Skip to main content

Sensor dan System Pengaman Pada Gas Engine Industrial (Safety Device)

Hai teman - teman semua, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic tentang dunia mechanic di Oil and Gas Industry, sudah banyak tulisan tentang Gas engine, bagaimana gas engine dapat beroperasi, trouble shoot gas engine, hingga tulisan dhevils mechanic tentang merubah diesel engine menjadi gas engine. Dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas tentang safety device atau alat pengaman pada gas engine.

Baca juga :




Gas engine adalah engine yang berbahan bakar gas dengan prinsip kerja hampir sama dengan engine dengan bahan bakar bensin, hanya saja bahan bakarnya berbeda. jika engine bensin berebahan bakar liquid tetapi jika gas engine berbahan bakar gas. dan gas ini bermacam - macam yang digunakan. ada yang bio gas, gas lpg, dan ada yang natural gas langsung dari wellhead sumuran tanpa proses pemisahan komposisi gasnya.

Didalam gas engine terdapat 3 system utama yang bekerja, yaitu sistem kompresi yaitu peralatan atau part - part penunjang kompresi dari piston, valve, connecting rod dll, system bahan bakar hal ini terdiri dari perpipaan gas, pressure regulator, carburator, trottle valve gas dll, system pengapian yaitu system yang menunjang pengeluaran api pada ruang bakar yang terdiri dari bateray, alternator, magneto, cable, koil, cable koil, busi dll. Dan ada system pendukung dalam engine gas seperti system pendinginan, system pelumasan, dan lain - lainnya.
Dari banyak system yang ada di engine tersebut harus ada batasan atas dan rendahnya jangan sampai unit engine beroperasi melewati ambang batasnya. Dan hal tersbut yang bekerja adalah safety device atau alat pengaman. Sehingga Safety device juga dapat diartikan sebagai alat pengaman engine supaya engine dapat bekerja sesuai dengan parameter yang diinginkannya. dan safetyu device ini amat sangat diperlukan pada engine.
Macam - macam safety device yang ada tergantung dari tahun pembuatan dari engine dan tehnology yang engine gunakan. semakin canggih suatu engine di operasikan akan semakin banyak safety device yang dipasangkan pada engine tersebut. seperti contoh engine Caterpillar pada zaman dahulu yang masih mengunakan model 3 digit seperti cat G398, G379, G343, G333 dan lain - lain safety device yang dipasangkan hanya bebarapa saja semisalnya high temperature untuk air radiator, low pressure untuk minyak pelumas, overspeed untuk governor. berbeda dengan unit engine yang saat ini ada seperti : pressure gas fuel, knocking sensor, pressure turbo, timming ignition dll.
Dan kali ini mari kita bahas satu persatu sensor yang ada dan kegunaannya pada gas engine, supaya kita lebih mengenal lagi akan gas engine dan alat - pengamananya

Sensor Temperature
Coolant temperature sensor digunakan untuk mengukur suhu pendingin mesin mesin pembakaran internal. Pembacaan dari sensor ini kemudian makan kembali ke unit kontrol mesin (ECU), yang menggunakan data ini untuk menyesuaikan injeksi bahan bakar dan waktu pengapian. Pada beberapa engine sensor juga dapat digunakan untuk menyalakan motor kipas pendingin radiator . Data juga dapat digunakan untuk menyediakan bacaan untuk mengukur suhu pendingin di control panel
Sensor level air radiator / pendingin
sensor ini memonitor tinggi level air pendingin dan biasanya terletak di samping dari radiator. jika sensor ini membaca level air low akan mengirim sinyal ke ECU dan ECU akan menyalakan alarm sehingga opeartor menambah level air secara manual atau dihubungkan dengan valve oautomatis pengisian air pendingin dari reservoir yang sudah disiapkan.

Sensor Pressure Oil
Sensor ini bertujuan untuk mengatahui pressure oli / minyak pelumas pada waktu engine berputar. dan macam - macam sensor pressure oli ini. Ada yang hanya membaca dan ada juga yang dapat mengcounter pressure oli yang lewat kearah block engine.  dan jika pressure oli ini terbaca low akan mengirim sinyal ke ECU untuk menyalakan alarm ke control panel tempat operator engine berada dan jika hingga low low ECU akan mematikan engine.

Sensor Level Oil
Selain pressure yang dikontrol juga level oli yang dikontrol hal ini biasanya level oli yang ada di dalam carter / atau pan oil. jika sensor ini nyala atau mendeteksi level oil turun akan mengirim sinyal ke ECU dan ecu memerintakan pompa oli tambahan menyala dan mengisi dari tangki daily tank. atau ECU memerintahkan valve daily tank membuka sehingga oli dari daily tank mengalir ke oil pan. dan dijalur itu ada sensor valve jika penuh menutup dengan sendiri alirannya.
Sensor RPM
sensor RPM biasanya disebut dengan magnetic pick up karena sensor ini membaca rpm dengan system magnetic. dari hitungan sensor ini dikirimkan ke ECU untuk di terjamahkan ke HMI menjadi RPM dari engine. dari sensor ini juga di gunakan oleh governor untuk mengolah data menaikan atau menurunkan suplay bahan bahan bakar dengan mengerakan actuator yang terhubung dengan trootle body 

Sensor Half Efeck 
sensor Half efeck ini biasanya ada pada gas engine yang mengunakan system kerja empat langkah karena half efek ini mengirim sinyal ke system pengapian yang sudah mengunakan system digital spserti DISN atau CPU95 pada merk pengapian  Altronic.

Sensor Knocking
Sensor ini biasanya terletak di bolt cylinder head bertujuan untuk mendeteksi kenocking yang terjadi pada engine. sinyal yang ada dikirm ke ECU untuk diolah dan mengontrol timming pengapian atau menurun dan menaikan presuure bahan bakar gas sehingga campuran bahan bakar gas dan angin dapat optimal.

Sensor Air Flow Meter
Sensor ini biasanya ada pada manifold inlet yang berfungsi untuk mendeteksi volume yang menuju manifold inlet engine.Air flow meter berupa potensio yang dilengkapi dengan pegas pengembali dan measuring plate. Besar kecilnya udara yang masuk akan berpengaruh pada putaran potensiometer. Karena potensiometer berputar maka tegangan output dari potensiometer juga berubah. Besarnya tegangan dari potensiometerini diterima ECU sebagai signal.


Sensor Manifold Absolute Pressure (MAP)
Selain menggunakan air flow meter, volume udara yang masuk juga bisa dihitung dengan MAP sensor. Sensor ini menghitung kevakuman atau tekanan pada intake manifold. Besarnya kevakuman pada intake manifold diubah menjadi nilai tahanan pada MAP Sensor

Sensor Trotle Posision (TPS)
TPS terpasang pada throttle body. Sensor ini mendeteksi besarnya bukaan throttle dalam bentuk nilai tahanan. Sama seperti air flow meter, TPS juga menggunakan potensiometer. Cara kerjanya sama, ketika throttle berputar, potensiometer juga berputar dan nilai tahanan juga berubah. Karena nilai tahananya berubah, tegangan yang dikirim ke ECU juga ikut berubah. Nilai tegangan tersebut diterima ECU sebagai signal.

Intake Air Temperture Sensor 
Seperti namanya, IATS berfungsi untuk mengetahui suhu udara yang masuk melalui intake manifold. Sensor ini juga berupa thermistor. Semakin dingin suhu udara, maka bahan bakar yang disemprotkan melalui injektor
semakin banyak.
Oxigen Sensor
Oxygen sensor terletak di exhaust manifold untuk mendeteksi emisi gas buang. Sensor ini berfungsi untuk mengevaluasi apakah campuran bahan bakar sudah tepat atau belum.

Gas RAM Sensor
sensor ini terletak di suplay fuel gas. yang terbaca disini adalah pressure gas, kelembaman dari gas fuel dan yang lebih canggih dapat membaca metan number dari gas berapa nilai kalor dari gas tersbut berapa persent CO2 di komposisi gas tersbut secara real time dan data tersbut diolah oleh ECU untuk menentukan bukaan valve gas dan udara sehingga didapat campuran yang optimal dari pembakaran dan menentukan timming dari penyalaan spare plug yang dikontrol oleh igntion system
Demikianlah pembahasan tentang sensor - sensor yang ada di gas engine, dan hal ini ada yang lebih banyak lagi dan ada yang lebih sedikit tergantung dari manufacture engine tersebut atau tergantung dari request dari customer sendiri  karena setiap customer kebutuhannya berbeda - beda.
Semoga dapat bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya untuk menambah wawasan kita, dan dapat memberi gambaran bagi yang mebutuhkannya dan menjadi ladang amal kita karena kita berbagi hal - hal yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter.

Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya.
Baca juga :

Kehidupan di Offshore Platform 
Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor

Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio
Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine

Disini kita akn bandingkan kunci…

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini.
Baca Juga:

Merubah Diese…

Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor

Air dryer adalah suatu alat yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan air pada compressed air (udara terkompresi). Sistem ini biasanya menjadi satu kesatuan proses dengan kompresor. Udara terkompresi hasil dari kompresor sebagian akan masuk ke tangki penyimpan dan sebagian lagi dikeringkan menggunakan air dryer.

Penggunaan udara kering ini banyak diperlukan di lapangan offshore. Udara kering, atau biasa disebut dengan instrument air, digunakan sebagai sumber penggerak aktuator dari control valve, power dari pompa chemical,  untuk satrting turbine dan damper (aktuator pneumatic). Selain itu dalam dunia industri telekomunikasi, udara kering bertekanan digunakan untuk menyelimuti kabel-kabel bawah tanah untuk menghindari short circuit akibat terbentuknya embun. 
Udara terkompresi yang dikeringkan, akan mengalami proses penurunan dew point. Dew point adalah nilai temperatur yang dibutuhkan untuk mendinginkan sejumlah udara, pada tekanan konstan, sehingga uap air yang terkandung…

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test :
Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll).
Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun.

Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N2).
Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box.

Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotest, hal ini …

Pengertian Kompresor dan Jenis - Jenis kompresor

Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Kompresor biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya. Udara bertekanan hasil dari kompresor biasanya diaplikasikan atau digunakan pada pengecatan dengan teknik spray/ air brush, untuk mengisi angin ban, pembersihan, pneumatik, gerinda udara (air gerinder) dan lain sebagainya.


Prinsip kerja kompresor dapat dilihat mirip dengan paru-paru manusia. Misalnya ketika seorang mengambil napas dalam – dalam untuk meniup api lilin, maka ia akan meningkatkan tekanan udara di dalam paru-paru, sehingga menghasilkan udara bertekanan yang kemudian digunakan atau dihembuskan untuk meniup api lilin tersebut.



Jenis – jenis kompresor
Secara umum kompresor dibedakan menjadi dua jenis yaitu kompresor dinamis dan kompresor perpindahan positif.

1.Kompresor perpindahan positif
Kompresor perpindahan positif dibedakan menjadi…

Separator dan Peralatan Instrumentasi pendukungnya

Fluida produksi yang akan dijual harus memenuhi spesifikasi produk, sehingga fluida mengalami beberapa proses.Pada tahap proses produksi,fluida masih berupa campuran antaragas, condensate, water dan solid. Mengingat pentingnya pemisahan agar dapat memenuhi spesifikasi produk maka fluida harus dipisahakan masing-masing fasa (gas, condensate, dan water). Pemisahan awal ini dilakukan karena untuk proses pemisahan masing-masing fasa untuk proses selanjutnya berbeda.
High pressureSeparatoradalah bejana horizontal yang memiliki pressure dan temperature tinggi,berfungsi sebagai pemisah awal berdasarkan fasa (gas, condensate, dan water) sehingga untuk proses selanjutnya lebih fleksibel. Fluida yang dihasilkan dari sumur produksi masih terdiri dari campuragas,condensate,water dan solid.Fluida dapat mencapai permukaan karena tekanan permukaan lebih rendah dibandingkan dengan tekanan reservoir. Kemampuan cairan untuk melarutkan gas akan menurun sehingga gas akan terpisah dari cairan. Agar terjadi…

Governor Jenis Dan Cara Kerjanya Dalam Dunia Permesinan

Mesin genset harus mempertahankan kecepatan putarannya dengan konstan agar frekuensi listrik yang dihasilkan oleh generatornya juga stabil. Kecepatan putaran mesin ini dikendalikan dengan cara mengontrol jumlah bahan bakar yang disalurkan ke ruang bakar mesin. Bila putaran mesin terlalu rendah, maka jumlah BBM yang disalurkan harus ditambah, dan sebaliknya, jika terlalu tinggi, jumlah BBM harus dikurangi. Untuk mesin kendaraan, fungsi pengendalian jumlah bahan bakar ini dikerjakan oleh Sang Pengemudi dengan menekan atau mengangkat pedal gas sesuai kebutuhan. Namun pada mesin genset, fungsi ini tidak mungkin diserahkan kepada manusia. Karena itu digunakanlah Governor untuk mengontrol secara otomatis penyaluran BBM sesuai dengan beban mesin. Secara spesifik, fungsi Governor pada mesin genset adalah: Memudahkan mesin hidup saat start dengan memperbanyak penyuplaian penginjeksian bahan bakar.Mempertahankan kecepatan putaran mesin, mencegah overspeed.Membatasi kecepatan putaran mesin pada …

Macam - Macam Bearing dan Kegunaannya di Permesinan

Sebagai Seorang Mechanic, Tentunya kita sudah Mengetahui Apa Yang Dimaksud dengan Bearing (Bantalan). Tetapi, Tidak menutup kemungkinan Masih ada juga Teman-Teman Teknik yang belum mengetahuinya dan sekaligus saya juga ingin memberi tahukan tentang Bearing (Bantalan) ini Kepada Siapa saja yang ingin Mengetahuinya.

Bearing adalah alat yang memungkinkan terjadinya pergerakan relatif antara dua bagian dari alat atau mesin, biasanya gerakan angular atau linear. Dengan adanya Bearing, gesekan antara dua bagian tersebut menjadi sangat minim dibandingkan tanpa bearing.

Dan Berikut adalah macam - macam jenis Bearing :
Ball Bearing Ball bearing merupakan bearing yang paling umum dan tak hanya digunakan untuk automotive equipment. Biasanya komponen ini digunakan pada mesin dan alat-alat rumah tangga.
Ball-Bearing Roller Bearing Bearing ini punya kinerja sederhana tapi gerak putarnya efektif. Sehingga menjadi bearing yang paling banyak dipakai karena bisa mewakili baik beban putar (radial load) …

Seputar RIG HWU (Hydrolic Workover Unit ) atau Snubbing Unit

Snubbing unit itu adalah unit Rig unit berskala kecil yg biasa digunakan dalam workover unit (perbaikan sumu) atau kadang2 juga digunakan dalam drilling operation berskala kecil. prinsipnya bekerja atas prinsip hydraulic. dimana 4 silinder hydraulic berfungsi menaikkan dan menurunkan slip (alat untuk memegang dan melepaskan tubing/drill pipe) dinamik. ada 2 macam slip dalam snubbing unit, yaitu slip statik dibagian bawah dan slip dinamik dibagian atas.



Pada saat akan menurunkan tubing/drill pipe, awalnya slip dinamik lah yg memegang tubing/DP sementara slip statik dlm posisi free. Kemudian slip dinamik tsb diturunkan sambil membawa tubing/DP yg dipegangnya ke bawah sampai mentok di atas slip statik. Lalu gantian slip statik yg memegang tubing/DP sementara slip dinamik free dan dinaikkan ke atas untuk memegang tubing/DP berikutnya. slip statik free dan slip dinamik diturunkan lagi ke bawah . dan begitu seterusnya hingga tbg/DP sampai di kedalam yg kita tuju. Keunggulan sn…

TroubleShoot Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

Hallo teman - teman, jumpa lagi dengan Dhevils mechanic.  pernahkah kalian mengalami unit negin yang tadinya normal selang operasi beberapa lama push rod bengkok? dan itu pernah terjadi di unit yang dhevils mechanic rawat.

Kejadian push rod bengkok ini terjadi pada unit Caterpillar model Cat D3406 yang beoperasi sebagai prime over pompa Sykes. unit engine pump ini berfungsi sebagai pompa air baku di WPS Kertasmaya PT Pertamina EP Field Jatibarang. Air baku di pompakan ke WTP Mundu dengan carak kurang lebih 32km. unit engine pump cat D3406 ini ada 2 unit dan beroperasi bergantian 24 jam non stop.
 Berawal dari laporan operator WPS, dimana unit tidak ada tenaga dan lama - lama unit engine mati, dan di start kembali susah hidup dan terasa berat pada saat start up.nya. dan team mechanic segera meluncur dari workshop BRU Mundu ke site.
Sesampai di sana team mechanic memastikan kondisi yang sebenarnya. dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukannya.

baca juga :
Troubleshoot Engine Cat…