Skip to main content

TroubleShot PCV Stuck Closed

Hallo teman - teman dhevils mechanic semua, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas industry entah itu terkait troubleshot, speck unit yang digunakan atau ide - ide menarik yang dapat diaplikasikan dalam menyeleleseikan permasalahan dilapangan dengan cepat tepat aman dan tentu dengan biaya murah. Dan kali ini yuk kita berkisah terkait pengalalaman perbaikan atau troubleshot PCV yang stuck closed sehingga hal ini menyebabkan minyak terbawa / carry over ke jalur KO drum dan jika penuh akan terbakar ke flare

Baca juga :


Pressure control valve adalah sebuah katup yang dirancang untuk mengatur dan mengontrol tekanan fluida dalam suatu sistem, baik itu sistem hidrolik, pneumatik, atau sistem lainnya. Katup ini bekerja dengan cara mengatur aliran fluida, baik membuka, menutup, atau mengatur aliran fluida berdasarkan tekanan yang terdeteksi dalam sistem. 

Fungsi utama pressure control valve adalah: 
- Mengatur tekanan:
Katup ini memastikan tekanan dalam sistem tetap berada dalam batas yang aman dan diinginkan, mencegah kerusakan pada komponen akibat tekanan berlebih atau kurang.

- Melindungi sistem:
Dengan mengatur tekanan, pressure control valve melindungi komponen sistem dari kerusakan yang disebabkan oleh tekanan yang tidak stabil atau berlebihan.

- Meningkatkan efisiensi:
Dengan menjaga tekanan yang tepat, pressure control valve dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional sistem. 

Cara kerja pressure control valve:
Secara umum, pressure control valve bekerja dengan mendeteksi tekanan dalam sistem. Ketika tekanan melebihi batas yang telah ditentukan, katup akan membuka atau menutup untuk mengatur aliran fluida, sehingga tekanan kembali ke tingkat yang diinginkan. 

Contoh aplikasi pressure control valve:

- Sistem hidrolik:
Mengatur tekanan pada sistem hidrolik mesin konstruksi, peralatan industri, dan lain-lain. 

- Sistem pneumatik:
Mengatur tekanan udara pada sistem pneumatik kompresor, alat-alat pneumatik, dan lain-lain. 

- Sistem pendingin:
Mengatur tekanan refrigeran pada sistem pendingin AC, kulkas, dan lain-lain. 

- Sistem perpipaan:
Mengatur tekanan pada sistem perpipaan air, gas, atau cairan lainnya. 
Dengan demikian, pressure control valve adalah komponen penting dalam berbagai sistem yang membutuhkan pengaturan tekanan untuk menjaga kinerja dan keandalan sistem tersebut. 
Dipermasalahan kali ini PCV ini digunakan untuk mengatur scrubber inlet dari gas compressor supaya tidak melebih pressure yang di inginkan, pressure operasi adalah 350psi dan setingan untuk membuka PCV ini di 400 Psi.  dan gas yang berlebih tadi dialirkan ke KO Drum untuk dipidsahkan lagi jika ada liquid yang carry over dan selanjutnya gas kelebihan tadi dialirkan ke flare untuk di bakar supaya tidak mencemari lingkungan.

Informasi kegagalan kerja dari PCV ini dari temen - temen operator yang menjaga agar operasi di lapangan tetap lancar, informasi yang diterima PCV tidak dapat menutup 100% sehingga ada tekanan gas yang mengelair ke KO drum padahal pressure masih dibawah dari setingan.
Kemudian team melakukan pembongkaran dari PCV ini karena pengalaman jika PCV ini tidak dapat menutup dengan sempurna karena terganjal oleh sesuatu benda atau plug macet. Karena jarang sekali kerusakan yang terjadi pada spring actuator control valve ini. kecuali emang usia control valve ini sdh lama dan suplay udara bertekanannya mengunakan gas yang basah.

Setelah di bongkar oleh team, iya saja di ketemukan batu menganjal di seat & plug dari PCV ini sehingga plug tidak dapat menutup dengan sempurna, kemudian seat and plug kita check dan kondisi masih bagus tidak ada cacat yang menyebabkan kebocoran pada saat plug menutup.

Untuk seal plug juga mengalami kerusakan mungkin karena faktor usia maka kita gunakan seal panjang yang nanti kita potong dan di lem pada ujungnya. karena jik atidak kita ganti akan terjadi kebocoran pada sisi gland steam karena tidak ada alat yang membantu mengeblok tekanan.
  
Selanjutnya PCV kita pasang kembali dan kita test operasi seperti video dibawah ini.
Demikianlah skelumit cerita pekerjaan troubleshot PCV yang stuck closed, semoga dapat menambah wawasan kita terkait dunia mechanic di oil and gas, jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkiat perbaikan atau troubleshot PCV atau LCV silahkan tulis dikolom komentar yaa, supaya berbagi cerita ini dapat menerik lagi dan ilmu yang kalian share dapat bermanfaat bagi teman - teman yang membutuhkannya dan menjadi ladang amal jariah kita kelak karena ilmu yang bermanfaat.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...