Skip to main content

Cara Mencari Part Number Unit Engine John Deere

Hallo teman - teman semuanya, masih bersama dhevils mechanic yang selalu ingin bercerita dan berbagi pengalaman didalam dunia mechanic Oil and Gas Industry. tentang troubleshoot maupun tentang pemahaman di dunia mechanic. dan kali ini dhevils mechanic akan bercerita pengalaman mendapat tugas menyeleseikan proyek lama yang terbengkalai. yaitu unit fire pump merk Clarke dengan prime over engine diesel merk John Deere.
Ada 13 unit fire pump dengan merk Clarke yang harus di hidupkan dahulu di workshop mekanik sebelum dikirim ke lapangan untuk segera di Instal sebagai FPS (Fire Protection System) jika tidak segera terintal plant tersebut tidak boleh dioperasikan karena tidak memenuhi aturan HSSE.

Baca juga :
 
Penyebab Knocking Pada Gas Engine

Serba Serbi Sucker Rod Pump ( SRP) 

 Genset susah start? Apa sajakah yang harus di Check

Prinsip Kerja Air Compressor Screw 

  Dari ke 13 unit tersebut ada 3 unit yang susah untuk dihidupkan dan harus ada perbaikan mayor karena unit mengalami stack / ngejam disebabkan unit di letakan dilapangan tanpa perlindunga dari terik panas matahari dan hujan sehingga air hujan masuk dari lubang exhaust turbo dan menjalar kemanifold lanjut masuk ke ruang bakar, mengendap bertahun - tahun sehingga unit menjadi macet.
 Setelah unit kita bongkar dan di inpeksi part yang rusak dan dapat digunakan lagi, kita kesulitan untuk menentukan part number dari part yang ingin kita ganti/ kita order karena unit sudah dari tahun antah barantah pembeliannya. dokumen - dokument manual book dan part book juga sudah tiadak tahu jelas rimbanya. dan setelah nanya sana, dan nanya sini kahirnya ada cara mudah unruk mencari part number tersbut dan berikut adalah cara mencari part number dari unit engine John Deere.
Kita masuk dulu ke situs resmi John Deere dan masuk ke " https://partscatalog.deere.com/"
Setelah  muncul window seperti diatas kita tinggal masukan serial number dari engine yang akan kita cari part number dari spare partnya.
 Kita akan diarahkan ke unit engine dengan serial number tersebut dan sudah ada group bagian - bagian yang akan kita cari part numbernya.

Nach part number dari spare part yang kita inginkan akan muncul, dan kita tinggal mencatat semua sparepart, part numbernya, quantity kebutuhannya. dan teryata gampang bukan?
 Demikianlah pengalaman dhevils mechanic dalam mencari part number dari unit engine john deere semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...