piston diatas sedang kompresi ( kedua valve inlet dan exhaust bebas tidak terpencet)
- Samakan tinggi pemencetan bridge antara valve bagian depan dan belakang, ini bertujuan untuk menyamakan bukaan dari valve,
- Setelah bridge duduk rata pada ke dua valve baru clearent rocker arm dan bridge sesuai dengan manual book untuk model Cat D3406. jangan lupa kencangkan Nut penguncinya

- Lakukan hal yang sama untuk exhaut valve

Pekerjaan top engine sudah selesei sekalian ganti minyak pelumas, oil filter, fuel fileter, air filter. Jika semua sudah selesei engine sudah dapat running kembali. jangan lupa sebelum starting check air radiator, fuel system, bateray dan panel engine.
Demikian pekerjaan yang kami lakukan pada saat troubleshoot mencari penyebab push rod bengkok pada negine Caterpillar D3406 prime over dari pompa transfer Sykes di WPS Kertasmaya PT pertamina EP Field Jatibarang.



