Skip to main content

Troubleshoot Mencari Penyebab Kawasaki Gas Turbine Generator Miss Fire

Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan dehevils mechanic nich.. yang tak jauh - jauh bahas dunia mechanic Oil and gas Industry, sharring pengalaman kerja mechanic, troubleshoot dan peneyeleseian dilapangan dengan cara mudah dan cepat untuk diaplikasikan. Dan kali ini dhevils mechanic inginmembahas dunia Turbine generator. Baca juga : Motor Bakar Gas Dan Klasifikiasinya Screw Air Compressor Sonolog Dan Peralatannya Mengenal Lebih Jauh Dengan Kawasaki Gas Turbine Generator Turbine generator ini dengan merk Kawasaki dengan model GPB30 berkapasitas 2.8MW sebagai power generation di sebuah plant pengolahan gas alam / natural gas sebelum gas tersebut dikirim ke konsumen dengan bermacam - macam komposisi gas yang distandardkan. misalkan CO2 max, H2O max, Sulfur Max,  H2S Content dll   Turbine Generator kawasaki ini berbahan bakar dual fuel dimana pada saat plant masih mati atau belum ada gas yang siap untuk digunakan sebagai bahan bakar, turbine kawasaki ini dapat beroprasi mengunakan bahan bakar diesel dimana kebutuhannya per 1 unit turbin itu mengunakan bahan bakar pertadex sebesar 800liter - 1000 liter per jamnya, setelah gas yang diolah sudah memenuhi standar content yang diizin kan sebagai bahan bakar gas, baru unit turbin ini di switch auto ke bahan bakar gas tersebut. Dan kali ini trouble yang terjadi adalah unit turbine ini tidak dapat distart, dengan alrm di control panel miss fire, pekerjaan troubleshootnya seperti apa ? ikuti terus tulisan dhevils mechanic ini yaa.. Sebelum Mechanic turun kelapangan harus ada notive atau works order yang ditujukan ke bagian mechanic di unit mana yang butuh perbaikan dan kendalanya seperti apa? setelah itu baru team mechanic membuat SIKA dan JSA, untuk sika itu berfungsi sebagi izin permit untuk melakukan perbaikan, sementara untuk JSA(Job Safety Analisis) berfungsi untuk memitigasi kemungkinan - kemungkinan insiden/ resikonya dan solusinya seperti apa.   Setelah unit di lakukan LOTO (Lock Out Take Out) supaya tidak ada hal yang diinginkan dengan start sendiri atau tidak sengaja terpencet start sendiri. yakin semua sudah aman dilakukan LOTO tadi baru team mechanic lakukan pengecheckan pada unit yang alarm tadi.   Dilakukan pembongkaran Nozzle liquid dan gas dari engine turbine ini, dan untuk kawasaki turbine generator ini cukup sederhana karena 1 chamber mengunakan 1 nozzle dan unit kawasaki model GPB 30 ini 1 gearbox di gerakan 2 engine turbine. Dan tiap 1 engine turbin hanya memiliki 1 chamber.   Setelah di bongkar terlihat nozzle berkerak hal ini disebabkan bahan bakar yang tidak terbakar sempurna sehingga bahan bakar mengendap di ujung dari nozzle ini dan menutupi arah udara yang akan masuk sehingga campuran udara dan bahan bakar tidak homogen dan lonacatan bungga api dari sparkplug tidak mampu membakar dari liquid yang disemburkan nozzle.Proses pembersihan dan pemasangannya dapat dilihat dari video youtube ini, jangan lupa like dan subscribe ya teman - teman. Supaya kami dapat berbagi pengalaman - pengalaman kerja kami dan bermanfaat bagi yang membutuhkan info - info terkait dunia mechanic Oil and Gas Industry. Setelah semua selesei unit lanjut untuk di starting untuk test performanya sesuai dengan load plant secara normal. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa komentar dan diskusinya supay sharring knowledge ini lebih seru lagi dan pengalaman kerja ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.
http://dlvr.it/Rx4RCy

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...