![]() Hallo teman - teman dhevils mechanic, kita ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang membahas dunia mechanic Oil and Gas Industry. Dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas tentang kompressor yang bertype reciprocating compressor. atau juga disebut dengan kompressor torak. OK.. seperti apa kompressor torak atau reciprocating compressor? ikuti terus tulisannya yaa.. Reciprocating Compressor atau lebih sering di sebut kompresor piston adalah kompresor yang menggunakan sistem torak atau piston yang bergerak di dalam silinder untuk mengkompres udara. tabung silinder nya memiliki 2 buah port, yaitu port inlet(suction) dan port outlet (discharge). Pada saat piston berada di atas atau di dekat port inlet (suction) dan outlet (discharge) di dalam silinder dan bergerak turun maka udara dari port inlet (suction) akan masuk memenuhi silinder. Baca juga : Lalu ketika Piston bergerak naik atau ke atas maka udara yang berada pada tabung silinder akan di pompa dan terkompres keluar melalui port outlet (discharge). Kompresor Piston (Reciprocating) memiliki banyak konfigurasi, jenis-jenis konfigurasi yang paling sering di gunakan adalah : 1. Kompresor Piston (Reciprocating) Horizontal 2.Kompresor Piston (Reciprocating) Vertical Biasanya digunakan untuk kebutuhan Air Delivery ± 141,5 L/m (± 50 CFM) sampai ± 4.245 L/m (± 150 CFM) 3.Kompresor Piston (Reciprocating) Horizontal balance-opposed Biasanya digunakan untuk kebutuhan Air Delivery ± 5660 L/m (± 200 CFM) sampai ± 141.500 L/m (± 5000 CFM) 4. Kompresor Piston (Reciprocating) Tandem (bergandengan) ![]() Reciprocating Compressor atau kompresor piston memiliki 2 jenis tipe yaitu kompresor piston dengan sistem kerja tunggal dan kompresor piston sistem kerja ganda. Bisa di lihat pada gambar di atas perbedaan dari kedua tipe kompresor ini yaitu, pada kompresor piston sistem kerja ganda memiliki port inlet (suction) dan outlet (discharge) di kedua sisi nya. Kompresor piston kerja tunggal, kompresor jenis ini paling banyak berada di pasaran,Penggunaan untuk tekanan udara yang relatif kecil. Kompresor piston banyak di gunakan untuk bengkel dan pemeliharaan serta perbaikan di industri. Untuk kompresor piston kerja ganda tidak jauh berbeda dengan kompresor jenis piston lain nya, Biasanya untuk jenis kerja ganda ini biasanya terdapat pada industri besar seperti pada industri kereta api dan lain-lainnya yang menggunakan tekanan sampai 150 BAR. Kompresor piston juga memiliki konfigurasi dalam jumlah silindernya, yang paling sering di gunakan antara satu silinder sampai empat silinder. tergantung dari jumlah Air Delivery dan Pressure yang di butuhkannya. Semakin tinggi kebutuhan Air Delivery dan Pressurenya maka jumlah silinder akan semakin banyak. Keuntungan dari kompresor piston (Reciprocating Compressor) adalah : Dari segi harga kompresor piston ini cukup terjangkau Perawatan dan maintence mudah Dapat di gunakan untuk Air Delivery dan Pressure yang tinggiKekurangan dari kompresor piston (Reciprocating Compressor) adalah : Memiliki tingkat kebisingan yang tinggi Udara dari pengeluaran nya memiliki suhu yang tinggi Udara yang keluar memiliki persentase kandungan minyak yang tinggiKompresor piston dapat juga digunakan untuk menghasilkan udara yang bebas oli. Kita bisa memasangkan Filter Oli khusus yang di pasangkan pada jalur pipa atau menggunakan kompresor piston OIL FREE. Kompresor OIL FREE biasa di gunakan untuk kebutuhan di medical, laboratorium, food grade dan lain-lain. Dari segi harga kompresor OIL FREE memiliki harga di atas kompresor biasa. Semoga dapat bermanfaat, Diambil dari berbagai sumber, |
Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...





