Skip to main content

Anjungan lepas pantai


Anjungan lepas pantai adalah struktur atau bangunan yang dibangun di lepas pantai untuk mendukung proses eksplorasi atau eksploitasi bahan tambang. Biasanya anjungan lepas pantai memiliki sebuah rig pengeboran yang berfungsi untuk menganalisa sifat geologis reservoir maupun untuk membuat lubang yang memungkinkan pengambilan cadangan minyak bumi atau gas alam dari reservoir tersebut.

Kebanyakan anjungan tersebut terletak di lepas pantai dari landas kontinen, meskipun dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya harga minyak mentah, pengeboran dan produksi di perairan yang lebih dalam telah menjadi lebih baik, layak dan ekonomis. Sebuah anjungan yang khas mungkin memiliki sekitar tiga puluh mata bor, pengeboran yang terarah memungkinkan sumur bor dapat diakses pada dua kedalaman yang berbeda dan juga pada posisi terpencil sampai 5 mil (8 kilometer) dari platform. Sumur bawah laut yang jauh juga dapat dihubungkan ke anjungan dengan garis aliran dan koneksi pusar. Solusi bawah laut dapat terdiri dari sumur tunggal ataupun dengan pusat manifold (pipa dengan mulut lubang yg banyak) untuk digunakan pada beberapa pengeboran.

Sejarah

 

Sekitar tahun 1891 anjungan pengeboran minyak pertama kali dibangun di atas perairan air tawar pada danau besar St Marys di negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Kemudian sekitar tahun 1896, sumur minyak pertama di perairan air asin dibangun sebagai bagian dari perpanjangan ladang minyak Summerland yang melintasi bagian bawah kanal Santa Barbara di Kalifornia, Amerika. Sumur dibor dari dermaga yang membentang dari Summerland ke kanal tersebut.
Catatan penting lainnya seputar anjungan minyak adalah pengeboran minyak di danau Erie, Kanada pada awal tahun 1900-an dan pengeboran di danau Caddo, Lousiana, Amerika pada tahun 1910. Tak lama kemudian, dibangun pula anjungan minyak di zona pasang surut di sepanjang pantai teluk Texas dan Louisiana. Ladang minyak Goose Creek dekat Baytown, Texas adalah salah satunya dari contoh tersebut. Pada tahun 1920-an pengeboran dilakukan dari anjungan beton di danau Maracaibo, Venezuela.

Struktur anjungan

Pandangan dari Pelabuhan Las Palmas dari dermaga La Esfinge
Banyak sekali jenis/tipe dari bangunan lepas pantai. Penentuan dari tipe yang digunakan tidaklah baku/serupa untuk semua lokasi. Hal tersebut ditentukan oleh banyak faktor baik dari kedalaman perairan, gelombang, arus, angin, pasang surut, lama waktu operasi, dan juga keekonomisan dari struktur yang digunakan.
Berikut ini beberapa tipe dari bangunan lepas pantai yang umum digunakan di beberapa belahan dunia.
  • Rangka baja permanen (Jacket Platform), struktur yang berfungsi untuk mensupport deck/ lantai kerja yang terbuat dari baja yang dipancang di dasar laut. Struktur ini didesain untuk digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.
  • Concrete gravity base, memiliki fondasi struktur yang terbuat dari beton yang duduk di permukaan laut. Fasilitas produksi terletak diatasnya ditopang oleh kolom-kolom yang menyambung dengan fondasi. Struktur tipe ini sangat cocok pada lokasi yang memiliki kedalamanan tanah keras yang tidak telalu jauh dari dasar laut.
  • Tension leg platform, fasilitas produksi terletak pada struktur yang terapung di permukaan laut, dengan struktur yang terikat melalui kabel baja pada pile yang dipanjang dibawahnya. Struktur ini biasanya digunakan pada perairan yang dalam.
  • Caisson/Monopod, merupakan struktur yang sangat minimalis biasanya digunakan pada perairan dangkal. Struktur ini berupa batang tubular yang dipancang di dasar laut. Fasilitas produksi yang terdapat pada struktur ini pun minimalis tidak sekompleks fasilitas pada tipe struktur yang lain.
  • Semi-submersible vessel
  • Sistem produksi terapung
  • Self elevating jack-up
  • Single point mooring
SPM adalah kependekan dari single point mooring.

 


 Diambil dari berbagai sumber


Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...