Skip to main content

Sejarah Dorman Engine (Engine Yang Jarang Sekali Di Indoensia)


hallo teman - teman dhevils mecahnic ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunia mechanic di Oil and gas industry terkait brand - brand yang pernah dhevils mechanic maintenance maupun terkait troubleshootnya. dan kali ini kita membahas  sejarah engine dengan merk doorman  yang dulu di tempat dhevils mechanic hanya 1 unit adanya itupun sebagi pompa minyak cadangan

W.H. Dorman & Co adalah perusahaan yang dibentuk oleh William Henry Dorman pada tahun 1870 membuat alat pemotong untuk industri alas kaki. Ini diversifikasi ke alat lain termasuk penggiling, dan pada tahun 1903 menjadi mesin pembakaran internal. Ini menjadi produk utamanya hingga diambil alih oleh Perusahaan Listrik Inggris pada tahun 1961, meskipun nama Dorman berlanjut sebagai merek dagang mesin diesel hingga tahun 1995 (dari tahun 1968 di bawah kepemilikan General Electric Company plc, dan kemudian oleh Broadcrown Ltd). William Henry Dorman pensiun pada tahun 1911, dan meninggal pada tahun 1926.

Mesin Dorman 1919
Asal-usul awal W.H. Dorman & Co didokumentasikan dalam buklet keseratus, menandai sejarah Dorman dari tahun 1870 hingga 1970. Ini dibagikan kepada semua karyawan dan pengunjung Dorman Diesels. Ekstrak dari buklet seratus tahun telah direproduksi di situs web Dorman Association.[1]


Saat pertama kali didirikan, perusahaan ini membuat pisau pemotong sol dan tumit untuk industri alas kaki lokal. Dalam beberapa tahun ini diversifikasi ke berbagai mesin untuk industri, serta pabrik pendingin pertama untuk pasar daging Smithfield di London. Sekitar tahun 1897 bagian dari bisnis yang dikhususkan untuk industri alas kaki dijual kepada British United Shoe Machinery Co, dan bisnis tersebut mengarahkan usahanya lebih ke mesin percetakan, penggilingan, dan pakaian rajut. Namun, pada tahun 1903 mereka membuat mesin bensin pembakaran internal pertama dan mesin parafin bensin, dan secara bertahap pembuatan mesin menjadi bisnis utama mereka. Namun, William Henry Dorman adalah seorang penemu yang produktif dan antara tahun 1894 dan 1914 ada 72 paten atas namanya, banyak yang terkait dengan mekanisasi pembuatan alas kaki, tetapi juga pada beragam topik seperti alat perapi pakaian, motor penggerak empat roda. mobil, dan metode untuk memisahkan krim dari susu. Selain mesin yang kemudian mendominasi bisnis, banyak produk lain yang dibuat, banyak di antaranya adalah peralatan untuk industri manufaktur.

Catatan pabrik tentang produksi mesin ada dari tahun 1913, [2] dimulai dengan nomor mesin 701, namun informasi tentang mesin yang diproduksi dari tahun 1903 hingga 1912 tidak ada. Laporan pers pada tahun 1912 menyatakan bahwa Dorman telah memproduksi mesin untuk 3 produsen mobil terkenal yang berbeda, dan bahwa setelah mereka membeli Redbridge Aero Works of Southampton, mereka baru saja masuk ke pembuatan mesin aero dengan mesin V8 60 -80hp dirancang oleh Mr W.L. Adam.[3] Salah satu mesin ini dikirim ke Brooklands untuk diuji dalam biplan Percival pada Juli 1912, [4] dan laporan singkat menyatakan bahwa itu diterbangkan pada Agustus 1912.[5]
Asosiasi Dorman menunjukkan bahwa dari tahun 1913 mesin JJ dan JO tersedia dalam bentuk 2 silinder atau 4 silinder, masing-masing dengan lubang 110 mm yang sama dan langkah 140 mm dan dengan 8 bhp per silinder. Diketahui bahwa mesin Dorman 4 silinder dipasang ke truk Pagefield yang dibuat oleh Walker Brothers dari Wigan pada tahun 1913 dengan spesifikasi Departemen Perang. Pada bulan November 1913 Dorman mengiklankan bahwa mesin 4 silinder mereka dianugerahi "Sertifikat Khusus dalam Uji Coba Subsidi Kantor Perang". Iklan yang sama ini mencantumkan motor berpendingin air 2 silinder dengan lubang 80 mm dan langkah 108 mm, dan iklan lain dari bulan Maret dan April 1914 menunjukkan mesin lain tersedia.[7] Sebuah mesin Dorman bertenaga truk Caledon 1915-1919.




Dorman Engineering Co of Northampton terkadang bingung dengan W.H. Dorman & Co. Mitra utama di sana adalah Thomas Phipps Dorman (putra Mark Dorman), dan produk utama adalah mesin jahit Dorman, meskipun mereka mulai membuat mesin dan membuat sepeda motor Whirlwind selama beberapa tahun sebelum gagal pada tahun 1903. 9] Peralatan manufaktur motor, yang masih relatif baru, dilelang lengkap dengan 10 mesin bertenaga 2 hingga 3 hp pada Maret 1903.[10] Ini bertepatan dengan dimulainya pembuatan mesin di W.H. Dorman, tetapi belum ada hubungan komersial atau keluarga yang diidentifikasi antara kedua perusahaan.
Demikianlah cerita sedikit dari doorman engine yang mungkin sudah langka keberadaannya di Indoesia, semoga dapat menambah wawasan kita terkait engine merk ini,

*) diambil  dan dirangkum dari berbagai sumber










Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...