Hallo teman - teman semua, ketemu dengan dhevils mechanic di tulisan - tulisan yang tidak jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas Industry, dan kali ini dhevils ingin share terkait dengan Bolt and nut yang ada di dunia Oil and Gas.
Bekerja di dunia mechanic harus paham akan macam - macam bentuk dan ukuran dari bolt, karena sebagian besar di mechanic membutuhkan bolt untuk menyambung dari satu benda ke banda lain yang membentuk suatu peralatan. Dan mari kita bahan satu persatu terkait bolt yang ada dan sering digunakan.
1. Bolt stainless steel
Class | Magnetic? | Common Types |
Ferritic | Yes | 430,442 |
Austenitic | No | 304,316 |
Martensitic | Yes | 410,416 |
Duplex | Yes | 2205, 2507 |
Precipitation Hardening | Yes | 17-4, 17-7 |
(*cited from portlandbolt.com)
Austenitic adalah kelas yang paling umum. Secara teoritis. Austenitic tidak memiliki sifat magnet. Namun, proses manufaktur tanpa panas dapat menyebabkan barang tersebut memiliki sedikit sifat magnet. Hal yang lebih penting adalah komposisi material dan proses manufaktur. Tanpa mesin quality control, sangat sulit untuk menentukan komposisi material dari barang tersebut. Di Indonesia, banyak beredar baut yangt idak memenuhi standard internasional. Akibatnya, baut berkarat atau patah sebelum mencapai limit internasional.
2. Cara penamaan & mengukur Fasteners
Material – Nama Item – Diameterx Pitch x Panjang
| | ![]() |
Head Above Surface | Countersunk Head | Oval Head |
A 1/2" washer fitsa 1/2" diameter fastener
A 1/2"-13 nut fitsa 1/2"-13 fastener
Thread Pitch / Jarak Antara Drat
![]()
Material – Nama Item – Diameter x Pitch x Panjang
Contoh 1 :
SS304 Hex Bolt M8 x1.25 x 90
Contoh 2 :
SS304 Hex Bolt 1/4“- 6 x ½"
Thread Pitch
Ukuran Kunci Pas dengan Diameter Badan
Jenis material yang berbeda memiliki kekuatan dan resistence yang berbeda. Jadi, pemilihan material tergantung penggunaan baut.
3.1 Strength/Kekuatan
Alloy steel / baja memiliki kepadatan yang tinggi dan dapat digalvanis untuk memberikan anti korosi. Dalam bajapun memiliki beberapa tingkat keukatan: 4.6, 8.8, 10.9, 12.9 (paling kuat diantaranya). Adapun baja B7 yang memiliki kekuatan serupa 8.8 tetapi lebih tahan terhadap temperature tinggi.
Zinc-plated steel / besi dengan lapisan zinc adalah low carbon steel yang lebih umum dan relatif lebih murah disbanding bahan lain. Dengan lapisan zinc yang berwarna putih kebiruan atay kuning akan memberikan anti korosi ringan.
Hot-dipped galvanized steel memiliki lapisan zinc yang lebih tebal untuk memberikan perlindungan di pemakaian luar ruangan yang lebih bauik. Tekstur permukaanya biasanya kasar dan berwarna abu-abu.
Stainless Steel memberikan perlindungan korosif yang lebih baik. Cocok untuk di luar atau di daerah yang mudah mengakibatkan besi berkarat.
Chrome & Nickel plated steel memberikan tampilan yang halus dan mengkilap dengan memberikan anti korosi yang ringan.
Tembaga & Kuningan memiliki warna luar yang ditujukan untuk dekorasi. Bahan ini juga lebih mahal dibanding besi/baja. Tembaga memilki keuntungan dalam mengalirkan listrik
Nylon memberikan perlindungan terhadap beberapa zat kimia dan tidak mengalirkan listrik. Namun memiliki kekurangan di kekuatan, temperature tinggi, dan mudah terbakar.
PVC memberikan perlindungan dari korosi dan perubahan cuaca, dan dapat memadamkan api sendiri jika terbakar.
4. Perbedaan bentuk kepala dan obeng yang digunakan
5. Bagaimana jika drat di media yang akan dipasang baut sudah rusak?
Anda dapat menggunakan "Wire Thread Inserts" dan alat perkakas untuk tap. Kami merupkaan authorized reseller untuk brand WTI, kami juga menyediakan brand Recoil. Tidak hanya digunakan pada media yang rusak, Wire Thread Inserts juga dapat digunakan pada media baru, berfungsi untuk:
- Melindungi drat komponen agar tidak rusak (lebih cost effective untuk mengganti wire thread insert dibanding komponen/mesin)
- Mencegah korosi
- Mengurangi efek temperatur sekitar
- Menjaga baut agar tetap di tempat dalam getaran yang kuat









