Skip to main content

Pemeliharaan / Maintenance Di Dunia Mechanic



Hai friend, kali ini dhevils mechanic bahas tentang maintenance atau pemeliharaan didunia mechanic, apa saja tentang pemeliharaan ikuti terus tulisan dhevils mechanic yaa.


Baca juga :







 PEMELIHARAAN (MAINTENENCE)
Pemeliharaan adalah pekerjaan yang dilakukan untuk menjaga dan memperbaiki setiap fasilitas agar tetap dapat beroperasi dan diterima menurut standar yang berlaku pada tingkat biaya yang wajar.
 Tujuan Pemeliharaan
a. Tujuan Utama pemeliharaan
-            Menjamin keselamatan
-            Menjamin kehandalan unit dalam operasi
-            Menjamin kesiapan operasi
b. Tujuan Bagi kepentingan Investor
-            Melindungi modal yang ditanam
-            Sarana perusahaan terpelihara optimal dan berumur panjang
c. Tujuan bagi Kepentingan pimpinan perusahaan
-            Melindunggi Fasilitas dan instalansi
-            Meningkatkan daya guna peralatan
-            Meningkatkan efisiensi maientenence
-            Mengukur hasil kerja

 Klasifikasi Pemeliharaan
a.  Preventive Maintenance

Yaitu suatu kegiatan pemeliharaan yang dilakukan untuk mencegah timbulnya kerusakan yang tidak diinginkan dan diharapkan supaya dapat mempertahankan motor bakar pada kehandalan semula, dengan pemeliharaan secara periodic, misal untuk engine Caterpillar G-3304-NA contineuse adalah : setiap hari, setiap 250 jam, setiap 750 jam, dan seterusnya.
b.  Predictive Maintenance

Perawatan secara predictive maintenance adalah memprediksi umur komponen pada motor bakar dan akibat yang akan timbul dari persoalan tersebut, sehingga dapat disimpulkan langkah apa yang semestinya kita ambil, misalnya : Pengambilan sampel minyak pelumas secara berkala, dan diperiksa di laboratorium partikel – partikel yang terlarut dalam minyak pelumas tersebut.

c.  Break Down Maintanance

Adalah kegiatan perbaikan pada motor bakar atau yang digerakkan oleh motor bakar tersebut, sudah terjadi suatu kerusakan atau kelainan pada komponen sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik, serta tidak sesuai hasil yang diharapkan dan engine shut down. Oleh sebab itu perawatan seperti ini disebut reparasi. 

Konsep Umum Pemeliharaan

a. Membersihkan (to clean)
 
-   Mencegah percepatan kerusakan mesin akibat kotoran
-   Meningkatkan mutu pengecekan dan perawatan
-   Menanggulangi cacat dasar mesin
-   Mencapai kondisi dasar mesin
b. Memeriksa (to Inspect)
 

-   meningkatkan kehandalan mesin
-   meningkatkan perawatan mandiri
-   meningkatkan pembersihan, check dan pelumasan
-   mengupayakan komponen mesin berada pada pada kondisi prima
c. Memperbaiki (repair)
 
-   Mempertahankan kondisi dasar mesin
-   Mempertahankan kondisi operasi
-   Restorasi kemunduran alat (keausan)
-   Memperbaiki kelemahan mesin
Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, ditunggu komentar dan diskusinya yaa

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...