Skip to main content

Engine Mesin Las Miller Jebol? Begini Yang Kami Lakukan

Hallo teman - teman semuanya, ketemu lagi dengan dhevils mechanic  lagi setelah lama ngak nulis di blog ini. lagi banyak kerjaan dan update  konten di youtube, blognya jadi sedikit terlupakan. Oya selain sharring pengalaman sebagai mechanic di blog ini, dhevils mechanic  juga sharring di Facebook fans page " https://www.facebook.com/DwieSangMechanic/ " channel youtube.  di " https://www.youtube.com/c/DwiHardi/videos " karena kami bangga dan bahagiyah dapat berbagi pengalaman kerja kami.

Dan kali ini dhevils mechanic ingin menceritakan pengalaman pengantian unit engine las miller, karena unit engine bawaannya jebol dinidng blocknya yang disebabkan kehabisan minyak pelumas. Dan sebagai pengalaman untuk teman - teman yang merawat mesin las ini atau mempunyai mesin las ini harap selalu dikontrol level minyak pelumasnya ya... dan jika ada rembesan segera perbaiki jangan sampai hal yang sama menimpa pada unit mesin las temen - temen atau unit yang temen - temen rawat.

Baca juga :





Untuk di lakukan perbaikan atau dijahit bloknya tidak mungkin karena jebolnya sampai lebar, stang psitin patah dan nonjok kesamping, kondisi cranksaft nya juga sudah boret - boret seandainya diperbaikipun butuh dana yang banyak dan pekerjaan yang lumayan besar. Akhirnya pilihan diganti baru saja unit enginenya.
Unit enginenya mengunakan merk Yanmar 3 cylinder RPm 1500, unit yang kecil dan simpel dengan pendinginan engine mengunakan radiator, beda jika kita memilih engine merk VM dan deutzh  berpendingin udara, yaitu ada blower disisi atas depan untuk menghembuskan udara ke kisi - kisi engine. klo engine ini seperti engine biasa yang dari radiator air masuk kedalam blok dan cylinder head untuk mendinginkan engine.

Untuk pengadaan engine nyanmar ini banyak sekali yaa, ditoko - toko teknik maupun Toko online dengan harga yang bervariasi. sesuai dengan kantong teman - teman semuanya. Jika ingin yang ad garasinya pilih distributor resminya yaa..
Setelah unit datang unit lapa dilepas, dan unit baru dimasukan kedalam, sayangnya walau model sama persis tetapi di alternator harus modif sedikit nyamain bawaan engine miller. Dan modifnya tak seberapa sulit karena tinggal bikin dudukan untuk ngepasin kelurusan dari V-belt pengeraknya.
Setelah masuk baru rakit hose radiator, acesories - acesories lainnya, seperti kontrol RPM, sensor oli, shutoff valve dan lainnya hingga uni siap untuk di running. 

Dan untuk electrical systemnya juga ada perbaikan sebab unit ini tidak mau running normal, setaiap start langsung mati. jadi ada perbaikan system electricalnya, ada transistor yang terbakar di blok controlnya.
Video perbaikannya seperti dibawah ini :


Demikianlah sedikit cerita perbaikan mesin las miller yang jebol engine,nya dengan pengantian unit engine baru karena lebih murah, dan cepat dalam pengerjaannya.
 Terima kasih sudah mengunjungi blog dhevils mechanic, ditunggu komentar dan diskusinya yaa.. jangan lupa follow blog nya untuk selalu update info2 terbaru dari dhevils mechanic

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...