Skip to main content

Perbaikan Elmot Pompa High Temperature

Hallo teman - teman ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic  yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia oil and gas industry entah itu cerita terkait unit - unit yang sering digunakan, entah ituy cerita terkait isu - isu terbaru di dunia oil and gas hingga terkait troubleshot serta ide - ide kreative dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan di lapangan. dan kali ini yuk cerita kerjaan perbaikan elmot dari pompa yang ada di tempat dhevils mechanic bekerja. dan untuk elmot ini ukurannya termasuk kecil yaa...

Baca juga :




Elmot ini digunakan untuk mengerakan pompa Amine di tempat dhevils mechanic bekerja dimana amine ini digunakan untuk menangkap CO2 yang ada di gas alam guna pemurnian gas yang akan di jual ke konsumen. komposisi CO2 ini akan mempengaruhi nilai kalor dari gas alam, dimana semakin rendah CO2 yang ada didalam kandungan gas alam akan semakin tinggi nilai kalor atau BTU dari gas tersebut. dan didalam perjanjian jual beli gas ada batas maksimal kadar CO2 nya.

Dari laporan team operation ada kendala jika  unit pompa ini trip sehingga membutuhkan team maintenence untuk perbaikan. dan dilanjutkan pembuatan notive pterkait trouble / masalah yang ada di lapangan.
  
Team elins atau biasa disebut team electric dan instrument melakukan pengecheckan dilapangan  dan dilakukan test solo run dimana elmot dan pompa di lepas koplingnya untuk menghidupkan elmot tanpa beban, dan teryata di ketemukan temperature bearing panas, sehingga memerlukan pengecheckan lebih lanjut.
 

Karena unit pompa dan elmot ini kecil, elmot langsung di lepas dan dibawa ke workshop untuk dilakukan pengecheckan, elmot ini di lepas kopling, fan, housinf bearing DE dan Nde dan di ketemukan bearing macet.
  
Setelah sumua di lepas untuk di lakuakn pengechackan  rotor di bawa ke mesin bubut untuk dilakuakn pengukuran apakah masih center apa sudah bengkok shaftnya, karena jika shaft motor ini sudah bengkok akan sulit nanti pada saat pekerjaan aligment antara elmot dengan pompa, dan jika tida aligment akan berdampak ke vibrasi pompa dan akan lebih banyak lagi keruasakan yang terjadi akibat tida center nya antara shaft elmot dengan shaft pompa.
 

Setelah dilakuakn perbaikan shaft rotor dan sudah lurus part - part tersebut dilakuakn asembly kembali, dari pemasangan rotor, bearing seal serta cover bearing nya. jangan lupa pada saat pengencengan housing bearing harus lurus yaa, jangan sampai miring atau kencang sebelah yang annati juga akan menyebabkan shaft elmot ini tidak center lagi.
 

Selesei pekerjaan Asembly lanjut dibawa ke site elmot ini untuk dipasangkan pada skid pompa dan jangan lupa untuk di aligment, untuk cerita bagaimana cara aligment ini kalian dapat search di kolom pojok kanan atas darin halam ini ini yaa.. dengan kata kunci aligment sehingga kalian akan tahu bagaimana cara mengunakan alat aligment yang baik dan benar.
Setelah semua siap dan team operation njuga ikut menyakasikan untuk proses comisioning elmot after baikan ini, karena saat perbaikan ini valve discharger dan suction nya di lakukan LOTO atau penguncian operasi.
  

Pompa sudah running danntidak ada kendala pada saat monitoring lanjut team operation yang menghandle p[ekrjaan monitoring ruutin dan merka tulisakan di daily laporan operasai mereka, untuk team maintennce melakukan laporan pekerjaan, berita acara pekerjaan serta closing dari permite to works tadi.
Demikian lah sekelumit cerita perbaikan elmot yang dilakukan dhevils mechanic dan team semoga dapat memebri gambaran bagaimana tata cara bekerja / troublesshot di tempat dhevils mechanic bekerja, jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait perbaikan elmot silahkan tulis dikolom komentar yaa, supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi dan dapat berguna bagi temen - teman yang membutuhkan  informasi lainnya 

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...