Skip to main content

Perjalanan Sang Dhevils Mechanic - Crude Oil Pump (bag 2)

 


Hallo teman - teman ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang takjauh bercerita tentang dunia mechanic. dan kali ini ingin bercerita perjalanan Sang dhevils mechanic bagian 2 ya.. setelah kita telah berkisah tentang perjalanan dhevils mechanic pertama kali bekerja sebagai helper di NO Flare Gas (NFG) plant dari Pertamina E&P Karangampel.

Setelah enam bulan bekerja sebagai Helper di NFG, dhevils mechanic di tempatkan di SPU-A PT Pertamina E&P Karangampel, disana dhevils mechanic naik jabatan sebagai mechanic 3, lumayanlah untuk pendatang baru lulusan STM Mesin Gamaliel Madiun sudah dapat jabatan mechanic 3.

Unit equipment yang ada di area SPU-A ada bermacam - macam tidak monoton seperti di NFG yang hanya berisi gas compressor dengan unit - unit kecil pendukungnya, di SPu-an ini lebih beragam unitnya, ada pompa transfer dengan primeover gas engine dan diesel engine merk Caterpillar 398 dan 379 mengerakan pompa celub centrifuga multistage dengan merk ebara kapasitas 2500M3/H yang lumayan buesar sekali untuk ukuran dhevils mechanic yang baru masuk, Pompa injection dengan merk gardner denver model QAF quintoplex dengan primeover Cat G3408, POmpa fire pump dengan merk Ebara dan primeovernya engine diesel shinko, pompa waterdispossal ebara dengan primeover engine diesel Shinko. dan unit - unit pompa - pompa kecil harisburg dan gardener denver kecil - kecil.

Pekerja yang menangani area SPU-A ada 3 orang, 1 orang pemuka kemudian mechanic 1 dan dhevils mechanic sebagai mechanic 3. Sebenarnya jika melihat dari jobnya mechanic 3 hanya sebagai helper tetapi sdh radha kerenan sedikit boleh bantu pegang - pegang kunci. ngamplas - ngamplas yang kotor, bersihkan unit - unit dan lain - lain.  karena hanya 3 orang sementara pekerjaannya banyak maka dhevils mechanic mulai dipercaya megang kunci dan troubleshoot jika da problem dilapangan.

Perjalanan sebagai mechanic di SPU-A Pertamina E&P karangampel ini dilalui hari demi hari dengan banyak melakukan perawatan terhadap unit pompa Ebara karena memang produksi minyaknya masig besar sekali sehingga trouble sebentar minyak sudah top tank dan harus segera selesei malam itu juga, sementara pompa ebara ini peninggalan proyek jepang tahun 1973, pompa yang sudah cukup lama sekali.

Baca juga :




Pompa Ebara ini  bermodel vertical pump tertanam kedalam lobang pompa sedalam 5 meter dari [permukaan, dan diatasnya terdapat gearbox yang digerakan oleh enggine Caterpillar G398 sebanyak 2 unit dan Caterpillar D379 sebanyak 1 unit. berat dari pompa ini sebesar 4,5 ton dengan diameter inpeller 40cm sebanyak 5 imppeler di seri ( Multisatge)

Lanjut untuk pompa fire pump nya juga dengan merk Ebara tetapi dengan kapasitas yang lebih kecil yaitu 1500M3/H dengan pengerak enggine Shinko 6 Cylinder, untuk diketahui engine shnko ini adalah engine lama yang diproduksi oleh jepang untuk manual booknya masih mengunakan gambar manual dengan rapido, tulisan - tulisan manual booknya juga dengan tangan, dan disinilah dhevils mechanic tambah wawasan terkait perawatan unit - unit yang digunakan di Oil and Gas Industry.

Beralih ke unit kompressor utilities ada merk Iwata  terdapat 2 unit untuk kebuituhan air pressure instrument plant dan kebutuhan utilities lainnya, sementara untuk start engine - engine yang ada disana mengunakan kompresor dengan merk mikuni yang kapasitasnya lebih kecil  sebanyak 2 unit, dari ke empat kompressor tersebut dapat saling back up jika salah satu unit mengalami trouble.

Selain SPU-A ini juga kadng diperbantukan ke plant SPU-B dengan model peralatan yang typical sama, karena jika sudah trouble pompa ebara untuk transfeer crude oil dibutuhkan tenaga yang extra untuk membongkar dan memperbaikinya.

Kenangan terindah pada waktu kerja di sini adalah pada saat membantu crew SPU-B troubleshoot pompa trnasfer Ebara adalah 2 hari 2 malam kerja nonstop karena pompa rusak dan minyak sudah toptank yang membuta beberapa sumur di shut in sehingga pengerjaan pompa harus segera di selseikan. dan masih banyak kenangan lainnya terkait kehidupan sehari - hari bekerja di SPU-A ini karena usia masih muda masih butuh tantangan yang lebih dalam dunia mechanic oil and Gas Industry.

Itulah beberapa kenangan perjalanan dhevils mechanic yang nanti kita lanjutkan ke episode berikutnya dhevils mechanic di pindah ke lokasi yang lebih luas lagi yaitu ke wilayah Cemara disana banyak sekali unit dan equipmennya ...

Jika kalian pengen lebih mengenal Peralatan dan proses di Industri Oil and Gas dapat kunjungi pula di :

Channel Youtube Dhevils Mechanic

Atau 

Dhevils Mechanic Fan page

Karena disana juga banyak dhevils mechanic share terkait dunia mechanic Oil and gas Industry dan semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya, dan jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait dunia mechanic oil and gas dapat ditulis dikolom komentar yaa, supaya berbagi kisah perjalana ini lenih menarik lagi




Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...