Skip to main content

Motor Bahan Bakar Gas Dan Klasifikasinya


Motor Bahan Bakar Gas adalah suatu pesawat yang mengubah suatu bentuk energi panas menjadi energi mekanik. Motor bahan bakar gas berarti suatu pesawat yang tenaga mekaniknya diperoleh dari hasil pembakaran campuran bahan bakar gas dan udara yang dikompresikan ke dalam ruang bakar (Combustion Chamber). Kemudian dengan bantuan panas yang diperoleh dari loncatan bunga api listrik (Spark Ignition), sehingga terjadi ledakan yang menimbulkan ekspansi gas. 

Tenaga ekspansi ini digunakan untuk mendorong piston dan melalui suatu rangkaian peralatan dirubah menjadi tenaga putar mekanis. Karena proses pembakaran berlangsung didalam ruangan silinder itu sendiri, maka motor bakar ini disebut motor pembakaran dalam (Internal Combution Engine). 


Baca juga :

Apa Saja Yang Diperhatikan Dalam Merubah Diesel Engine Menjadi Gas Engine


TOP Overhoul Gas Engine  Generator Guascor SFGLD 560


Solusi Engine Caterpillar 3 Digit Yang Absolut Part


Bahan bakar yang biasa digunakan dalam motor bakar gas adalah :  Propane, Bio gas, Wellhead gas (Field gas),  dan Dry Natural gas yang berasal dari sumur produksi (Terutama methane) yang telah dipisahkan kadar air dan kondensatnya (Dry Gas).

 

Klasifikasi Motor Bakar Gas      

      Motor bakar gas dapat di klasifikasikan menurut langkah  kerjanya menjadi :

                                   1.  Motor Bakar Gas Empat Langkah

Yang dimaksud dengan motor bakar gas empat langkah adalah sekali proses kerja dengan dua kali putaran poros engkol meliputi empat langkah torak (langkah-isap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah pembuangan).

Proses kerja motor bakar gas empat langkah adalah :

·                  Langkah Hisap 

Langkah pemasukan adalah langkah torak dimana katup masuk terbuka dan katub pembuangan tertutup. Torak bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah campuran udara dan bahan bakar mengalir melalui katup masuk yang terbuka ke dalam silinder.

·       Langkah Kompresi

          Poros engkol yang berputar menggerakkan torak ke titik mati atas karena kedua Katup tertutup, maka campuran udara dan bahan bakar di kompresikan pada ruang silinder.

·        Langkah Kerja

         Waktu berlangsungnya langkah kerja, kedua katup tertutup. Sesaat sebelum torak mencapai titik mati atas, pembakaran berlangsung sehingga tekanan dan temperatur gas pembakaran naik. Pada saat itu torak melampaui titik mati atas dan tekanan gas mendorong torak ke bawah, torak menggerakkan poros engkol sehingga diperoleh kerja mekanik.

·                 Langkah Pembuangan

Poros engkol menggerakkan torak ke titik mati atas, sehingga isi silinder berkurang. Waktu pembuangan katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Oleh karena itu, torak dapat mengalirkan gas bekas pembakaran keluar silinder.

Brand – brand motor bakar gas empat langkah : Caterpillar, Waukesha, Arrow, Superior, Guascore, Doosan, Deuthz, Vortec, dan lain sebagainya.

 

2.   Motor Bakar Dua Langkah 

Dalam mekanisme kerja motor dua langkah melengkapi siklusnya dalam dua gerakan piston atau satu putaran crank shaft (poros engkol).

·       Langkah Pertama 

Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) akibat adanya pembakaran, maka gas hasil pembakaran akan mendorong piston sehingga terjadi langkahn kerja. Selanjutnya beberapa derajat (85º - 55º) sebelum piston mencapai titik mati bawah (TMB), lubang buang terbuka dan sisa gas pembakaran mengalir keluar karena adanya perbedaan tekanan. Dan beberapa derajat (60º - 45º) sebelum titik mati bawah (TMB) lubang isap terbuka sehingga, udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder (ruang bakar), pada saat ini disebut juga langkah pembilasan yaitu masuknya udara dan bahan bakar baru sambil mendorong sisa-sisa gas bakar keluar.

·               Langkah Kedua

Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Beberapa derajat (45º - 60º) sesudah titik mati bawah (TMB) lubang isap menutup, maka berakhirlah pembilasan.

Kemudian setelah beberapa derajat (55º - 85º) sesudah titik mati bawah (TMB) lubang buang tertutup, maka berakhirlah langkah buang. Dengan berakhirnya langkah buang dan langkah isap, maka mulai terjadi proses pemampatan dan langkah ini disebut langkah kompresi.

Beberapa derajat sebelum piston mencapai titik, mati atas (TMA) terjadi pembakaran di dalam silinder. Akibatnya pembakaran ini piston  terus bergerak menuju titik mati atas selanjutnya menuju titik mati bawah. Proses ini terulang seperti langkah-langkah pertama.


 

Brand – brand  motor bakar gas yang mengunakan 2 langkah adalah : Ajax, Arrow, Detroit, dan lain sebagainya.

Semoga dapat bermanfaat, Tulisan ini di ambil dari KKW dhevils mechanic di AKAMIGAS Cepu Jurusan Tehnik Mesin Lapangan Tahun 2009

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...