Skip to main content

Perbaikan Air Compressor Ingersoll rand H40 ada Kelainan Suara

Air Compressor

Di Offshore unit air comnpressor sangatlah vital, karena sebagian besar unit - unit yang bergerak di offsore mengunakan pressure dari udara, semisalnya : alat - alat instrumentasi dari Sumuran, alat - alat bor, gerinda dll kebanyakan mengnunakan peneumatic. hingga starting dari unit crane aza menngunakan angin untuk mengerakan pompa charging (merk huskel)

 

Sebenarnya perawatan untuk air compressor sangatlah mudah yang penting tehnisi rajin mengecheck kondisi, minyak pelumas, kondisi filter, dan sering drain air condensasi dari hasil kompresi,

Speck Air compressor yang kmi rawat adalah :
Air Compressor
Merk            : Ingersollrand
Model          : H40
Type             : 40 Compressor
Size              : 7x7&5x5
Rpm             : 670
Disch press  : 235Psi

Elmot
Merk            : reliant
HP               : 40 HP
Volt              :460 Volt
RPM            : 17770
Amp             : 50

Air Cooler
Merk            :  Baldor
 Hp               : 1 1/2 Hp
 Rpm            : 1140

Laporan Kerusakan disampaikan oleh operator Produksi ada kelainan suara pada air compressor 3A dan air compressor di matikan dan swicthing ke Air Compressor 3B


Setelah mechanic check  dengan cara di Running kembali dengan salah satunya memperhatikan kondisi di unit air compressor. dan teryata  suara berasal dari dalam Gearbox  air compressor. dan unit air compressor dioff-kan kembali

Sebelum kita mulai membongkar peralatan mekanikal, sebaiknya siapkan paper worknya, Potensi - potensi yang berbahaya dan cara penanganannya, dan didiskusikan anatara teknisi, pengawas, dan HSESE, lalu amankan Power suplaynya, tutup valve dischargernya, dan kosongan bejana yang masih bertekanan. supaya pekerjaan kita menjadi aman. istilah yang ngetrend dengan cara di LOTO (Lock Off Take Off). dan pekerjaan baru bisa dimulai.
 


Setelah itu Air compressor kita angkat dan pindahkan ke tempat yang lebih aman. untuk pekerjaan pembongkaran.


Gear Box di buka dan ditemukan Drive Oil pump Gear hancur, dan kita laporkan ke atasan untuk meminta spare part penganti.


Kemudian kita rakit kembali dan dipasangkan kembali ke dudukan skid air compressornya, pasang kembali kontrol panel dan electricalnya dan setting kembali lead dan lag. untuk automasasi Pressure berapa air compressor running dan pressure berapa air compressor mati

 

  Setelah pekerjaan selesei tulis report perbaikannya di data komputer dan dibuku laporan harian jangan lupa serah terima ke Crew yang Onduty berikutnya.

Demikianlah cerita Perbaikan Air Compressor Ingersoll rand H40 ada Kelainan Suara semoga dapat membantu.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...