Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunia mechanic di Oil and Gas Industry. Dan di tulisan - tulisan dhevils mechanic menceritakan pengalaman kerja dhevils mechanic saat bekerja maupun ide - ide dalam menyeleseikan permasalahan yang ada di tempat pekerjaan yang mungkin saja dapat bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan ide dan inspirasi dalam menulis atau menyeleseikan permesalahan pekerjaan di tempat teman - teman dhevils mechanic dalam bekerja.
Baca juga :
Dan kali ini dhevils mechanic inginmembahas troubleshoot pada air compressor dengan merk Ingersollrand dan memiliki model SH250 dimana air compressor ini diferakan oleh elmot yang berternaga 250KW dengan Low voltage yaitu 380Volt.
Air compressor ini bermodel screw dengan 2 stage dimana dari intake filter masuk ke screw LP 1st stage kemudian masuk ke intercooler dan masuk kembali ke screw HP 2sd stage kemudian udara yang sudsh di kompresi oleh screw no2 dimasukan ke after cooler baru masuk ke vesel utilities tank. qapaitas dari air compressor ini 750liter/detik dengan tekanan 150psi atau sekitar 10 Bar.
Sebelum lebih jauh mengenal alarm 6OPT ini yuk kita mengenal alarm - alarm yang ada di screw air compressor ini Yang sudah dhevils mechanic sharing di : Alarm - alarm yang ada pada Air Compressor Ingersollrand SH 250 dan mari kita review sedikit terkait hal tersebut.
Sensor failure 1AVPT ini menunjukan kegagalan pada inlet Vacum Air compressor
Sensor failure 2APT ini menunjukan kegagalan atau pengukuran pada 2nd stage inlet pressure posisi setelah discharger 1st stage dan sebelum inter cooler air compressor
Sensor failure 3APT ini menunjukan kegagalan di 2nd stage discharger pressure air compressor
Sensor failure 4 APT ini menunjukan kegagalan di Package discharger pressure dari air compressor itu sendiri
Sensor failure 6 OPT ini menunjukan kegagalan di bearing Oil pressure
Sensor Failure 2ATT ini menunjukan kegagalan 1st stage discharger Temperature
Sensor failurre 4 ATT ini menunjukan kegagalan di 2nd stage Discharger temperature
Sensor failure 5 OTT ini menunjukan kegagalan di bearing oil temperature
Dari kegagalan sensor yang sudah disampaikan diatas problem saat ini yang terjadi pada unit aircomprerssor ingersollrand SH-250 adalah munculnya alarm 6 OPT yang menyebabkan unit shutdown dan unit tidak dapat beroperasi dengan normal. hal ini membuat kalang kabut , karena memang air kompressor ini berfungsi sangat vital sekali didalam plant. Selain sebagai pensuplay udara bertekanan untuk starting gas turbine generator juga berfungsi sebagai pensuplay udra bertekanan untuk peraltan instrumentasi atau control instriment di plantsehingga jika tidak segera diatasi akan berdampak pada shutdown plant.
Kejadiannya adalah setelah unit di lakukan PM rutin setiap 4000 jam pengantian air filter, lube oil, pengantioan lube filter oil, cleaning intercooler, cleaning bug screen, setelah dilakuakn start up malah muncul alarm 6 OPT, hal ini membinggungkan team mechanic dan operation dilapangan, apalagi melihat indicator pressure gauge receiver tank terus menurun. dan di DCS mulai muncu alarm low pressure.
Pilihan pertama adalah setting pressure regulator dari lube oil pump yang menuju ke oil cooler supaya pressure dapat naik ke 40 sd 50 psi tetapi setealh di running hanya sesaat bertahan berikutnya turun ke 36 psi dan akan shutdown unit di 34 psi.
Akhirnya kita coba ganti lube oil filter yang baru lagi dan setelah kita coba hal yang sama muncul lagi, sehingga menjadi permasalahan yang berulang. dan iseng kita coba bandingkan oil filter bawaan unit dengan oil filter yang baru datang, dan teryata oh teryata lobang oil filternya berbeda ukuran walau lobang drat di oil filternya sama.
Kemudian kita coba bersihkan oil filter bawaan unit dan kita pasang kembali dan coba kita start unit dapat beroperasi dengan normal. dapat off / unload di pressure outlet 140psi dan start / load kembali di pressure 132 Psi. Dan untuk pressure oil dapat bertahan saat load di 42psi dan unload di 43psi. untuk temperature minyak peluamsnyajuga stabil tidak ada fluktuasi yang ubnormal.
Jadi dapat disimpulkan hati - hati dalam memilih lube oil filter, jangan asal ukuran drat lobang tengahnya sesuai tetapi juga perlu diperhatikan juga lobang - lobang yang disisi pinggir juga sesuai. karena jika tidak sesuai atau kekecilan flow minyak pelumas yang dibutuhkan unit akan berkurang dan hak ini akan menyebabkan alarm disisi hilirnya.
Sebaiknya mengunakan Oil filter yang original bawaan unit karena sudah sesuai dengan spesifikasi dari unit itu sendiri, jika terpaksa mengunakan lube oil filter after market gunakanlah yang sesuai spesifikasi dan secara visual sama.
Demikianlah kisah terkait Alarm 6 OPT yang muncul di air compressor ingersollrand SH 250 yang ada di plant kami, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita akan kehidupan mechanic di oil nad gas industry, jika kalian mempunyai pengalaman atau pertanyaan terkait hal diatas silahkan tulis dikolom komentar yaa, supaya ilmu dan pengalaman kita dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan dan menjadi ladang amal jariah kita dikemudian hari karena ilmu dan pengalaman kita bermanfafat bagi orang lain.
#dhevilsmechanic
#DwieSangDhevilsMechanic
