Skip to main content

Kerja Di Offshore Platform ( bagian 3)

Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunia mechanic oil and gas, entah itu spesifikasi dari unit equipment yang ada di oil and gas, entah itu tentang troubleshooting peralatan di oil and gas atau tentang kehidupan sehari - hari sebagai mechanic oil and gas. Dan kali ini dhevils mechanic ingin mengkisahkan pengalaman waktu bekerja di offshore platform melanjutkan kisah yang pernah dhevils mechanic tulis di episode sebelumnya.
Kerja di offshore platform memang banyak sekali tantangan dan persyaratannya, untuk mulai masuk saja kita harus mempunyai izin untuk bekerja disana yang seminggu sebelumnya sudah di ketahui oleh Korlap platform guna menghitung POB yang ada di platform,  mempunyai siml yang dikeluarkan oleh team hsse, mempunyai sertificate sea survival, dan tentau mempunyai job pekerjaan yang membolehkan kita tinggal disana.
Untuk pekerja reguler yang memang penempatan disana hal tersebuit sudah menjadi keseharusan, kita kumpul dahulu di basecamp offshore, disana semua dicheck dari kesehatan kita, tensi kita harus dibawah 140/80, tidak mempunyai penyakit yang membahayakan dan dapat kumat / kambuh  sewaktu - waktu. Setelah secara kesehatan lolos baru kita boleh di berangkatkan ke offshore platform.

Jadwal berangkat ke offshore platform pada saat situasi normal / sebelum heboh covid 19 ini setiap minggu ada jadwal keberangkatan kapal, serta membawa kebutuhan makanan di offshore platform, tetapi setelah masa pandemi ini jadfwal dirubah 3 minggu sekali jadwal keberangkatan kapal dari darat ke offshore platform.

Setelah data POB lengkap dialkuan hsse induction yang setiap berangkat selalu diingatkan alarm - alarm yang terjadi, bagaimana proses penyelamatan jik aterjadi hal - hal yang diinginkan supaya kita selalu award terhadap lingkungan kerja kita. baru dari basecamp/mess dibernagkatkan ke pelabuhan dengan satle bus, menuju tempat bersandarnya crewboat. dan sesuai jadwal kebernagkatan sudah mempunyai izin berlayar oleh syah bandar baru berangkat ke offshore platform.

Untuk membawa kebutuhan bahan bakar, kebutuhan air maupunmembawa peralatan yang besar disediakan kapal yang lebih besar dengan sebutan AHT, sehingga membawa barang - barang yang berbahaya tidak dijadikan satu dengan kapal penumpang crew.

Perjalanan dari pelabuhan ke offshore platform tempat dhevils mechanic bekerja jika cuaca bagus, ombak dan arus mendukung sekitar 3,5 jam, tetapi jika sedang cuaca kurang bersahabat yaitu musim baratan atau timuran bisa menjadi 4 sd 5 jam perjalanan tergantung kelihaian nahkoda membawa laju kapal.

Sesampai di offshore platform kita harus mengisi data ondusty dan menunggu Pmbagian kamar dimana kita musti tidur/atau istirahat, Di nomor kapal penyelamat mana nanti kita harus menuju jika terjadi hal - hal yang diinginkan. dimana letak workpest emergency. dan Hsse induction kembali bagi yang baru naik di offshore.  Untuk pekerja reguler sudah ada kamar masing - masing.

Untuk kebutuhan makan dan minum disediakan ruangan khusus (dinning room) dimana disana tempat berkumpul dan bercengkrama sesama penghuni / pekerja yang ada di offshore platform. ada ruangan khusus bagi penikmat rokok yang berbeda dengan ruangan makan ini.

Kadang ada acara - acara khusu yang dilakukan di offshore platform untuk memeriahkan hari - hari tertentu dan untuk membangun kebersamaan, karena di offshore platform suasana alamnya tida ramah sehingga mudah menyulut emosi sesama pekerja.

Kegiatan Ibadah disediakn musola di lantai atas, dibawah helly pad. dan dapat juga digunakan untuk kegiatan jumátan bagi penghuni offshore platform, buku - buku keagamaan juga terdeia di rak penyimpanan buku di musholla.

Untuk yang suka olah raga juga disediakn perlatan GYM di lantai samping musola sehingga selain bekerja kita juga dapat menjaga kesehatan tubung dengan angkat beban, bersepeda, lari dengan treadmill dan lain - lain.

demikianlah beberapa tempat atau legiuatan para pekerja offshore semoga dapat membantu membuka wawasan klita terkait apasaja sich di offshore platform? jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait bekerja di offshore platform tulis dikolom komentar yaa.. supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi

)* foto koleksi dhevils mechanic

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...