Skip to main content

Truck Fresia Sang Fighting Yang Gagah Perkasa

Main - main ke Pabriik perakitan dari unit - unit fire figting memang sangat menantang, melihat dan merasakan bagaimana unit truck - truck handal. Dan kali ini dhevils mechanic ingin menngulas tentang Unit fire figting Fresia, Unit fire truck yang sering digunakan di dunia aviasi. Dan Mari kita kupas satu persatu konstruksi dari unit Fire Figting Fresia ini.
F800 Chassis are available in 4×4, 6×6 or 8×8 configurations and available with various wheelbases and widths thanks to Fresia’s wide variety of possible axles ranging from narrow 2.5m wide, which may also be suitable for Avio-Transportable units, up to 3.3m wide, which offer the best high speed stability in the market.

 
Fresia berasal dari product Negara Italia, dengan chasis yang kokoh, dengan mesin ada dibelakang dari mobil, jika dalam dunia mobil Bus hal ini sudah biasa, tetapi hal ini  konstruksi yang tidak biasa untuk sebuah truck,
 1. CHASSIS
 
- Pabrikan: FRESIA (6 × 6), ITALIA
- Mesin:  680 HP
Deutz, Germany
 
 Unit truck ini debekali dengan mesin 680HP Deutzh model TCD Germany, dengan 8 Cylinder
 
- Kemudi: Posisi Tengah,
Bantuan Daya Hidraulik
 
 Ruang kemudi lapang dan lega dengan transmisi automatic.
Kecepatan Maks: 120km / jam
- Akselerasi: 0-80km / jam dalam 25 detik.
- Jarak Pengereman:
0-32km / jam: kurang dari 12m
0-64km / jam: kurang dari 44m

Tombol - tombol control panel yang ada di dashboard cabin mudah dalam pengoperasiannya


 
- Transmisi Otomatis: F6, R2
ALLISON tipe M6610 / A, AS
 
- Ban: 16.00 R20 XZL TL
- Tangki Bahan Bakar: 255 L
- GVW: 36.000Kg
- Awak: 4 Orang (1 + 3)
 
3. FOAM TANK
- Kapasitas: 1.450â„“
- Bahan: GRP
- Instal overflow untuk pencegahan
tekanan internal
4. TANGKI AIR
- Kapasitas: 11.400â„“
- Bahan: GRP
- Overflow Pipe & Drain Valve
- Filter stainless steel di saluran masuk tangki.
 
5. WATER PUMP
  • Flow Rate: 6000-7200 l/m
  • Material: Body and impeller made of alloy aluminum resistant against corrosion, pump shaft made of stainless steel
Dhevils mechanic witnes ke pabrik perakitan unit fire pump bersama dengan mas Rudiono, Orang  HSSE legendaris di salah satu perusahaan Oil and Gas yang ada di Indonesia.
Dan secara oveerall saya puas diajak jalan - jalan mencoba satu persatu jenis fire truck yang di produksi, dengan berbagai fasilitas yang dibenamkan pada unit tersebut. dan saya menambah wawasan baru untuk dunia safety terutama dunia pemadam api.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...