Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Profile Mechanic Team in Offshore Platform



 Kehidupan menjadi seorang mekanik tidak jauh berbeda dengan kehidupan manuasia pada umumnya, hanya yang sepecial disini adalah tiap hari bergelut dengan peralatan berat semua. Apalagi jika mechanic tersebut bekerja di lapangan offshore  apalagi lapangan offshore dibidang Oil and Gas Industry.


Disini dhevils mekanik ingin memngupas profile - profile kehidupan mechanic Offshore, seperti apa sich  keseharian kehidupannya di lapangan lepas pantai Offshore itu. karena kekompakan sebuah team harus selalu dijaga, dan Kami tidak hanya menjadi rekanan kerja tetapi menjadi sebuah keluarga yang saling melengkapi.

baca juga :
Praktek Dan Sertifikasi Crane Mobil di Pusdiklat Cepu

Arti Sebuah Team Work Dalam Bekerja dan Kehidupan.

Kumpulan Foto Siluet X-Ray Offshore Platform PT Pertamina EP Field Jatibarang


 Ustadz Abdul M. Thaubat.
Dia salah satu mechanic andalan di Offshore Platform saat ini , dengan sifat yang selalu siap sedia siang dan malam melaksanakan tugas tanpa baa..bii... buu.... langsung bergerak cepat tanpa pandang bulu siap membantu mau salah apa bener yang penting sikatttt... dengan gigi ompong dan suara raungannya yang mengelegar.. membahana.... membuatnya semakin di segani di seantero Anjungan.,
 
Tatapan Matanya yang Sangar membuat cewek - cewek di seputaran Balongan Indramayu termehek - mehek jatuh cinta padanya ehhh.... Bapak dengan 3 anak Cewek ini memang sangat bersahaja.. selain sebagai mekanik di Offshore Platform beliau juga sebagai boss tambak Udang yang sudah ekspor go International.. di dalam dan diluar kabupaten indramayu..
 
Rosa Baron
Mechanic jagoan dari lapangan X-Ray Offshore tempat dhevils mechanic bekerja saat ini, pengalaman di Offshore semenjak 2001 membuat dia seorang mechanic ulung di dunia offshore.  dengan pengalaman puluhan tahun di Dunia Oil and Gas Industry. dengan sentuhan tangan lembutnya segala permasalahan yang menyangkut dunia mekanik akan kelar dengan seketika... maksudnya engine yang tadinya bisa running langsung mlepess...hihihihi
 Bapak dari 2 anak saat ini selain sebagai mekanik handal di X-Ray  Offshore  beliau juga sebagai Vokalis dari group band ternama di kota Indramayu, sudah banyak single yang di keluarkannya tetapi sayang tidak mau melalui dapur rekaman resmi dia malah memilih jalur underground door to door dalam menyanyi... ehhh emang dia sales MLM??? Bukan ding... dia bukan Sales tetapi  dia seorang SPG.. ehhh.
Dheddy's
Mechanic top markotop disini. dia sudah malang melintang di dunia mekanik offshore. dengan pengalaman yang bermacam - macam membuat dia tahu banyak tentang permasalahan dunia mekanik.dengan jiwanya yang Cools.. Calm dan telaten dengan hal - hal yang rumit dan ruet... beda dengan  853 derajat dengan Ustadz Abdul Muin... klo Muin seperti Motor King.. Trenggg..Treng,,treng.. kuenceng Gass- gasnya.. klo Om Deddy's ini seperti motor listrik... kalem tidak ada suara tahu - tahu dah didepan dan bateraynya habiss.. butuh di charger kembali..
 
 Bapak dari 4 orang anak ini memang sangat luar biasa... karena beliau biasa diluar...  Selain menekuni dunia mekanik di X-Ray Offshore Platform disela - sela liburnya beliau juga sibuk mengajar.. dunia pendidikan yang dia tekuni membuatnya lebih sabar dan dewasa.. yaa beliau mengajar di rumah sendiri... mengajari putra dan putrinya mengerjakan PR walau kadang seringnya buka Hape tanya mbah Google..
 
 Dhevils
Dia mengenal dunia mechanic semenjak tahun 1994,setelah keluar dari bangku sekolah... lalu duduk kembali ke bangku sekolah yang lain.. alias gonta - ganti bangku.. tidak itu saja dia juga gonta - ganti tempat kerja hingga sudah berapa puluh hektar tanah yang di injak - injaknya dari daratan hingga lautan...
Bapak dari 2 orang anak ini mungkin sudah banyak yang tahu akan kesibukannya di sela - sela hari liburnya.. yaitu tidurr... tidurrr.. dan tidurrr seperti beruang kutub yang sedang hibernasi... setelah bangun tidur.. makan lagi... dan maning lagi makannya..


Mbah Min's
Selain Mekanik Asli ada Edition Mekanik dan salah satunya Mbah Min.. dia Ahli Scafolding dan panjat memanjat...rapalan do'a - do'a membuat gerakannya menjadi lincah dari satu pipa ke pipa yang lain..  dan cedera pada kakinya membuatnya jadi alim...
 
 Ade's
Mekanik Edition berikutnya A..a.. Ade... dengan telunjuknya dia bisa membuat Gas Turbine generator dapat running maupun shutdown... karena panel turbine zaman Now dilengkapi HMI yang Touch Screen...  selain sebagai mekanik dia juga ahli perikanan.. macam - macam nama ikan dia hafal.. hingga cara nariknyapun hapal pisan...
 
Sebagai seorang Mekanik harus pandai menyusun strategi... ibarat sebuah peperangan tanpa strategi kita seperti makan tanpa sayur... serasa hambar dan susah dalam menelannya... jadi strateginya bagaimana caranya kerja santai laporannya buannyaaaakkkk sekaliiiiiii... eiitt..
 Foto diatas pada saat crew mekanik merapal do'a - do'a diatas kapal crew boat mereka mencari sesuap nasi dan segengam berlian ditengah lautan luas... do'a - do'a yang dipanjatkan  demi anak dan Istri di rumahnya masing - masing lho..
 
Menjadi mekanik harus bisa menyanyi... maka kami juga suka menyanyi di pojokan welding shop.. minjem karaokenya Bapak Teguh Klimantara secara sembunyi - sembunyi.. karena klo ketahuan disuruh bayar.. per lagu 1 ikan baronang...dan tampang kami sudah mewakili sebagai Rocker.. 
Menjadi Mekanik lepas pantai harus sehat dan  kuat, selain makan yang banyak harus rajin berolah raga.. dan olah raga favorite mekanik adalah Guyonan... karena tiada hari tanpa ketawa... mau makan guyonan dulu ama koki.. mau kerja guyonan.. pas kerja guyonan sampai sakit peruutt... selesei kerja.. guyonan lagi... ahhh parah ngak ada serius - seriusnya menjadi mekanik di lapangan lepas pantai X-Ray...
 
Kehidupan di X-Ray Platform memang rada - rada gokil.. rasa Iri sangat tinggi sekali... seperti contoh diatas potong rambut satu orang yang laen ngiri...  ada yang ngumpet deket genset potong rambutnya.. hmmm dasar seorang mekanik...
Atau ada juga yang jadi mbah dukun... jadi tukang kerok pada saat teman - teman lagi butuh pertolongan.. ya begitulah kehidupan di atas laut.. kami saling mendukung satu sama lain..
Itulah sekelumit cerita tentang mekanik di Anjungan lepas pantai X-Ray.. di Laut Utara Jawa.. tepatnya sisi Utara dari Kabupaten Indramayu Jawa Barat. sebenarnya masih buaanyak yang ingin ditulis dengan kisah - kisah  menarik.. dan maafkan daku ya teman - teman apabila belum kesebut disini.. seperti omkoeh Herwanto ... pakdhe Revi.. om Echo... boss kapal Junay radop..babershop tengah laut Heri dan Toto.. upin dan ipin Galih dan Tompul... koki idaman Ahmat tholeng... Mbah Kus..  kemboss Genduttzzz yang suka makan dan Ngorok.... dan buannyak lagi yang suka diusilin.. sama daku..

*Hidup tak akan lama... buatlah hari ini menjadi ceria..agar kitah selalu Bahagiyahh...

Comments

Unknown said…
Enakan ya omkoeeeee
Pengen gabung gah beli weru Ning endi ngelamar kerjae...Pai weru gah omkuuu
Sing ati-ati kerjae aja klalen dongane
Bravo X-Ray platform
Dhevilsmechanic said…
Asiap omkoeh.. iku kenangan lama.. sekarang keluar masuk hutan...

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...