Skip to main content

Caterpillar With Gasso 5886 Reciprocating Pump

Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan dhevils mechanic  dengan tulisan - tulisannya yang tak jauh dari dunia mechanic Oil and Gas terkait sepesifikasi unit, perawatan, troubleshoot maupun soal ide - ide terkait unit dilapangan. Dan kali ini yuk kita bahas pompa gaso dengan primeover Caterpillar gas engine.

Pompa Gaso ini berfungsi sebagai pompa water injection di tempat dhevils mechanic bekerja dimana air yang ikut terproduksikan minyak dan gas di kumpulkan kemudian di olah di water injection plant supaya kandungannya sesuai dengan baku mutu yang yang disyaratkan Lembaga Lingkungan Hidup untuk di Injection kan kembali kedalam bumi melalui sumur - sumur injection. 
fungsi dari sumur injection ino salah satunya untuk menjaga pressure reservoar yang ada sehingga tekanan didalam bumi masih sellau terjaga untuk mendorong minyka dan gas keluar melalui sumur - sumur produkis yang ada.
pompa injection ini mengunakan pompa reciprocating dengan 5 plunger yang sering kita sebut pompa quint to plex. dengan merk Gaso pump model 5886 dengan sepesifikasi seperti berikut :


Pumping Capacity in Gallons Per Minute (GPM)

 

Plunger SizeArea of PlungerMax PressureGal/Rev                                                        Pump Speed (RPM)
 100150200250300350360    
                
3  1/4  in.8.29614450.898 90135180224269314323    
3  3/8  in.8.94613410.968 97145194242290339349    
3  1/2  in.9.62112471.041 104156208260312364375    
3  5/8  in.10.32111631.117 112168223279335391402    
3  3/4  in.11.04510861.195 120179239299359418430    
3  7/8  in.11.79310181.276 128191255319383447459    
4       in.12.5669551.360 136204272340408476490    

 

Horsepower:300
No. of Cylinders:5
Stroke Length:5
Max Working Pressure:1445
Rod Load Rating:12000
Minimum Plunger Size:3  1/4  in.
Maximum Plunger Size:4       in.
Minimum Speed:100
Maximum Speed:360
Suction Port:8"300# ANSI
Discharge Port:4"600# ANSI
Pump Weight:9000



Pompa Gaso ini digerakan oleh 1 unit gas engine dengan merk Caterpillar model G3306 yang tak asing lagi bagi mechanic - mechanic yang sudah melang melintang di dunia oil and gas karena memang populasi unit caterpillar ini sangat banyak sekali dan tidak di ragukan kehandalannya.

Kokoh dan tahan lama, dibuat sesuai platform G3300 standar industri dan dilengkapi teknologi yang menghadirkan kinerja, waktu kerja, dan biaya pengoperasian yang rendah untuk operasi Anda. Engine G3306B memenuhi aplikasi kompresi gas tugas kontinu yang paling sulit dengan waktu henti yang tidak terjadwal. Aplikasi ideal untuk engine G3306B meliputi pengangkat gas, pengumpul gas, dan kompresi gas mulut sumur. Engine gas G3306B Cat. Peringkat: 108-157 bkW (145-211 bhp) @ 1800 rpm sesuai lokasi NSPS dengan kontrol rasio udara-bahan bakar dan aftertreatment Caterpillar atau yang disediakan pengguna.

Daya Minimum
108 kW
Daya Maksimum
157 kW
Frekuensi
1800 rpm
Konfigurasi Engine
Engine - Kontinu


Standard Equipment
Peringkat Minimum 108 bkW
Peringkat Maksimum 157 bkW
Emisi NSPS 2010
Kapasitas Silinder 10.5 l
Rasio Kompresi 10,5:1
Aspirasi Aspirasi Normal atau dengan Turbocharger-Aftercooler
Rotasi dari Ujung Flywheel Berlawanan arah jarum jam
Flywheel dan Rumah Flywheel SAE No. 1
Gigi Flywheel 156
Bobot (kering) 1111 kg
Interval Penggantian Oli 750 jam
Pengapian, Perlindungan ADEM A4
Kontrol Rasio Udara/Bahan Bakar ADEM A4
Langkah 152 mm
Lubang 121 mm

Demikianlah tadi sekilas ulasan tentang pompa gaso model 5886 dengan prime over Caterpillar G3306 di tempat dhevils mechanic bekerja, semoga dapat bermanfaat menambah wawasan kita terkait dunia mechanic oil and Gas Industry

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...