adalah akronim dari “Generator set”, yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Dan keberadaan genset ini sangat penting dalam suatu proses produksi, hingga karena pentingnya suplay tenaga listrik di suatu plant jangan sampai black out dipasanglah unit genset emergency.Baca juga :
Dan tugas seorang mekanik adalah menjaga unit genset emergency tadi selalu ready to use, jangan sampai jika di perlukan unit tersebut malah membuat masalah baru. energy yang digunakan pada saat black out adalah bagaimana troubleshoot untuk meneyelseikan masalah utama malah terbagi untuk menghidupkan kembali unit genset emergency ini.
Kejadian ini pada unit engine genset MTU 1275 KVA. engine ini digunakan sebagai genset emergency di suatu plant milik PT Pertamina EP yang di OM-kan ke pihak ketiga. tetapi permaslahan yang hampir sama jika plant sedang dilakukan TA selalu genset emergency ini tidak dapat dihandalkan performanya.
Kasus yang sering timbul adalah unit sering mengalami high temperature dan shutdown, dan yang anehnya setiap 3 hari running nonstop belt fan cooler selalu putus, dan oleh tehnisi diganti beltnya dan hari ke 3 putus lagi, hingga stock belt ini melimpah dan bukan suatu penyeleseiannya.- - Jika kami sebagai tehnisi menemukan permasalahan pada engine pertama kali kemungkinan kamu belum tahu dan itu wajar dan kamu harus mencari tahu root cause dan penyeleseinnya..
- -Jika kamu sebagai tehnisi menemukan permasalahan yang sama untuk ke dua kalinya, kemungkinan kamu teledor dan kamu harus lebih mencari tahu penyebabnya dan kemungkinan - kemungkinan yang lain.
- - Jika kamu sebagai tehnisi menemukan permasalahan yang sama untuk ke tiga kalinya berarti kamu tidak pantas menjadi seorang tehnisi yang handal karena kamu tak bisa menyeleseikannya.
Dan Hal diatas kadang membuat kita sebagai mekanik selalu semanggat dalam menyeleseikannya dan yang kadang yang membuat seorang tehnisi tidak berkutik adalah jika sudah dibenturkan dengan management yang terkait anggaran untuk menyeleseikannya atau berbenturan dengan pihak lain yang lambat untuk bersama - sama menyeleseikannya. lhoo kok jadi curhat sich.. Ok kembali ke laptop tadi yaa..
Solusi untuk kejadian diatas harus merubah bentuk pulley dan juga bentuk beltnya dari hal - hal yang kemungkinan terjadi. dari ukuran diameter fan dan rpm fan cooler radiator yang diputar sesui hitungan dhevils mengnatinya dengan belt type C dengan 6 layer. nah keseruannya dan proses pengantiannya seperti apa ? ikuti terus tulisan dhevils mechanic yaa.. di part ke 2.Demikian cerita pengalaman dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan yang sering terjadi dilapangan. ditunggu komentar dan diskusinya supaya sharring knowledge ini lebih seru lagi, dan ilmu dan pengalaman yang kalian sampaikan dapat menjadi amal jariyah kita untuk mereka yang membutuhkannya.