Skip to main content

Pengantian Engine Mesin Las Miller

Halo teman - teman semua, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang pasti tidak jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas Industry. Dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas atau bercerita pengalaman menganti engine mesin las miller.
Kebutuhan mesin las di industry Oil anad Gas sangat penting sekali, karena hampir semua pekerjaan berhuningan dengan yang namanya besi. Perpiaan, tangki, Valve, mesin, skid, generator, dan lain - lainnya kebanyakan dari besi dan di perjalanan operasinya akan menemukan kendala seperti patah, crank, keropos dan lain = lain yang membutuhkan perawatan. Dan disini mesin las yang sebagai ujung dari pekerjaan tersbut,
Mesin las sendiri ada bermacam  - macam model , ada yang electrical dengan pengerak trafo, ada yang pakai motor, ada juga yang mengunakan engine. nah mesin las miller  yang kita bahas ini mengunakan mesin diesel dengan merk Kubota.
Engine kubota yang digunakan ini bermodel D722 -3 dimana engine ini terdiri dari 3 cylinder dengan kapasitas dibawah 20HP. engine kubota ini banyak juga digunakan pada mesin = mesin persawahan, seperti traktor, kombi mesin sleep padi dll. tetapi disini engine kubota digunakan sebagai pengerak generator mesinlas miller.
Permasalahan awalnya adalah mesin kubota yang lama jebol pada block engine dimana disebabkan permaslahan pada Oil, yaitu team dilapangan lupa untuk mengecheck posisi lube oil dibawah tanda  yang ada distik,
Engine yang dibeli sama persis seshingga tidak banyak melakukan perubahan, dudukan skid dan control engine hampir sama sehingga tinggal plug and play
Pembelian unit engine ini gampang sekali lewat toko online, kita liat speck dan modelnya sama, lanjut kita order dan bayar, tunggu 3 hari unit engine sudah sampai. memang zaman sekarang banyak dimudahkan dengan sesuai yang serba online ini.
Ada sedikit perbaikan pada system electricalnya dimana engine tidak dapat running idle, jadi pada saat distsrt engiine langsung meraung kencang pdahal ada 2 pilihan idle dimana jika tida digunakan mengelas dia running pelan, tetapi jika sudah digunakan mengelas auto matis engine langsung meraung sesuai setingan ampere penegelasan.
Untuk cerita lengkap di vide berikut ya :

Demikian lah tadi cerita sedikit tentang miller welding machine ini. Semoga dapat membuka wawasan kita terhadap dunia mechanic oil and Gas Industry
Oiya foto berikut adalah team dhevils mechanic  ya, yang bekerja di workshop terbuk didunia, hahahaha
dari kiri ke kanan :1.  Mas Jini (alm), 2. Mas Untung yang dikit geser kebelakang 3. MAs Murdiono, 4. Mas Ugik yang bawa tas selalu penuh dengan uang, 5. Mas Walang sebutannya Ayah 6. Dhevils mechanic duduk bawah dan7. mas Macan yang paling kanan belakang.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...