Skip to main content

Cara Perbaikan Belt Fan Cooler Genset MTU 1275 KVA Cepat Putus (part 1)

 adalah akronim dari “Generator set”, yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Dan keberadaan genset ini sangat penting dalam suatu proses produksi, hingga karena pentingnya suplay tenaga listrik di suatu plant jangan sampai black out dipasanglah unit genset emergency.
Genset Emergency ini keberadaanya hanya sebagai backup jika generator utama mati, dan seandainya genset utama tidak pernah mati, maka genset emergency tidak pernah dioperasikan, tetapi jika sewaktu - waktu genset utama mati unit genset emergency ini harus selalu siap sedia r untuk operasi dengan hitungan detik. Sehingga kebutuhan tenaga listrik terus selalu terjaga. dan biasanya genset emergency ini menanggung beban - beban yang ecensial atau beban yang sangat penting misalkan saja untuk control panel / dcs, pompa - pompa utama, air compressor utama dll yang nantinya kan berguna untuk menghidupkan kembali genset utama atau menjaga agar operasional plant after black out tidak ada masalah.

Baca juga :





Dan tugas seorang mekanik adalah menjaga unit genset emergency tadi selalu ready to use, jangan sampai jika di perlukan unit tersebut malah membuat masalah baru. energy yang digunakan pada saat black out adalah bagaimana troubleshoot untuk meneyelseikan masalah utama malah terbagi untuk menghidupkan kembali unit genset emergency ini.
Dari hal tersbut diatas yang  melatarbelakangi tulisan dhevils mechanic ini, tentang bagaimana cara dhevils mechanic menyelesaikan permasalahan tersebut yang sudah bertahun - tahun berjalan dan belum ada penyelesainnya. hingga keluar dana banyak untuk menyelesikan kebutuhan tenaga listrik untuk mensuplay plant tersebut.
Kejadian ini pada unit engine genset MTU 1275 KVA. engine ini digunakan sebagai genset emergency di suatu plant milik PT Pertamina EP yang di OM-kan ke pihak ketiga. tetapi permaslahan yang hampir sama jika plant sedang dilakukan TA selalu genset emergency ini tidak dapat dihandalkan performanya.
Kasus yang sering timbul adalah unit sering mengalami high temperature dan shutdown, dan yang anehnya setiap 3 hari running nonstop belt fan cooler selalu putus, dan oleh tehnisi diganti beltnya dan hari ke 3 putus lagi, hingga stock belt ini melimpah dan bukan suatu penyeleseiannya.
Dalam ilmu mechanic yang pernah diajarkan oleh mandor dhevils mechanic  yang dhevils mechanic anggap sebagai guru dalam bidang mechanical dan dunia mekanikan adalah : 
  • - Jika kami sebagai tehnisi menemukan permasalahan pada engine pertama kali kemungkinan kamu belum tahu dan itu wajar dan kamu harus mencari tahu root cause dan penyeleseinnya..
  • -Jika kamu sebagai tehnisi menemukan permasalahan yang sama untuk ke dua kalinya, kemungkinan kamu teledor dan kamu harus lebih mencari tahu penyebabnya dan kemungkinan - kemungkinan yang lain.
  • - Jika kamu sebagai tehnisi menemukan permasalahan yang sama untuk ke tiga kalinya berarti kamu tidak pantas menjadi seorang tehnisi yang handal karena kamu tak bisa menyeleseikannya.  
Dan Hal diatas kadang membuat kita sebagai mekanik selalu semanggat  dalam  menyeleseikannya dan yang kadang yang membuat seorang tehnisi tidak berkutik adalah jika sudah dibenturkan dengan management yang terkait anggaran untuk menyeleseikannya atau berbenturan dengan pihak lain yang lambat untuk bersama - sama menyeleseikannya. lhoo kok jadi curhat sich..  Ok kembali ke laptop tadi yaa..
Setelah dhevils mechanic pelajari terkait Engine  genset MTU ini mengunakan belt yang model lebar dengan pulley yang alurnya kecil - kecil dan lancip sehingga jika tidak lurus sedikit antara pulley engine - pulley fan cooler dan pulley extension maka parit belt akan gegilas oleh pulley  yang lancip tadi.
Solusi untuk kejadian diatas harus merubah bentuk pulley dan juga bentuk beltnya dari hal - hal yang kemungkinan terjadi. dari ukuran diameter fan  dan rpm fan cooler radiator yang diputar sesui hitungan dhevils mengnatinya dengan belt type C dengan 6 layer. nah keseruannya  dan proses pengantiannya seperti apa ? ikuti terus tulisan dhevils mechanic yaa.. di part ke 2.

Demikian cerita pengalaman dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan yang sering terjadi dilapangan. ditunggu komentar dan diskusinya supaya sharring knowledge ini lebih seru lagi, dan ilmu  dan pengalaman yang kalian sampaikan dapat menjadi amal jariyah kita untuk mereka yang membutuhkannya.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...