Skip to main content

Hati - Hati Dalam Memilih Oil Filter

Hallo Teman - Teman semuanya, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic ya.. yang tak jauh membahas dunia mechanic oil and gas industry. cerita pengalaman saat troubleshoot dilapangan atau ide - ide kreative tentang penyeleseian jika ada problem di lapangan. Dan kali ini yuk bahas Oil Filter atau Lube Oil Filter. Oil Filter adalah adalah komponen / alat yang dirancang untuk menghilangkan kontaminan dari oli mesin, oli transmisi, pelumas, atau oli hidrolik. Penggunaan utamanya adalah pada mesin pembakaran internal untuk kendaraan bermotor (baik on-road maupun off-road), pesawat bertenaga, lokomotif kereta api, kapal dan perahu, peralatan berat seperti buldoser, exavator, greder dan lain - lain, mesin statis seperti generator, kompressor dan pompa. dan lain sebagainya yang membutuhkan lube oil atau pelumas /lube oil. Ada beberapa jenis filter atau saringan oli yang perlu kamu tahu, di antaranya: 1. Cartridge filter Jenis filter oli ini menggunakan elemen yang bisa dilepas dari rumah saringan atau filter. yang terhubung dengan sistem oli. Salah satu kemudahan cartridge filter ini adalah bisa dibersihkan untuk diganti dengan cara melepasnya terlebih dahulu. Filter oli cartridge ini juga terbagi atas tiga jenis material, di antaranya: – Filter selulosa, berbahan dasar bubuk kayu yang dikombiasikan dengan fiber. Dari segi harga pun cenderung ekonomis dan dapat menyerap kandungan air di dalam oli. Sayangnya, tipe ini memiliki durabilitas yang rendah.– Filter sintetik, terbuat dari fiber glass dan biasanya dibuat manual. Fungsi saringan oli ini bekerja secara konstan dan cenderung memiliki durabilitas yang lama, serta mampu menahan kotoran ukuran kecil. – Filter kombinasi sintetik dan selulosa, saringan oli ini memiliki fungsi kombinasi keduanya. Dengan begitu, menghasilkan metode penyaringan yang lebih optimal. 2. Filter magnetis Saringan oli ini menggunakan komponen magnet permanen maupun elektromagnetik yang memiliki kegunaan untuk menangkap kotoran-kotoran logam ferromagnetic yang masuk ke dalam oli. Perawatan filter ini cukup sederhana, yaitu dengan membersihkan permukaan magnet filter yang telah menjangkau kotoran logam. 3. Filter sentrifugal Filter oli ini bekerja dengan memisahkan oli dengan kotoran di dalamnya. Oli kotor dimasukkan pada pipa yang berada di tengah filter, sementara pipa kecil berputar pada ujung lubang nozzle. Kemudian, oli disemprotkan ke dinding filter yang berputar, sehingga kotoran menempel pada dinding filter dan oli bersih yang sudah tersaring akan kembali ke bagian bawah filter untuk didistribusikan ke mesinHati - hati dalam pengunaan Lube Oil filter, jangan melihat fisiknya saja, tetapi lihat speck nya secara menyeluruh. Menurut Arah Alirannya Oil Filter dibagi menjadi 2 jenis yaitu : Pernah kejadian dimana oil filter yang kita pasang hanya melihat diameter oring dan dratnya saja, tetapi pas di operasikan unit selalu trip karena low pressure oil bearing, usut punya usut teryata lobang -nya berbeda ukuran sehingga flow nya akan lebih kecil yang berdampak lebih kecil pula pressure nya.Untung unit masih ada sensor - sensor nya, sehingga unit dapat trip karena tidak sesuai denga parameter yang di izinkan manifacture. Jika tidak ada sensor ya wasalam, unit bisa ambrol, bearing2 lengket dan kejadian - kejadian lain yang tidak di inginkan. Maka berhati - hatilah dalam pemilihan dan pengunaan lube oil filter, jangan hanya melihat sepintas sama, harga murah, yang nanti jika kejadian unit rusak bisa banyak anggaran yang keliar untuk memperbaikinya..Semoga bermanfaat.#dhevilsmechanic http://dlvr.it/SS9Y2d
http://dlvr.it/SSB5mW

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...