Skip to main content

SOP Start dan Stop Genset




 Hai teman - teman semuanya, masih seputar dunia Mechanic Oil and Gas Industyr. Kali ini Dhevils mechanic ingin menulis tentang SOP Menghidupkan dan Mematikan unit Genset, Sebanrnya SOP Ini digunakan pada genset Perkins 50KVA tetapi tidak ada salahnya digunakan untuk unit genset yang lain dengan model yang hampir mirip. 

Baca juga :




STANDARD OPERATING PROCEDURE
MONITOR CONTROL INTERFACE

I. SEBELUM DIESEL/GENSET DIHIDUPKAN

Ø Periksa Air Radiator (jika kurang ditambah)

Ø Periksa Oil Mesin (jika kurang ditambah)

Ø Periksa Solar (Posisi kran pada Daily Tank harus tetap terbuka/on)

Ø Periksa Air ACCU (Jika kurang ditambah)

Ø Periksa Kabel R-S-T-N (pastikan terpasang dengan benar dan kuat ke pemakaian)

Ø Pasang Kabel ACCU dengan benar dan kuat (warna (+), hitam (-))

Ø Buka box panel dan naikan semua MCB



II. WAKTU MENGHIDUPKAN

Ø Hidupkan Mesin Tanpa Beban ±10 Menit (Warming Up)

Ø Periksa Oil Meter, Water Temperature, Battery Charge, Volt Meter AC, Frequency Meter dan Hour Counter Meter apakah sudah berfungsi dengan baik pada saat mesin dalam keadaan hidup.

III. CARA MEMATIKAN DIESEL I GENSET

Ø Matikan Beban / Turunkan Breaker (jika terpasang) terlebih dahulu, kemudian tunggu ± 5 menit untuk pendinginan mesin (Cooling Down), setelah itu matikan

Ø Jika Menyimpang dari ketentuan ini, akan dapat mengakibatkan kerusakan pada AVR Generator


IV. PEMELIHARAAN

Ø Ganti Filter Solar 50 jam pertama, selanjutnya tiap 200 jam operasi (6 bulan)

Ø Ganti Filter Oil dan Oil Mesin 50 jam pertama, selanjutnya tiap 200 jam operasi (6 bulan)

Ø Bersihkan / Filter udara tiap 200 jam

Ø Bersihkan / kuras tangki solar setiap 400 jam operasi (1 tahun sekali)

Ø Bersihkan / kuras radiator tiap 400 jam operasi (1 tahun sekali), pakailah air kandungan zat kapur, garam dan besinya rendah.


V. MENGATASI TROUBLE SEMENTARA JIKA MESIN TIDAK MAU HIDUP

Ø Periksa solar, apakah mengalir dengan baik dan tidak ada kotoran (tersumbat)

Ø Periksa pemompaan solar, apakah benar-benar mengalir / buang anginnya

Ø Periksa ACCU / BATTERY nya apakah cukup kuat / besar arusnya (jika tidak, perlu di charge terlebih dahulu)

Ø Perhatian : Jangan Melakukan Start Engine Terlalu lama (± 15 detik), Tunggu 2 menit untuk melakukan Start Engine berikutnya, agar Dvnamo Starter Tidak Terbakar

VI. DISARANKAN

Ø Agar Diesel / Genset dapat telap beroperasi dengan lancar disarankan memakai saringan solar / water separator

Ø Pergunakanlah Oil mesin meditrans S-40 atau yang sejenis

Ø Pemakaian beban ampere R-S-T diusahakan Balance/seimbang

Ø Pemakaian beban minimal 40% dari kapasitas Genset

Note : Untuk lebih jelasnya, lihat buku petunjuk mesin (Operation Manual Book)

Jika ada permasalahan atau kondisi upnormal segera hubungi bagian mechanic atau Electircal


Semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya yaa.. 

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...