Skip to main content

Profile Penulis



Tentang:

Dhevilsmechanic.blogspot.com adalah Situs Blogging yang dikelola oleh Dwie Hardi Sang Dhevils Mechanic  berisikan tentang Sharring Knowledge dan Pengalaman waktu bekerja sebagai Mechanic di salah satu  perusahaan Oil and Gas Industry Indonesia, dan solusi troubleshoot di lapangan, serta berbagai kumpulan artikel menarik  tentang pekerjaan mechanic Oil and Gas, Inovasi - Inovasi yang pernah dilakukan oleh Dhevils Mechanic dalam memudahkan sebuah pekerjaan seorang mechanic.

Dhevilsmechanic.blogspot.com menjadi salah satu media informasi, solusi, inspirasi bagi pembaca dalam menyeleseikan permasalahan yang sering dialami oleh seorang mechanic ataupun tecnition dilapangan. Selalu semangat dalam membahas  tentang dunia mechanic.

Motto : "Kami Bangga Dan Bahagiyah Dapat Berbagi Pengalaman Kerja Kami".

Profil                       : Dhevils Mechanic

Penulis/Admin        : Dwie&dhevils mechanic

Email                      : Dhevils@gmail.com

Facebook                : dwi hardi / dhevils mechanic

Halaman FB           : https://www.facebook.com/DwieSangMechanic
                                  https://www.facebook.com/Bucorenet
Twitter                    : @dwiAnanto17

Youtube Channel    : Dwi Hardi Sang Dhevils Mechanic
                                  https://www.youtube.com/channel/UC647prLFUlsV20pC8crwxLw

Semoga dapat memberikan solusi bagi teman - teman semua dalam menyeleseikan masalah -masalah dilapangan dan bermanfaat bagi yang membutuhkan tulisan atau pembahasan - pembahasan tentang dunia mechanic dan permasalahan  di Oil and Gas Industry.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...