Skip to main content

Cooper Bessemer Sang Legenda Engine Dual Fuel Pertamina

 
Hii.. teman teman, kali ini dhevils mechanic ingin menulis tentang engine dual fuel yang sudah melegenda yang pernah dimiliki oleh PT Pertamina EP, yaa engine dengan dua bahan bakar dengan ukuran yang lumayan besar, dengan merk Cooper Besemer
Unit engine cooper besemer ini ada 6 unit, dari ke6 unit tersebut  3 unit digunakan sebagai primeover pompa ebara pompa jadul yang sangat besar sekali digunakan sebagai pompa shipping loading dan unloading minyak dari PPP Balongan ke kapal Tangker. pompa ebara ini jenis pompa centrifugal yang celup, dengan impeler 6 set diameter houshing pompa +/- 1meter panjang pompa 4meter dengan gearbox panjang 2 meter sehingga pompa ini sangat besar sekali.
Dan 4 unit lainnya digunakan sebagai pengerak generator, engine yang low rpm ini mengerakkan generator dengan kecepatan 750 RPM dengan  daya 3000KVA per unit. engine yang lumayan besar sekali untuk sebuah plant penampungan produksi akhir.
sebagai mekanik kita harus rutin dalam merawatnya,  untuk 1 x PM memerlukan 12 drum x 200 liter minyak pelumas meditrans S30. minyak pelumas yang cukup banyak untk sebuah engine. untuk membersihkan oli dan kotoran yang tersisa kadang kami masuk ke ruangan carter melalui lobang jendela main hole yang besar.
Unit yang elegant dengan ukuran yang lumayan besar dan pengunaan bahan bakar yang sangat boros karena memang unit zaman dulu yang efisiensi bahan bakarnya rendah tetapi secara tenaga unit ini memang handal sekali .
Engine ini adabebarapa unit, ada yang digunakan sebagi genset dan ada yang digunakan sebagi prime over pompa Ebara, pompa tahun 1971 yang masih beroperasi sebagi pompa shiiping dengan type 250 x 150 x 6 yaitu pompa dengan kapasitas 250m3 perjam dengan 6 stage impeller. Pmmpa ini termasuk pompa celup yang kedalaman pompanya lebih dari 3 meter dengan gearbox diatasnya.
 Untuk gensetnya berada pada gedung yang sudah tua ada 4 unit engine Cooper besemer yang mengerakan generator dengan low RPM,
Engine dual fuel yang dapat dirubah bahan bakarnya dari gas ke disesl maupun sebaliknya dan dapat di setting berap persent diesel dan berapa persent gas. termasuk unit engine yang antik di zamannya.
Unit engine ini tergolong gambot karena dengan 6 cylinder inline rpm max 428 dipaksa mengeluarkan daya 998 HP, dan kita akan teringat versi mini bentuk begini pada engine merk Superior, bentuknya hampirmirip dan banyakan mengadopsi model Inline engine, beda jauh dengan unit - unit saat ini dengan model V engine dan RPM tinggi supaya mendapatkan HP yang di inginkan.
Unit peninggalan zaman dahulu yang sangat antik dan hingga kini masih beroperasi dengan baik walau tehnologi zaman sekarang sudah digital dan maju tetapi unit ini masih melaju dengan tegapnya karena perawatannya yang luar biasa.
Thanks untuk sahabatkoe Eko monoq devisi electrical anak dengan berbagai macam talenta, sehingga suasana kerja selalu ceria dan Mbah Bruri Pramono mechanic atas support Foto dan berusaha unit legenda ini tetap meraung dalam mengabdi untuk kedaulatan energy di Negri yang kita cintai ini, yaitu INDONESIA
Semoga dapat bermanfaat ditunggu komentar dan diskusinya yaa.. agar sharring knowled ini dapat bermanfaat.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...