Skip to main content

Purnama Diatas Anjungan Lepas Pantai X-Ray PT Pertamina EP Field Jatibarang



Lapangan Offshore X-ray PT Pertamina EP Feld Jatibarang terletak disisi timur dari kabupaten Indramayu Jawa barat Indonesia,  Kurang lebih 3 jam  perjalanan dari pelabuhan Cirebon, Itu mengunakan kapal Crew Boat yang memuat kurang lebih 110 Passenger. Teatapi Jika kita mengunaka kapal AHT perjalanan kurang lebih 6 jam dari Pelabuhan Cirebon.
 

Kerja di Offshore memang sangat menantangs sekali, kita harus mempunyai jiwa petualang yang tinggi, dengan permasalahan produksi yang terjadi  terutama jika kita ditempatkan dibagian maentenance, karena tulang punggung operasi adalah bagaimana kehandalan fasilitas produksi dapat beroperasi dengan maksimal

Baca Juga :

Cara Menaikan Head dan Qapaistas Pompa

Arti Sebuah Team Works

Profile Mechanic Offshore

Cerita Lebaran Diatas Air Laut (offshore)


Suasana Malam dia tas Anjungan terasa asyik jika Purnama datang,terasa damai hidup ini, apalah yang kan dikejer saat kita hidup di dunia ini, ketika kita berdiri sendiri ditengah lautan, kita hanya kecil dihadapan-Nya, tiada sedikitpun yang dapat kita sombongkan, hanya pasarah padanya akan semua yang kita kerjakan di siang hari tadi.

 
  Suasana di atas anjungan pada saat malam hari. teringat akan keluarga di daratan, hanya lautan hitam sebagai backgroundnya.


 Top Deck living quater

 
 Turbin room dan proses, Sepi hening hanya debur ombak yang menemani.
 

Abandon Are, terasa vintac zaman dahulu kala, sepii

Lorong celar deck, tempatqu bersenda gurau ama temen - temen catering selepas mereka masak dan nunggu sore,

Service Crane area, Crane pedestal yang menjadi favorite dalam latihanqu mengoperasikan crane.


Bridge, lorong dari living quater ke proses, jika nyeberangi lorong ini beban kerja penuh dikepala.
Demikianlah foto - foto malam Purnama diatas anjungan, semoga bermanfaat jangan lupa coment dan masukannya untuk kesempurnaan tulisan ini

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...