Skip to main content

Kehidupan di Offshore Platform

 

Pekerja adalah tuntutan hidup, dengan bekerjalah kita akan mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Bidang pekerjaan yang kita lakukan pun beragam jenisnya. Idealnya bekerja itu adalah didarat (on-shore), sehingga setelah kita melaksanakan pekerjaan itu akan kembali ke kehidupan normal di keluarga masing-masing.

Baca juga :





Namun buat sebagian kecil orang terutama yang bekerja pada bidang oil dan gas baik itu pada saat kontruksi, installasi, pemeliharaan, inspeksi, ataupun produksi dikarenakan tuntutan pekerjaannya terpaksa harus bekerja dan tinggal di living quarter platform yang berada ditengah laut. Dalam tulisan ini saya menyebut para pekerja itu dengan pekerja offshore.
Tidak semua orang menyukai pekerjaan di offshore, terlebih buat mereka yang tidak biasa meninggalkan keluarganya berbulan bulan. Bukan hanya dari sisi kehidupan yang terpencil dari kehidupan normal pada umumnya, tapi juga dibutuhkan mental yang luar biasa. Ibaratnya kalau mereka sudah menginjakan kakinya di platform, yang ada dipikirannya adalah bekerja dan bekerja. Berusaha mengumpulkan uang sebanyak mungkin demi keluarganya dirumah.

Tidak mudah untuk seseorang bisa bekerja di offshore, terlebih bila harus stay di living quarter platform, bukan saja karena terbatasnya akomodasi yang ada disana, tetapi kompetensi dari skill mereka juga menjadi dasar yang utama.ada beberapa persyaratan yang wajib di penuhi sebelum mereka berangkat ke offshore.Hal ini terkait dengan factor keselamatan dalam perjalanan menuju ke lokasi tersebut, perjalanan menuju offshore biasanya menggunakan helicopter,atau crew boat. Semua itu tergantung dari jauh dan tidaknya lokasi yang hendak ditempuh. Namun biasanya perusahaan minyak yg besar selalu menggunakan helicopter sebagai sarana menuju lokasi kerjanya. Syarat mutlak yg harus dipunyai oleh para pekerja offshore sebelum menuju lokasi adalah harus mempunyai sertifikat kursus H.U.E.T ( Helicopter underwater escape training ) dan Sea Survival. Hal ini dimaksudkan apabila terjadi kecelakaan selama dalam perjalanan para pekerja offshore itu sudah tau bagaimana cara menyelamatkan diri masing masing. Kursus ini terbilang cukup mahal akan tetapi perusahan akan membiayai semua keperluan tersebut. Akan tetapi jika perusahaan tersebut tidak terlau besar dan jarak dengan daratan / pelabuhan masih dekat biasanya mengunakan Kapal Crew Boat dan halo ini hanya dibutuhkan certificate Sea Survival saja.
Living Quarter Platform adalah platform yang hanya diperuntukan untuk akomodasi para pekerja offshore, semua pekerja offshore dari level tertinggi sampai terendah berada di disini, kamar kamarnya pun sangat terbatas, biasanya 1 kamar terdiri dari 2 tempat tidur dan 1 kamar mandi. Kamar dengan kondisi ini biasanya untuk level staff keatas, tapi untuk para pekerja lapangan mereka menempati kamar yang terdiri dari 2 tempat tidur susun dan 1 kamar mandi, semua kamar selalu dilengkapi TV dengan antena parabolanya sehingga dapat menyaksikan siaran dari berbagai acara diseluruh dunia, juga dilengkapi dengan fasilitas wifi, serta fasilitas lain seperti handuk dan sabun pun juga tersedia.


Living quarter ini juga dilengkapi dengan fasilitas olah raga seperti fitness centre, bilyar, dan karaoke room. Restaurant yang selalu buka 24 jam dengan menu yang 4 sehat 5 sempurna. Dengan sajian menu yang berubah setiap harinya. Juga klinik yang selalu standby dengan dokter jaganya. serta mushola dan perpustakaan pun ada disana. Bisa dikatakan semua kebutuhan dasar para pekerja itu ada diplatform ini.
                                  

Jarak dari living quarter platform ini dengan platform lainnya seperti process platform atau wellhead platform hanya berbatasan dengan bridge, sehingga untuk mencapai lokasi kerja hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja,dan semua platform yang ada dilokasi itu terhubung dengan jembatan. 

Sementara jarak antara platform utama dengan remote - remote  sangat jauh dan mengunakan Speed Boat untuk menempuhnya.



Hal yang harus diperhatikan ketika mereka sampai ditempat ini adalah harus melapor ke Radio room, ditempat ini biasanya para pekerja offshore itu akan mendapatkan penjelasan tentang tata cara dan aturan selama tinggal di platform tersebut, penjelasan itu biasanya mengenai safety dan muster point apabila terjadi bahaya kebakaran dan gas beracun H2S. juga tanda tanda alarm. Setelah mendapatkan penjelasan itu lalu mereka akan diberikan kamar sesuai dengan ketersediaan kamar yang kosong saat itu,

Jam kerja di offshore biasanya 12 jam, pada umumnya dari jam 6 pagi hingga 6 petang, dan selalu ada 2 shift yaitu shift pagi dan shift malam. Didalam 12 jam waktu kerja itu ada waktu coffe break jam 9 pagi selama 15 menit, kemudian lunch break jam 12 siang sampai jam 1 siang,biasanya setelah makan mereka menyempatkan untuk tidur, lalu coffe break kembali jam 3 sore selama 15 menit. Ini berlaku untuk yang shift pagi, begitu pun untuk shift malam sama juga, hanya waktunya saja yang berbeda. Begitulah rutinitas mereka setiap harinya, tidak ada waktu libur selama di offshore, oleh karenanya mereka harus benar benar menjaga kondisi selama bekerja disana, dengan waktu kerja yg 12 jam itu membuat kondisi mereka sudah sangat lelah, sehingga setelah selesai bekerja dan mandi, mereka segera menuju restaurant untuk makan malam kemudian sejenak santai sambil merokok ( bagi perokok), lalu kembali ke kamar masing masing dan tidur. Kemudian bangun keesokan harinya dan kembali memulai aktivitas yang sama.



 Aturan yang diterapkan di offshore sangatlah ketat, semua harus mentaati aturan yg berlaku, baik itu selama bekerja, dan juga setelah selesai bekerja, masalah safety menjadi yang utama, karena kecerobohan sedikit saja akan membawa dampak yg luar biasa. Oleh karenanya peranan supervisor dalam mengawasi anak buahnya merupakan hal yang wajib dilaksanakan. Bahkan bisa saja pekerja itu langsung di pulangkan bila memang dianggap perbuatannya dapat membahayakan orang lain, perbuatan itu mencakup skill dan tingkah laku. Kedisplinan juga merupakan prioritas yang utama.
 
Pada saat Off duty dalam periode tertentu sering mengadakan wisata bersama untuk memupuk kekompakan dalam bekerja maupun dalam bermasyarakat. karena hidup kami setengah waktunya ada di laut bersama - sama dengan teman 1 shift maupun yang ketemu di minggu pertama dan teman - teman shift yang ketemu di minggu ke 2


Dari sisi penghasilan, gaji untuk para pekerja offshore bisa dikatakan besar. Umumnya mereka dibayar dengan US Dollar, dan dijamin dengan asuransi yg cukup apabila terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Oleh karenanya tidak heran banyak pekerja offshore yang sudah puluhan tahun bekerja dilingkungan itu, semua itu dilakukan hanya demi keluarganya dan mencari penghidupan yang lebih baik walaupun harus berlama lama ditengah lautan dan resiko lain yang selalu mengancam.

Dengan sepenuh hati kami bekerja untuk kedaulatan Energi di Negri Sendiri
Demikian mudah mudahan bermanfaat.

Comments

Unknown said…
job vacancy information
Dwie said…
di group facebook selalu update omkoeh
Anonymous said…
Mantull mas Dwie......by Armen WOWS
Babit said…
The post is written in very a good manner and it entails much useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept. Screw Air Compressor
Tommy said…
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical

Dwie said…
ove supporting omkoeh Babit, on this blog pouring hearts and ways of dhevils mechanics in sharing work experience so far ..

Dwie said…
Terima Kasih Supportnya Om Armen WO/WS... dwie coba sharring pengalaman ini semoga dapat memberi gambaran kepada teman - teman umum supaya lebih mengenal dunia Offshore dan Oil and Gas..
Dwie said…
siap om Tommy.. adakah chemical khusus jika kita ingin menurunkan kada CO2 yang terlarut dalam natural gas? tapi untuk sekala kecil (dibawah 1MMSCFD mmisalnya)

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter.

Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya.
Baca juga :

Kehidupan di Offshore Platform 
Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor

Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio
Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine

Disini kita akn bandingkan kunci…

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini.
Baca Juga:

Merubah Diese…

Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor

Air dryer adalah suatu alat yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan air pada compressed air (udara terkompresi). Sistem ini biasanya menjadi satu kesatuan proses dengan kompresor. Udara terkompresi hasil dari kompresor sebagian akan masuk ke tangki penyimpan dan sebagian lagi dikeringkan menggunakan air dryer.

Penggunaan udara kering ini banyak diperlukan di lapangan offshore. Udara kering, atau biasa disebut dengan instrument air, digunakan sebagai sumber penggerak aktuator dari control valve, power dari pompa chemical,  untuk satrting turbine dan damper (aktuator pneumatic). Selain itu dalam dunia industri telekomunikasi, udara kering bertekanan digunakan untuk menyelimuti kabel-kabel bawah tanah untuk menghindari short circuit akibat terbentuknya embun. 
Udara terkompresi yang dikeringkan, akan mengalami proses penurunan dew point. Dew point adalah nilai temperatur yang dibutuhkan untuk mendinginkan sejumlah udara, pada tekanan konstan, sehingga uap air yang terkandung…

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test :
Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll).
Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun.

Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N2).
Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box.

Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotest, hal ini …

Pengertian Kompresor dan Jenis - Jenis kompresor

Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Kompresor biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya. Udara bertekanan hasil dari kompresor biasanya diaplikasikan atau digunakan pada pengecatan dengan teknik spray/ air brush, untuk mengisi angin ban, pembersihan, pneumatik, gerinda udara (air gerinder) dan lain sebagainya.


Prinsip kerja kompresor dapat dilihat mirip dengan paru-paru manusia. Misalnya ketika seorang mengambil napas dalam – dalam untuk meniup api lilin, maka ia akan meningkatkan tekanan udara di dalam paru-paru, sehingga menghasilkan udara bertekanan yang kemudian digunakan atau dihembuskan untuk meniup api lilin tersebut.



Jenis – jenis kompresor
Secara umum kompresor dibedakan menjadi dua jenis yaitu kompresor dinamis dan kompresor perpindahan positif.

1.Kompresor perpindahan positif
Kompresor perpindahan positif dibedakan menjadi…

Separator dan Peralatan Instrumentasi pendukungnya

Fluida produksi yang akan dijual harus memenuhi spesifikasi produk, sehingga fluida mengalami beberapa proses.Pada tahap proses produksi,fluida masih berupa campuran antaragas, condensate, water dan solid. Mengingat pentingnya pemisahan agar dapat memenuhi spesifikasi produk maka fluida harus dipisahakan masing-masing fasa (gas, condensate, dan water). Pemisahan awal ini dilakukan karena untuk proses pemisahan masing-masing fasa untuk proses selanjutnya berbeda.
High pressureSeparatoradalah bejana horizontal yang memiliki pressure dan temperature tinggi,berfungsi sebagai pemisah awal berdasarkan fasa (gas, condensate, dan water) sehingga untuk proses selanjutnya lebih fleksibel. Fluida yang dihasilkan dari sumur produksi masih terdiri dari campuragas,condensate,water dan solid.Fluida dapat mencapai permukaan karena tekanan permukaan lebih rendah dibandingkan dengan tekanan reservoir. Kemampuan cairan untuk melarutkan gas akan menurun sehingga gas akan terpisah dari cairan. Agar terjadi…

Governor Jenis Dan Cara Kerjanya Dalam Dunia Permesinan

Mesin genset harus mempertahankan kecepatan putarannya dengan konstan agar frekuensi listrik yang dihasilkan oleh generatornya juga stabil. Kecepatan putaran mesin ini dikendalikan dengan cara mengontrol jumlah bahan bakar yang disalurkan ke ruang bakar mesin. Bila putaran mesin terlalu rendah, maka jumlah BBM yang disalurkan harus ditambah, dan sebaliknya, jika terlalu tinggi, jumlah BBM harus dikurangi. Untuk mesin kendaraan, fungsi pengendalian jumlah bahan bakar ini dikerjakan oleh Sang Pengemudi dengan menekan atau mengangkat pedal gas sesuai kebutuhan. Namun pada mesin genset, fungsi ini tidak mungkin diserahkan kepada manusia. Karena itu digunakanlah Governor untuk mengontrol secara otomatis penyaluran BBM sesuai dengan beban mesin. Secara spesifik, fungsi Governor pada mesin genset adalah: Memudahkan mesin hidup saat start dengan memperbanyak penyuplaian penginjeksian bahan bakar.Mempertahankan kecepatan putaran mesin, mencegah overspeed.Membatasi kecepatan putaran mesin pada …

Macam - Macam Bearing dan Kegunaannya di Permesinan

Sebagai Seorang Mechanic, Tentunya kita sudah Mengetahui Apa Yang Dimaksud dengan Bearing (Bantalan). Tetapi, Tidak menutup kemungkinan Masih ada juga Teman-Teman Teknik yang belum mengetahuinya dan sekaligus saya juga ingin memberi tahukan tentang Bearing (Bantalan) ini Kepada Siapa saja yang ingin Mengetahuinya.

Bearing adalah alat yang memungkinkan terjadinya pergerakan relatif antara dua bagian dari alat atau mesin, biasanya gerakan angular atau linear. Dengan adanya Bearing, gesekan antara dua bagian tersebut menjadi sangat minim dibandingkan tanpa bearing.

Dan Berikut adalah macam - macam jenis Bearing :
Ball Bearing Ball bearing merupakan bearing yang paling umum dan tak hanya digunakan untuk automotive equipment. Biasanya komponen ini digunakan pada mesin dan alat-alat rumah tangga.
Ball-Bearing Roller Bearing Bearing ini punya kinerja sederhana tapi gerak putarnya efektif. Sehingga menjadi bearing yang paling banyak dipakai karena bisa mewakili baik beban putar (radial load) …

Seputar RIG HWU (Hydrolic Workover Unit ) atau Snubbing Unit

Snubbing unit itu adalah unit Rig unit berskala kecil yg biasa digunakan dalam workover unit (perbaikan sumu) atau kadang2 juga digunakan dalam drilling operation berskala kecil. prinsipnya bekerja atas prinsip hydraulic. dimana 4 silinder hydraulic berfungsi menaikkan dan menurunkan slip (alat untuk memegang dan melepaskan tubing/drill pipe) dinamik. ada 2 macam slip dalam snubbing unit, yaitu slip statik dibagian bawah dan slip dinamik dibagian atas.



Pada saat akan menurunkan tubing/drill pipe, awalnya slip dinamik lah yg memegang tubing/DP sementara slip statik dlm posisi free. Kemudian slip dinamik tsb diturunkan sambil membawa tubing/DP yg dipegangnya ke bawah sampai mentok di atas slip statik. Lalu gantian slip statik yg memegang tubing/DP sementara slip dinamik free dan dinaikkan ke atas untuk memegang tubing/DP berikutnya. slip statik free dan slip dinamik diturunkan lagi ke bawah . dan begitu seterusnya hingga tbg/DP sampai di kedalam yg kita tuju. Keunggulan sn…

TroubleShoot Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

Hallo teman - teman, jumpa lagi dengan Dhevils mechanic.  pernahkah kalian mengalami unit negin yang tadinya normal selang operasi beberapa lama push rod bengkok? dan itu pernah terjadi di unit yang dhevils mechanic rawat.

Kejadian push rod bengkok ini terjadi pada unit Caterpillar model Cat D3406 yang beoperasi sebagai prime over pompa Sykes. unit engine pump ini berfungsi sebagai pompa air baku di WPS Kertasmaya PT Pertamina EP Field Jatibarang. Air baku di pompakan ke WTP Mundu dengan carak kurang lebih 32km. unit engine pump cat D3406 ini ada 2 unit dan beroperasi bergantian 24 jam non stop.
 Berawal dari laporan operator WPS, dimana unit tidak ada tenaga dan lama - lama unit engine mati, dan di start kembali susah hidup dan terasa berat pada saat start up.nya. dan team mechanic segera meluncur dari workshop BRU Mundu ke site.
Sesampai di sana team mechanic memastikan kondisi yang sebenarnya. dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukannya.

baca juga :
Troubleshoot Engine Cat…