Skip to main content

Perjalanan Sang Dhevils Mechanic - Sense Of Machine (bag 1)

 

Berawal dari lulusan STM Mesin 1994 dari STM Swasta Gamaliel di kotamadya Madiun dan membawa sertificate khursus Montir di kota salah satu kota kecil yang ada di propinsi jawa timur mencoba keberuntungan merantau di kota. Tetapi langkah kaki terhenti di kota cerbon mendapat tawaran menjadi mechanic di wilayah Indramayu. Yah semua terasa Indah, hanya lulusan sekolah STM dapat langsung kerja.

Setelah dijalani teryata hanya jadi helper dan menjadi tukang lap unit gas kompressor  salah satu perusahaan  pengelola wilayah TAC di DOHJBB, dimana di area tersebut banyak enggine - enggine kompressor yang besar - besar yang berfungsi untuk mengompresikan gas dan di injectionkan kedalm bumi melalui sumur - sumur gaslift dan gas tersbut akan membawa minyak  naik kepermukaan  untuk produksikan sumur - sumur yang sudah tua yang sudah tidak mempunyai tekanan reservoir untuk naik ke atas permukaan.

Menjadi helper mechanic memang mempunyai kenangan tersendiri,  disaat para senior masih duduk - duduk santai di pantri plant untuk ngopi dan ngobrol - ngobrol, dhevils mechanic sudah berpeluh keringat membawa ember, majun dan kunci inggris yang tidak pernah lepas dari kantong wearpack. Ember berisi air dengan sabun machine  dengan merk yang masih jelas di otakkoe yaitu merk bigbare dengan warna hijau jligennya.

Baca juga :

Kunci Inchi dan MM Dalam Dunia Mechanic

Konversi Kunci inchi dan MM

Intergrated Enggine di Dunia Oil and Gas

Satu - persatu sisi enggine  gas kompressor dengan waukesha disapu bersih setiap tetesan dan rembesan oli di setiap block mesin dan pipa - pipa saluran minyak pelumas. dan kadang bekas sepatu operator dan senir mechanic yang melekat di pipa dan deck  unit di lap bersih hingga mengkilap. debu dan hewan - hewan kecil yang mati terjebak dipanasnya engine disapu bersih jangan sampai ada di dalam kisi dan ruang - ruang yang sempit sisi engine. semua harus clear dan rapi.

Setelah membersihkan 3 unit gas kompressor dengan primeover Waukesha 16 cylinder dengan daya 1500HP beralih ke 2 unit gas kompressor dengan merk Superior yang tak kalah besar dengan ke tiga gas kompressor sebelumnya. semua sisi harus bersih dan mengkilap jangan sampai ada debu dan bercak bekas tangan / kaki dari para operator dan senior mechanic.

Setelah jam kedua beralih ke sisi lainnya dari stasiun gas lift kompressor (NFG) ini, yaitu beralih membersihkan 5 unit gas lift dengan merk Ajax, yah merk ajax unit enggine dengan model 2 stroke dengan bahan bakar gas alam atau biasa yang disebut dengan natural gas.

Jika semua sudah selesai kami dipanggil oleh mechanic senior untuk membantunya  dalam menyeleseikan permasalahan yang timbul dsana, misalkan saja sedang ada trouble di unit enggine waukesha, unit enggine bocor pada manifold exhaust, kami disuruh menyiapkan tool - tool yang akan digunakan  dan part untuk pengantiannya. seperti kunci pas, kunci shock, kunci moment, nepple, webbing sling dan lain - lain.

Setelah pekerjaan troubleshoot selesei kami disuruh membersihkan dan menyimpan kembali tool kedalam toolroom sementara material bekas disimpan digudang dengan melabaelinya.

Dan jika pekerjaan rutin sudah selesei dan tidak ada trouble maka kesempatan itu dhevils gunakan untuk masuk ke ruang buku manual, disana satu - persatu dhevils pelajari manual book setiap enggine dan pompa yang ada di plant itu.

kesimpulan yang dapat dimabil dari kisah ini adalah :

  • Dari setiap pagi membersihakn unit - unit enggine ini jiwa kita akan terbiasa dengan apa yang kita lakukan dan munculah kepekaan kita terhadap unit yang kita rawat karena kita setiap hari mengelapnya ada kelainan suara sedikit saja akan kita sudah hafal. dan itu yang akan melatih Sense OF Machine kita
  • Setiap hari kita membersihkan enggine dan mengantongi kunci inggris (Ajustable Key) adalah membuat jiwa kita bergerak cepat menyeleseikan peremasalahan yang ada tanpa harus minta bantuan orang lain, karena pada saat kita membersihkan unit enggine kita menemukan rembesan kecil atau baut yang kendor akan segera kita kencangkan jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih besar dikemudian hari.
  • Pada saat trouble kita hanya menjadi helper menyiakan tool yang akan digunakan hal ini menimbulkan feeling sebagai mechanic alat apa saja yang akan digunakan dengan memperhatikan ukuran bolt di lapangan kita akan tahu ukuran kunci yang digunakan dan kita akan paham persamaan tool mm dengan inchi karena kebiasaan kita menyiapkan tool kepada senior.
  • Selesei troublepun kita akan paham manajemen material dengan berbagai part number yang digunakannya sehingga kita akan lebih peka terhadap material original dan KW yang banyak beredar di negri ini.
  • Disela - sela kekosongan pekerjaan kita membaca manual book akan menambah wawasan kita terhadap unit yang kita rawat, dan kita menyeleseikan permasalahan tidak sekedar grasak grusu yang penting jadi, tetapi sesusi dengan standard manufacture yang diizinkan sehingga unit yang kita rawat akan lebih long life dan bekerja dengan handal.
Itulah beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil dari kisah dhevils mechanic memulai aktititas bekerja sebagai mechanic sebagai pilihan hidup, banyak sekali mechanic - mechanic karbitan yang dimana dia dijadikan mandor atau pemimpin dibagian mechanic tetapi tidak mengetahui atau mengenal apa yang mereka rawat karena tidak mempunyai Sense Of Mechine.

Bagaimana dengan pengalamanmu sebagai mechanic? tulis dikolom komentar kisahmoe ya.. supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi dan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Dan tungu kisah Perjalanan Sang DhVils Mechanic di Bagian selanjutnya..


Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...