Skip to main content

Cara Pembuatan Cargo Basket Untuk Offshore Platform


Proses pengangkatan di Offshore platform sangat penting sekali, karena setiap penganggkatan di offshore membutuhkan crane, terutama pengangkatan dari kapal ke anjungan atau dari anjungan ke kapal. Dan hal ini membutuhkan sebuah alat atau wadah material dalam pengangkatannya. dan disini yang sering kita gunakan untuk mengangkat barang - barang kecil biasanya mengunakan cargo basket

Cargo basket bermacam - macam  ukuran dan bentuk tergantung dari jenis dan berat yang kan diangkatnya. hidup di Offshore Platform Cargo basket berfungsi sebagai alat

 Sebenarnya cargo ini sudah lama di buat, tetapi oleh team inpeksi di riject karena tidak memenehi standard, Disisi lain cargo basket ini masih dibutuhkan untuk keperluan lifting, sehingga team mechanic dan konstruksi memperbaikinya
 
yang jadi focus adalah tentang pad eyes, yaitu tempat ngikat sakle dengan four leg wirerope, dan urutan perbaikannya sebagai berikut:

- pad eyes yang lama di potong rata.

- Desain pad eyes yang baru

- pembuatan pad eyes yang baru dari bahan plate 20 mm

- perapihan pad eyes yang baru.

- pengelasan pad eyes yang baru pada cargo basket

- penambahan sisi samping untuk kekuatan dari keranjang

- Pengecatan dilakukan setelah semua selesei

- Pemasangan  name plate dan kapasitas dari cargo basket

- Cargo basket dapat digunakan kembali

baca juga :
Beginilah Cara Kami Bersaudara...!!!

Truck Hino Dutro 130 HD Kecil Lincah Untuk Fire Fighter di Daerah  Yang Terjal

Sebenarnya  bangsa indonesia bisa bikin sendiri dengan kekuatan  dan kualitas yang tidak kalah dengan import, tetapi regulasi di kita memaksa untuk import atau membeli ke asing. Seandainya team inpeksi dan bagian yang kompetan mau memberi kesempatan kepada anak negri untuk mengaplikan ide - ide kreative-nya, kami yakin bangsa kita akan mandiri dan akan adil makmur.

Dan cargo basket ini hanya salah satu contoh klo kita kadang malah mematikan ide - ide anak bangsa. bukannya di kasih solusi perbaikannya, tetapi main riject - riject saja.

Semoga tulisan ini dapat membuka wawasan kita akan hasil karya anak bangsa.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...