Skip to main content

Pelumas Untuk Transmisi dan Gear


Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan dhvils mechanic dan kali ini kita akan bercerita dengan minyak pelumas yang digunakan untuk transmisi dan gearbox di Oil and Gas Industry. Dan bahasan kita tidak lepas dari minyka pelumas yang di Produksi oleh perusahaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yaitu minyak pelumas merk Pertamina.

Minyak pelumas untuk transmisi dan gearbox bermacam - macam jenisnya dan berikut ini adalah beberapa jenis minyak pelumas yang digunakan di Oil and Gas Indudtry untul transmisi dan gearbox :

1. ATF (Automatic Transmision Fluid)

PERTAMINA ATF memenuhi tingkatan mutu sebagai berikut:
• General Motor Dexron®-III H
• Ford Mercon®
• Allison C4
• Voith H 55.6335.XX (approved)


KEUNGGULAN
  • Mempunyai stabilitas friksi yang baik sehingga dapat memperhalus perpindahan gigi dan membantu mengurangi getaran pada transmisi.
  • Memberikan perlindungan pada gigi transmisi dari keausan dan korosi.
  • Memiliki stabilitas termal dan oksidasi yang baik sehingga memperpanjang masa pakai pelumas dan memberikan perlindungan yang baik terhadap pembentukan deposit dan sludge.
PENGGUNAAN
Pelumas ini dapat digunakan untuk berbagai jenis transmisi otomatis kendaraan modern. Cocok juga digunakan untuk aplikasi pada power steering dan sistem hidrolik otomotif, peralatan konstruksi dan perkebunan yang memerlukan tingkatan mutu tersebut di atas.


2. Rored 85W-140

Pelumas berkualitas premium untuk roda gigi tugas berat. Dirancang dengan menggunakan aditif yang telah teruji, sehingga dapat memberikan proteksi yang unggul dan masa pakai pelumas yang lebih lama


TINGKATAN MUTU
RORED HDA XT SAE 85W-140 memenuhi tingkatan mutu sebagai berikut:
• SAE J2360
• MIL-PRF-2105E
• API MT-1/GL-5 • Arvin Meritor
• DAF
• IVECO
• MACK GO-J
• MAN 342 M-2
• RENAULT
• Scania STO 1:0
• ZF TE ML 05A, 07A, 08, 12E, 16B, 16C, 16D, 17B,
18B, 21A

KEUNGGULAN
  • Kestabilan oksidasi dan termal yang sangat baik sehingga memberikan kinerja yang tahan lama di berbagai kondisi berkendara.
  • Melindungi roda gigi dari kerusakan akibat metal fatigue dan keausan, pada kondisi operasi dengan beban kejut dan beban kerja yang tinggi.
  • Mempertahankan kebersihan roda gigi. •Melindungi komponen dari karat dan korosi. 
  • Kompatibel terhadap seal sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran pelumas.
PENGGUNAAN
RORED HDA XT SAE 85W-140 direkomendasikan untuk aplikasi tugas ringan maupun berat, terutama untuk kondisi operasi bersuhu tinggi.

3. Rored HDA Series

Pelumas roda gigi tugas berat berkemampuan tinggi yang diformulasikan dari base oil bermutu tinggi dan aditif pilihan.

TINGKATAN MUTU
RORED HDA series memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut di bawah, untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan kerja pada setiap kekentalan, silakan hubungi perwakilan PT. Pertamina Lubricants Anda:
• API GL-5
• M8 235.0
• MIL-L-2105D
• Volvo 97310
• Voith 3.325-339
• ZF TE ML 16B, 16C, 17B, 19B, 21A
RORED HDA 90 memiliki MB-Approval 235.0.

PENGGUNAAN
RORED HDA series digunakan untuk melumasi roda gigi pada gardan dengan variasi kondisi operasi kecepatan tinggi/beban berat dan kecepatan rendah/torsi tinggi, yang memerlukan tingkat mutu yang diatas.

4. Rored EPA Series

Pelumas transmisi dan roda gigi berkualitas tinggi. from proven technology additives to provide Dirancang dengan menggunakan aditif yang telah teruji, optimum protection and durable performance. sehingga dapat memberi

TINGKATAN MUTU
RORED EPA series memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut di bawah, untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan kerja pada setiap kekentalan, silakan hubungi perwakilan PT. Pertamina Lubricants Anda :
• API GL-4
• MB 235.1
• ZF TE ML 16A, 17A, 19A

RORED EPA 90 memiliki MB-Approval 235.1 dan RORED EPA 80W memiliki approval ZF TE ML 17A.

PENGGUNAAN
RORED EPA series digunakan untuk melumasi roda gigi dengan tipe spiral bevel dan hypoid yang beroperasi pada kecepatan dan beban sedang. Pelumas ini juga dapat digunakan untuk transmisi manual dan transaxle yang memerlukan tingkatan mutu di atas.

RORED EPA series tidak direkomendasikan untuk transmisi otomatis.


5. Rored MTF SAE 80 W- 95

Pelumas transmisi manual bermutu tinggi. Dirancang dengan menggunakan aditif yang telah teruji, sehingga dapat memberikan kemampuan perpindahan gigi yang baik, proteksi yang optimal dan kinerja yang tahan lama.

TINGKATAN MUTU
RORED MTF SAE 80W-90 memenuhi tingkatan mutu  :
API GL-4.

PENGGUNAAN
RORED MTF SAE 80W-90 direkomendasikan untuk transmisi manual kendaraan Jepang.

6. Enduro MAtic Gear

Pelumas transmisi/roda gigi motor matik berkemampuan tinggi yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif pilihan.
KEUNGGULAN
  • Kestabilan oksidasi yang baik sehingga dapat memberikan kinerja yang handal dalam segala kondisi berkendara, baik kecepatan tinggi, beban tinggi, stop and go, maupun pada temperatur mesin yang tinggi.
  • Dengan formula yang seimbang dapat memberikan perlindungan dari keausan berlebih dan tetap mempertahankan kinerja transmisi yang optimal.
PENGGUNAAN
ENDURO GEAR direkomendasikan untuk melumasi transmisi/roda gigi berbagai jenis motor matik.

Demikianlah tadi sekelumit tentang minyak pelumas transmisi yang di produksikan oleh perusahaan milik Negara dan Bangsa Indonesia yang sudah memiliki kwalitas yang tidak dapat diragukan lagi. Dan banyak brand - brand  minyak pelumas yang beredar di Indoensia menegunakan base oil yang di produksikan oleh Pertamina.

JIka kita mengunakan produk dalam negri siapa lagi yang akan mengunakannya? 

Bangga dan Cinta mengunakan Produk Dalam Negri

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...