Skip to main content

Pekerjaan Perbaikan Flow Meter Senior Daniel Oriface

 
Halo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas, selain di blog ini dhevils mechanic juga share di channel youtube maupun. di facebook fan page, dimana dhevils mechanic sering share terkait troubleshot, speck - sp[eck unit di oil and gas, tool - tool yang sering digunakan maupun ide - ide keretaive dalam menyeleseikan permasalah dilapangan. Dan kali ini kita ngak ngupas dunia mechanic ya.. kita sedikit bergeser ke pekerjaan instrument yaitu perbaikan daniel orifice.


Daniel orifice ini di gunakan untuk mengukur flow gas dari sepeartor test dimana sumur - sumur yang akan dilakukan test produksinya akan dimasukan ke separator ini, apalgi sumur - sumur yang baru dilakukan pengeboran sehingga membutuhkan long test prerforme apakah produksi minyak dan gasnya stabil atau berubah - ubah.

Baca juga :




Daniel Orifice Fitting adalah jenis perlengkapan (fittings) yang digunakan dalam pengukuran aliran fluida dalam sistem pipa. Perlengkapan ini dirancang khusus untuk mengukur aliran fluida menggunakan prinsip orifice metering, yang merupakan salah satu metode yang umum digunakan dalam industri untuk mengukur aliran cairan dan gas.

Prinsip dasar dari Daniel Orifice Fitting adalah menggunakan sebuah orifice plate (plat orifice) yang ditempatkan di dalam pipa. Orifice plate ini memiliki lubang berdiameter tertentu yang mempersempit aliran fluida. Ketika fluida mengalir melalui lubang tersebut, tekanan dan kecepatan aliran akan berubah. Perubahan ini digunakan untuk mengukur laju aliran fluida.

Dan kendala saat ini daniel orifice mengalami kerusakan unit jendela tidak dapat dibuka sehingga kita tidak dapat menganti ukuran diameter orifice yang digunakan, padahal sensitifitas pengukuran gas ini tergantung dari diameter orifice yang digunakannya.

Pekerjaan dimulai setelah ada notivikasi dari temen - temen produksi, kemudian team elins melakukan survey atau pengecheckan kira - kira dapat dikerjakan onsite apa harus dibongkar duntuk dibawa ke workshop.
 

Setelah dilakukan pengecheckan kemudian dilanjutkan penyiapan SIKA , JSA serta tool - tool yang akan digunakan. dan tak lupa kita harus menyiapkan spool sementara pada saat daniel orifice ini kita bongkar dan dilakukan perbaikan di Workshop

Setelah semua siap, baru kita lakukan pembongkaran unit senior daniel orifice ini, Ooiya Senior daniel orifice ini type lama dan di pasang sejak tahun 1995 sehingga cat nya tebal banget dan untuk melepas baut - baut nya butuh effort yang lumayan. Karena tidak dapat di lepas onsite akhirnya daniel orifice ini kita bongkar dan bawa ke workshop untuk perbaikannya.
Setelah Daniel Oriifice ini dilepas akhirnya dibaw ake workshop dengan mengunakan forklift karena memang sangat berat. sesampai di workshop unit daniel orrifice ini kita bongkar satu persatu part 2 part yang terpasang. 
 

Dari part - part yang sudah di bongkar ada bebebrapa plat yang sudah aus sehingga part tersebut dibawa ke bengkel bubut untuk di perbaiki, sebab jika tidak diperbaiki akan terjadi kebocoran pada saat proses pengantian plate orifice.
Setelah part2 yang rusak tadi diperbaiki dan material seperti gasket, O-ring sudah ada  lanjut di lakukan asembly kembali. dan setelah selesey asembly di workshop lanjut di lakukan pemasangan di lapangan. dimana membutuhkan peralatan chain block untuk mengangkat dan memasang di lapangan
Setelah semua terpasang tubing2 - tubing sudah di koneksikan ke Barton lanjut setting dan pengamatan, dimana membututuhkan kalibrasi pressure yang ada di bartonnya sehingga di harapkan pembacaannya dapat normal kembali sesuai dengan realita pengukuran
Demikianlah tadi tulisan terkait pengalaman memperbaiki Daniel Orifice di tempat dhevils mechanic bekerja, semoga tgulisan oini dapat bermanfaat untguk kita semua. Dan jika kalian mempunyai p[engalamn perbaikan ato perwatan daniel orifice silahkan tulis dikolom komentar yaa

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...