Skip to main content

Clarke Fire Pump Unit Handal Yang Belum Terinstal

Kali ini Dhevils Mechanic diajak jalan - jalan di sebuah Perusahaan Oil and Gas yang ada di Indonesia, melihat unit fire pump ini berjejer belum terpasang dari baru, dan hal ini mengelitik jiwa mekanik untuk melihat lebih dekat dan mengulas unit pompa ini. dan mari ikuti terus tulisan ini
Jika menilik sejarah dari Clarke Fire Protection Products menjual driver fire pump dengan diesel engine  pertama pada tahun 1964. dan sebagai distributor regional untuk GM Diesel. dan Clarke mulai memproduksi driver UL / FM  sendiri pada tahun 1980 dan sekarang memasarkan driver engine diesel driver dari unit fire pump jalur terbesar di dunia. Sampai saat ini, ada lebih dari 100.000 mesin bertuliskan nama Clarke telah dijual secara internasional. itulah sejarah mesin Clarke yang sudah tidak asing lagi bagi dunia mekanik Oil and gas dan Pertambangan.

Kita mulai ulas satu persatu yaa.. dan kita mulai dari engine prime overnya dulu, untuk engine mengunakan merk Jhon Deere ,

Nama Jhon Deere tak asing pula, karena banyak unit - unit engine tractor  dan alat berat yang mengunakan dan kehandalannya tidak diragukan lagi. 

baca juga :

Proses Menghidupkan Kembali Pompa Aurora Setelah Tidur 5 Tahun

System Starting Pada Unit Engine Fire Pump

Dan berikut ini adalah Spesifikasi untuk enginenya :
Model4045TF280
Number of cylinders4
Displacement-- L (cu in)4.5 (275)
Bore and Stroke-- mm (in)106 x 127 (4.17 x 5.00)
Compression Ratio19.0:1
Engine TypeIn-line, 4-Cycle
AspirationTurbocharged
Length - mm (in)860 (33.9)
Width-- mm (in)612 (24.1)
Height-- mm (in)994 (39.1)
Weight, dry - kg (lb)396 (873)
Fixed geometry turbochargers are sized for a specific power range and optimized to provide excellent performance across the entire torque curve. They are also designed to maximize fuel economy between the engine's rated speed and peak torque.
 
The timing and fuel injection pressures are optimized to maximize performance and fuel economy at a given rated speed
 
Clarke fire protection dengan panel yang cukup komplite dan mudah dalam pengoperasiannya, dan tidak ribet sehingga mudah di operasikan oleh orang awam. di dukung dengan 2 electric starting sehingga lebih handal dan meminimalisir kegagalan starting.

Untuk Sistem pendinginan mengunakan heat exchanger yang terhubung dengan discharger dari pompa fire pump dimana panas dari engine dapat ditransfer ke air yang dipompakan oleh unit fire pump.  dan untuk menjaga agar supaya panas pada engine dapat stabil dipasang thermostat disisi dichager dari heat exchanger.
Beralih ke sisi Pompa, unit engine Jhon Deere ini mengerakan pompa yang cukup besar yaitu pompa dengan merk Aurora.

Untuk menghubungkan engine dan pompa mengunakan coupling cross joint yang banyak dipasaran dan ukurannya sama dengan ukuran cross joint Truck tronton.

Pompa Aurora ini product dari United Kingdom, yang tidak di angap remeh di dunia fire protection dan fire Fighting setara dengan Ziegler, Angus, dan lain - lain.

Pompa ini mengunakan impeler tunggal tetapi dengan double suction, hal ini diharapkan Flow yang air yang  tertransfer besar,  dan mengurangi gaya axial dari pompa, Suction flange 6" dan dischager 4"

System pengeblok kebocoran mengunakan gland packing dan hal ini mengadopsi standard dari fire pump, sehingga jika ada kegagalan mechanical seal dapat diminimalisir. dan baering berada di luar dari pompa sehingga perawatan akan mudah.
Demikianlah Ulasan dari unit fire pump Clarke.. hal yang dapat dipetik adalah sayang sekali unit segini hebatnya hingga kini belum terpasang dan di operasikan. dan dikawatirkan unit korosif karena terkena perubahan cuaca, dan semoga Dhevils Mechanic dapat kesempatan memasang dan comisioning ini unit, dan dapat menambah tulisan ini. Do'akan ya kawan - kawan...

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...