Skip to main content

Pompa National K280 Yang Tua Masih Berjaya

  
 National K280 adalah pompa legendaris yang di produksi oleh national oil well, dan masuk ke keluarga Gasso pump, wetley gasso. pompa ini mempunyai speck sperti dibawah ini:
Rpm Max : 350 Rpm
Piston       : 6 1/4"
kerja piston : Double Action
Stroke     : 18"
jumplah piston : duplek
 
pompa ini sangat handal di dunia oil and gas dengan perawatan yang sangat  mudah dan sederhana. Sehingga memudahkan kerja kami sebagai seorang mekanik.
 
 Untuk pengeblok kebocoran piston rod mengunakan gland packing ukuran 3/4" yang di lingkarkan di sisi piston rod dan di press mengunakan gland


Pompa ini mengunakan  prime over atau pengerak pompa  diesel engine dengan merk Cat D353 type engine yang seumuran dengan pompa National K280, engine ini sangat handal dan hasil perbaikan dari kami, karena blok engine ini pernah jebol, kami mengkanibalnya dengan blok engine G353 yamh sudah rusak dan tidak terpaki di workshop kami.


Pekerjaan perawatan rutin yang kami lakukan adalah mengencangkan gland packing jika kendor dan ada rembesan, menganti rubber piston jika rate pompa sudah rendah , check dan ganti suction valve dan discharger valve jika pompa tidak dapat menghisap.


Tidak lupa setelah perbaikan , kita house keeping area pompa dan engine, kita lap hingga berkurang cecran minyak dan oli engine

Kemudian kita lanjutkanpembersihan pompa dan pengecatan agar pompa terlihat bersih, sehingga aman dan nyaman dalam pengoperasiannya
 
Demikianlah pekerjaan kami sebagai mekanik maentenance , semoga dapat memberi gambaran bagaimana pompa di dunia oil and gas,

Profile penulis bergabung dengan Pertamina semenjak 1994 sebagai mekanik maentenance, ditunggu komentar dan diskusi untuk menambah wawasan kita terkait dunia mekanik.

#Dhevils Mechanic









Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...