Skip to main content

Fungsi MAP Sensor dalam Gas Engine Generator

Hallo teman - teman, kali ini dhevils mechanic akan membahas tentang MAP, apa itu MAP dan bagaimana itu MAP dan apa kegunaan MAP dalam dunia engine, mari kita ikuti coretan dari dhevils mechanic. MAP merupakan kependekan dari Manifold air pressure yang artinya sensor untuk mengukur tekanan udara didalam intake manifold. Tekanan didalam intake ini biasa disebut dengan kevakuman intake manifold yang dipakai dalam hal pengapian dan penambahan bahan bakar.
Sensor kevacuman ini berada di manifold inlet dan biasanya terletak setelah air filter, dan kevacuman ini berhubungan dengan beban engine dan kerapatan air filter karena kotor.
  
Pada mesin konvensional, kevakuman intake manifold menjadi indikator yang menunjukan kinerja mesin terhadap beban yang dikenainya. Saat mesin menerima beban berat, maka kevakuman cenderung rendah dan saat mesin tidak menerima beban maka putaran mesin cenderung ringan akibatnya kevakuman pada intake membesar.
  • Vacum chamber, sebuah ruangan yang memiliki membran untuk bisa menggerakam silicon chip.
  • Silicon chip, sebuah chip khusus yang memiliki nilai tahanan variatif terhadap tekanan.
  • IC, merupakan perangkat elektronika yang mengubah nilai tahan dari silicon chip menjadi sinyal PIM.
  • Vcc, merupakan kabel yang menghubungkan reverence voltage dari ECU.
  • PIM signal, merupakan kependekan dari Pressure intake manifold yang keluar dari IC MAP menuju ECU.
  • Kabel E, yakni kabel yang menghubungkan rangkaian sensor MAP menuju masa ECU.
Cara kerjanya, dimulai ketika kunci kontak ON. Maka arus listrik referensi sebesar 5 V akan dikirimkan dari ECU menuju sensor. Saat mesin distarter, otomatis kevakuman didalam intake berubah dan ini akan mengubah nilai tahanan dari silicon chip.

 Sensor manifold absolute pressure memiliki beberapa bagian seperti ;
Arus referensi yang besarnya 5 volt kemudian dihubungkan ke silicon chip melalui IC dan hasilnya, berupa signal PIM (pressure intake manifold) yang dikirimkan kembali ke ECU sebagai sinyal yang menunjukan kevakukan intake secara real time.
 
Kerusakan teknis yang sering timbul adalah pada area silicon chip. Dimana tekanan udara yang diterina itu naik turun, pada mesin bensin berkapasitaa besar kevakumannya mungkin semakin besar. Oleh sebab itu ini juga sering mengalami kerusakan kalau tidak dirawat dengan baik.
  
Salah satu penyebab rusaknya silicon chip adalah karena ada partikel lain yang ikut dalam aliran udara seperti debu bahkan air. Oleh karena itu bersihkan filter udara mesin secara rutin.
 Data ke vacuman pada intake manifold akan dikirim ke ECU dan dilanjutkan ke PLC dan di tampilakn pada HMI,
 Disisi lain PLC akan memerintahkan Gas Ram memberi pasokan fuel gas semakin banyak  lagi sehingga bahan bakar akan bercampur di manifold inlet
 Demikianlah fungsi dari MAP Sensor semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya tentang gas engine

#Dhevilsmechanic

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...