Unit air compressor dengan merk ingersollrand banyak sekali type dan modelnya, tergantung dari peruntukan dan biaya investasi yang dimiliki sebuah perushaan, ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari kegunaan di plant tersebut. ada yang model reciprocating dan ada yang model screw. Ada yang model ternedam minyak ada yang model oiless.
baca juga :
Dipembahasan kali ini kita batasi ya ke merk ingersollrand type screw air compressor dengan model SH250 yang biasa disebut keluarga Siera Air Compressor. Kenapa kita batasi hal tersbut karena memang model tersebut yang ada di tempat dhevils mechanic bekerja kali ini. dan beberapa kali mengali permaslahan terkait kompressor ini.
Air Compressor Ingersollrand model SH250 ini digunakan untuk mensuplay kebutuhan udara bertekanan start up gas turbine generator, udara beretekanan kebutuhan pembutan nitrogen package, kebutuhan udara bertekanan peralatan instrument di plant dan kebutuhan udara bertekanan untuk kebutuhan maintenance. sehingga unit air compressor ini running 24 jam nonstop.
Sebelum lebih jauh kita membahas terkait alarm yang sering muncul atau membuat unit air compressor SH250 ini breakdown sebaiknya kita pahami dulu jalur udara maupun minyak pelumas yang ada di Ingerssolrand screw air compresor ini. untuk jalur udara dimulai dari Air filter lanjut ke LP Screw compressor, masuk ke Intercooler kemudian masuk ke HP Element Compressor atau sebutannya Screw TK2 kemudian ke Aftercooler dan lanjut ke drying dan keluar ke proses berikutnya diluar dari air compressor package
Dan Mari kita bahas satu persatu Sensor Alarm yang ada pada unit air compressor ingersollrand dengan model SH250 ini :
1AVPT : Inlet Vacum
Ini adalah sensor vacum pressure yang dipasang setelah air intake filter dan Screw Stage I atau biasa disebut dengan LP Element Air Compressor settingan untuk intake vacum ini 0 sd -15 psi jika dibawah dari vacum itu unit perlu cleaning dan pengantian intake air filter dan sebagai catatan disini gunkan material yang genuin yaa klo pakai part after market gunakan yang sama speck dan ukurannya.
2APT : 1St Stake Discharge Pressure Transmitter
sensor ini berada pada discarger stage 1 atau keluaran dari screw LP element sebelum masuk ke intercooler dari air compressor
3APT : 2nd Stage Discharger Pressure Transmitter
Sensor ini mengukur pressure atau tekanan keluaran dari HP element atau screw tingkat 2 dimana sensor ini berada pada elbow sebelum masuk ke after cooler dari air compressor
4 APT : Package Discharger Pressure Transmitter
sensor ini berada di output dari unit air compressor dimana mengukur pressure yang dikeluarkan oleh air kompressor untuk masuk ke receiver tank atau ke system berikutnya
6 OPT : Bearing oil Pressure Transmitter
Sensor ini berada pada output oil filter dimana dari oil filter minyak pelumasu masuk ke bearing - beraing yang ada di LP element (1st stage) dan ke HP element (2nd stage)
2ATT : 1 st Stage Discahger Temperature Transmitter
Sensor ini berada di ouput dari 1st stage air compressor atau juga disebut dengan LP Element Screw dimana selain pressure yang di ukur juga temperature yang di ukur
4ATT : 2nd Stage Duscharger Temperature Transmitter
Sperti halnya 1st stage pasang sensor temperature di 2nd stage juga dipasang sensor dengan kode 4 ATT dimana berfungsi mengukur temperature udara terkompressi sebelum masuk ke After cooler.
Baca juga :
5OTT : Baering Oil Temperature Transmitter
Sperti halnya 6OTT dsensor ini berada setelah oil filter dari air compressor dimana selain pressure yang diukur juga temperaturenyanya, jika temperature melebih yang di standardkan maka minyak pelumas mengalir ke Oil cooler untuk didinginkan oleh fan yang tersedia.
Shutdown yang terjadi pada unit air compressor ini tidak serta merta karena kerusakan bacaan sensor - sensor tersebut di luar dari settingan PLC juga disebabkan oleh kerusakan sensor maupun cable - cable yang mengubungkan dari sensor ke system PLC dari Air compressor.
Hal ini tidak beda jauh dengan Alarm - alarm yang ada di screw compressor model yang lain maupun merk yang lain cuma biasanya beda istilahnya tetapi yang di kontrol hampir sama, dan kalian dapat menyeseuiakan dengan unit yang ada di tempat kalian bekerja
Demikianlah tadi sekelumit cerita terkiat alarm yang ada pada air compressor merk ingersollrand dengan model SH250. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait dunia mechanic Oil and Gas Industry.



