Skip to main content

Pemasangan Engine Generator caterpilar Cat G3412NA

Hallo teman - teman ketemu lagi dengan dhevils mechanic yang pasti tulisan - tulisan dhevils mechanic ini tak jauh membahas dunia mechanic oil and gas industry dimana sering dhevils tulis terkaut speck suatu equipment, troubleshot serta ide - ide creative dari dhevils mechanic dalam memecahkan masalah yang ada dilapangan. Dan kali ini yuk kita membahas pekerjaan dehevils mechanic dalam memasang engine cat g3412NA di tempat dhevils mechanic bekerja
Ceritanya begini, di tempat dhevils mechanic bekerja ada suatu plant di tengah hutan blora tepatnya di hutan semangi dimana SP semangi ini mengunakan pompa dan genset rental dan sudah berjalan hampir 3 tahun lamanya. Setelah dhevils mechanic di pindah pekerjaannya dari offshore ke field Cepu, disini dhevils mechanic mulai inventarisir unit - unit yang ada dan permasalahan yang ada. Dimana salah satu permasalahannya adalah mengunakan pompa dan power sewa dari pihak ke 3. Bukannya dhevils mechanic alergy dengan pihak ke 3 yaa, tetapi disini ada peluang untuk di optimlakan unit yang ada.


Dari inventarisir unit yanga ada, dimana ada 1 unit yang jarang digunakan karena unit dalam kondisi rusak, dan disitulah dhevils mechanic mulai check kondisi kerusakannya apakah masih dapat diperbaiki atau memang kondisinya sudah parah. dan teryata menurut dhevils mechanic kondisinya masih dapat diperbaiki hanya butuih sedikit modifikasi dan biaya perbaikan.


Mulailah dhevils mechanic perbaiki dimana unit ini tidak mengeluarkan voktase pada generator dan sedikit bermasalah pada system starting engine. Hal ini sangat mudah untuk di perbaiki. kita check dinamo starter dan mmebutuhkan pembersihan dan perbaikan sedikit pada brush dan bearing dari dinamo starter, dan untuk generator setelah kita check ada cable yang putus pada jaliur exiter nya. dan teryata hanya sepele kerusakannya tetapi unit sampai terbengkalai lama.
Setelah unit ready baru kita kirim ke lapangan SP Semangi dan kita instal ke rumah genset yang ada. baru kita kita instal fuels systemnya dimana ada scrubber, pressure regulator dan shutoffvalve . dan berikut ini adalah speck dari Cat G3412 NA

CAT® ENGINE SPECIFICATIONS 
V-12, 4-Stroke-Cycle 
Bore . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 137 mm (5.4 in.) 
Stroke . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 152 mm (6 in.) 
Displacement . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 27 L (1649 cu. in.) 
Aspiration . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Turbocharged for ATAAC 
Governor and Protection. . . . . . . . . . . . . . . Woodward PSG 
Combustion . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Rich Burn Engine 
Weight, net dry (approx). . . . . . 2141 kg (4720 lb) 
Power Density . . . . . . . . . . . . . . . . 4.79 kg/kW (7.86 lb/bhp) 
Power per Displacement. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 22.20 bhp/L 
Engine Only Cooling System Capacity . . . 75.7 L (20 gal) 
Lube Oil System (refill) . . . . . . . . . . . . . . . . 170.3 L (45 gal) 
Oil Change Interval . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 750 hours 
Rotation (from flywheel end) . . . . . . . . . Counterclockwise 
Flywheel and Flywheel Housing . . . . . . . . . . . . . SAE No. 0 
Flywheel Teeth . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 136
FEATURES 
Engine Design - Improved reliability and durability - Ability to burn a wide spectrum of gaseous fuels - Robust diesel strength design prolongs life and lowers owning and operating costs - Broad operating speed range Full Range of Attachments Large variety of factory-installed engine attachments reduces packaging time Testing Every engine is full-load tested to ensure proper engine performance. Gas Engine Rating Pro GERP is a PC-based program designed to provide site performance capabilities for Cat® natural gas engines for the gas compression industry. GERP provides engine data for your site’s altitude, ambient temperature, fuel, engine coolant heat rejection, performance data, installation drawings, spec sheets, and pump curves.

Air Inlet System Air cleaner — single element with service indicator 

Control System Governor — Woodward PSG mechanical Governor control — positive locking 

Cooling System Thermostats and housing Jacket water pump Aftercooler water pump Aftercooler core Exhaust System Watercooled exhaust manifolds Dry exhaust elbow 

Flywheel & Flywheel Housing SAE No. 0 flywheel SAE No. 0 flywheel housing SAE standard rotation 

Fuel System Gas pressure regulator Natural gas carburetor 

Ignition System Digital ignition system Instrumentation Service meter 

Lube System Crankcase breather — top mounted Oil cooler Oil filter — RH Auxiliary oil reservoir Rear sump oil pan Oil filler in valve cover and dipstick — RH Mounting System 

Engine supports Protection System Shutoff General Paint — Cat yellow Crankshaft vibration damper and drive pulleys Lifting eyes 

STANDARD EQUIPMENT 

Air Inlet System Air cleaner Air inlet adapter Precleaner Air cleaner rain cap 

Charging System Battery chargers Charging alternators Ammeter gauge Ammeter gauge and wiring Control mounting 

Control System EG3P/2301A speed control governor PSG electric governor PSG pneumatic governor 

Cooling System Radiators Blower fan and fan drives for customer supplied radiators ATAAC conversion 

Aftercooler Expansion tank Heat exchanger Exhaust System Flexible fittings Elbows Flanges Rain caps 

Mufflers Fuel System Dual gas regulator Low energy fuel carburetor Low pressure gas conversion Propane and natural gas valve and jet kits Fuel filter 

Ignition System CSA ignition Ignition ground wiring harness Power supply — digital ignition system 

Instrumentation Alarm module Gauges and instrument panels 

Lube System Auxiliary oil reservoir removal Lubricating oil Mounting System Vibration isolators 

Power Take-Offs Auxiliary drive pulleys Enclosed clutch 

Clutch support Front stub shaft Flywheel stub shaft Pulley removal 

Protection System Gas valves Status control box interconnect wiring harness 

Starting System Air starting motor Electric air start control Air pressure regulator Air silencer Electric starting motors — single 24-volt Starting aids Battery sets (24-volt dry), cables, and rack 

General Tool set Digital diagnostic tool 

OPTIONAL EQUIPMENT

Demikianlah sekelumit cerita terkait Cat G3412NA yang ada di temoat dhevils mechanic bekerja

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...