Skip to main content

Ini Penyebab Trouble Ingersollrand Air Compressor SH250 Indikasi Alarm 6 OPT

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunia mechanic di Oil and Gas Industry. Dan di tulisan - tulisan dhevils mechanic menceritakan pengalaman kerja dhevils mechanic saat bekerja maupun ide - ide dalam menyeleseikan permasalahan yang ada di tempat pekerjaan yang mungkin saja dapat bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan ide dan inspirasi dalam menulis atau menyeleseikan permesalahan pekerjaan di tempat teman - teman dhevils mechanic dalam bekerja.

Baca juga :




Dan kali ini dhevils mechanic inginmembahas troubleshoot pada air compressor dengan merk Ingersollrand dan memiliki model SH250 dimana air compressor ini diferakan oleh elmot yang berternaga 250KW dengan Low voltage yaitu 380Volt.

Air compressor ini bermodel screw dengan 2 stage dimana dari intake filter masuk ke screw LP 1st stage kemudian masuk ke intercooler dan masuk kembali ke screw HP 2sd stage kemudian udara yang sudsh di kompresi oleh screw no2 dimasukan ke after cooler baru masuk ke vesel utilities tank. qapaitas dari air compressor ini 750liter/detik dengan tekanan 150psi atau sekitar 10 Bar.

Sebelum lebih jauh mengenal alarm 6OPT ini yuk kita mengenal alarm - alarm yang ada di screw air compressor ini  Yang sudah dhevils mechanic sharing di : Alarm - alarm yang ada pada Air Compressor Ingersollrand SH 250 dan mari kita review sedikit terkait hal tersebut. 

Sensor failure 1AVPT ini menunjukan kegagalan pada inlet Vacum Air compressor
Sensor failure 2APT ini menunjukan kegagalan atau pengukuran pada 2nd stage inlet pressure posisi setelah discharger 1st stage dan sebelum inter cooler air compressor
Sensor failure 3APT ini menunjukan kegagalan di 2nd stage discharger pressure air compressor
Sensor failure 4 APT ini menunjukan kegagalan di Package discharger pressure dari air compressor itu sendiri
Sensor failure 6 OPT ini menunjukan kegagalan di bearing Oil pressure 
Sensor Failure 2ATT ini menunjukan kegagalan 1st stage discharger Temperature
Sensor failurre 4 ATT ini menunjukan kegagalan di 2nd stage Discharger temperature 
Sensor failure 5 OTT ini menunjukan kegagalan di bearing oil temperature

Dari kegagalan sensor  yang sudah disampaikan diatas problem saat ini yang terjadi pada unit aircomprerssor ingersollrand SH-250 adalah munculnya alarm 6 OPT yang menyebabkan unit shutdown dan unit tidak dapat beroperasi dengan normal.  hal ini membuat kalang kabut , karena memang air kompressor ini berfungsi sangat vital sekali didalam plant. Selain sebagai pensuplay udara bertekanan untuk starting gas turbine generator juga  berfungsi sebagai pensuplay udra bertekanan untuk peraltan instrumentasi atau control instriment di plantsehingga jika tidak segera diatasi akan berdampak pada shutdown plant.
Kejadiannya adalah setelah unit di lakukan PM rutin setiap 4000 jam pengantian air filter, lube oil, pengantioan lube filter oil, cleaning intercooler, cleaning bug screen, setelah dilakuakn start up malah muncul alarm 6 OPT, hal ini membinggungkan team mechanic dan operation dilapangan, apalagi melihat  indicator pressure gauge receiver tank terus menurun. dan di DCS mulai muncu alarm low pressure.
Pilihan pertama adalah setting pressure regulator dari lube oil pump yang menuju ke oil cooler supaya pressure dapat naik ke  40 sd 50 psi tetapi setealh di running hanya sesaat bertahan berikutnya turun ke 36 psi dan akan shutdown unit di 34 psi.

Akhirnya kita coba ganti lube oil filter yang baru lagi dan setelah kita coba hal yang sama muncul lagi, sehingga menjadi permasalahan yang berulang.  dan iseng kita coba bandingkan oil filter bawaan unit dengan oil filter yang baru datang, dan teryata oh teryata lobang oil filternya berbeda ukuran walau lobang drat di oil filternya sama.
Kemudian kita coba bersihkan oil filter bawaan unit dan kita pasang kembali dan coba kita start unit dapat beroperasi dengan normal. dapat off / unload di pressure outlet 140psi dan start / load kembali di pressure 132 Psi. Dan untuk pressure oil dapat bertahan saat load di 42psi dan unload di 43psi. untuk temperature minyak peluamsnyajuga stabil tidak ada fluktuasi yang ubnormal.

Jadi dapat disimpulkan hati - hati dalam memilih lube oil filter, jangan asal ukuran drat lobang tengahnya sesuai tetapi juga perlu diperhatikan juga lobang - lobang yang disisi pinggir juga sesuai. karena jika tidak sesuai atau kekecilan flow minyak pelumas yang dibutuhkan unit akan berkurang dan hak ini akan menyebabkan alarm disisi hilirnya.
Sebaiknya mengunakan Oil filter yang original bawaan unit karena sudah sesuai dengan spesifikasi dari unit itu sendiri, jika terpaksa mengunakan lube oil filter after market gunakanlah yang sesuai spesifikasi dan secara visual sama.
Demikianlah kisah terkait Alarm 6 OPT yang muncul  di air compressor ingersollrand SH 250 yang ada di plant kami, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita akan kehidupan mechanic di oil nad gas industry, jika kalian mempunyai pengalaman atau pertanyaan terkait hal diatas silahkan tulis dikolom  komentar yaa, supaya ilmu dan pengalaman kita dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan dan menjadi ladang amal jariah kita dikemudian hari karena ilmu dan pengalaman kita bermanfafat bagi orang lain.

#dhevilsmechanic
#DwieSangDhevilsMechanic

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...