Skip to main content

Screw Compressor Permasalah dan Cara Mengatasinya

 
Air kompresor adalah alat peningkat tekanan udara, dalam perawatan air kompresor sering kita menemui masalah - masalah yang terjadi  diantaranya sebagai berikut :
  1. Terjadinya Overload Dan Overheating 

Seperti yang diketahui bahwa kompresor udara merupakan sebuah mesin yang dapat bekerja dengan menggunakan energi dari sumber lain. Energi tersebut bisa berupa motor penggerak dengan menggunakan bahan bakar, ataupun yang menggunakan motor listrik. Dan yang sering menjadi masalah adalah daya yang dibutuhkan kompresor kurang dari ketetapan normalnya.
Bila sudah seperti ini, biasanya kinerja dari motor penggerak sendiri akan bekerja lebih berat dan akan mendapatkan beban yang lebih besar. Kejadian ini disebut juga dengan overload yang memaksa mesin untuk bekerja lebih ekstra dari batas kemampuannya. Jika sudah terjadi overload, biasanya juga akan berdampak pada motor listrik yang semakin panas dan bahkan dapat mengalami kebakaran di bagian lilitan magnetnya, dan inilah yang disebut dengan overheat. Jika kedua kejadian ini sering terjadi, maka dapat cepat merusak mesin dan membuat mesin menjadi tidak tahan lama.
Solusinya, dalam setiap instalasi kompresor, haruslah dipikrkan dan dipertimbangkan tiap faktor koreksi daya yang ada. Jadi dengan kata lain, kemampuan mesin dapat menyesuaikan dengan daya yang ada sehingga tidak memaksa mesin bekerja diluar batas kemampuannya.
  1. Terjadinya Pemanasan Berlebih Pada Udara Hisap 
Dalam sebuah rumus dasar dari kompresor udara, apabila udara hisap memiliki temperature yang lebih tinggi, maka dapat berdampak juga terhadap temperature udara tekan. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada mesin kompresor udara, karena dapat menghambat terjadinya proses pemampatan angin / udara.
Tak hanya itu efek negatif lainnya yang akan terjadi pada mesin kompresor adalah kerusakan yang terjadi pada tiap katup, proses kompresi yang berhenti total, piston yang macet, hingga timbulnya karbit yang menempel pada tiap katup peralatan lainnya. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan memasang beberapa alat pendingin di bagian mesin kompresor udara, khususnya pada tangki yang menampung udara.
  1. Terbukanya Katup Pengaman Kompresor 

Jika Anda belum tahu, sistem pengaturan kapasitas yang sangat penting dalam sebuah mesin kompresor adalah katup pengaman. Komponen ini berfungsi untuk membatasi tekanan agar tetap dalam keadaan normal. Namun sayangnya, katup pengaman ini juga sering mengalami masalah seperti tersumbat ataupun terlalu disetel dalam posisi tekanan yang tinggi.
Jika katup pengaman sudah mengalami kerusakan atau terbuka, maka sistem kontrol tekanan menjadi kacau balau bahkan bisa melebihi batas normal dan tak terkontrol. Kondisi ini sangat membahayakan bagi operator ataupun wilayah sekitar mesin kompresor berada.
Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan secara teliti memperhatikan dan melakukan penyetelan yang presisi dan memenuhi standar operasional mesin kompresor. Para operator juga harus melakukan pengecekan kebersihan dari tiap katup tersebut agar tidak ada kotoran-kotoran yang menyumbat.
  1. Timbulnya Korosi (karat) 
 
Udara tentunya akan mengandung senyawa air. Dan jika udara yang masuk kedalam kompresor dan tercampur dengan berbagai senyawa asam dan basa lainnya, maka akan berubah menjadi sangat korosif. Jika mesin sedang tidak beroperasi, maka udara tekan yang ada di dalam tabung akan mengalami pendinginan dan uap air justru akan mengembun dan menempel di beberapa komponen mesin, sementara lainnya bercampur dengan pelumas.

Proses pengembunan inilah yang dapat mengakibatkan korosi ataupun karatan pada berbagai bahan logam yang ada pada mesin. Tak hanya udara, minyak pelumas juga bisa memicu timbulnya korosi . Solusinya, adalah dengan memilih komponen komponen mesin berbahan logam yang pas dan tahan terhadap korosi. Atau bisa dengan cara kedua yaitu dengan memasangkan sistem katup cegah air otomatis pada bagian luar kompresor, untuk mengurangi porsi air yang terlarut pada udara tekan.
 
 Semoga dapat membantu, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...