Skip to main content

Profile Mechanic Team in Offshore Platform



 Kehidupan menjadi seorang mekanik tidak jauh berbeda dengan kehidupan manuasia pada umumnya, hanya yang sepecial disini adalah tiap hari bergelut dengan peralatan berat semua. Apalagi jika mechanic tersebut bekerja di lapangan offshore  apalagi lapangan offshore dibidang Oil and Gas Industry.


Disini dhevils mekanik ingin memngupas profile - profile kehidupan mechanic Offshore, seperti apa sich  keseharian kehidupannya di lapangan lepas pantai Offshore itu. karena kekompakan sebuah team harus selalu dijaga, dan Kami tidak hanya menjadi rekanan kerja tetapi menjadi sebuah keluarga yang saling melengkapi.

baca juga :
Praktek Dan Sertifikasi Crane Mobil di Pusdiklat Cepu

Arti Sebuah Team Work Dalam Bekerja dan Kehidupan.

Kumpulan Foto Siluet X-Ray Offshore Platform PT Pertamina EP Field Jatibarang


 Ustadz Abdul M. Thaubat.
Dia salah satu mechanic andalan di Offshore Platform saat ini , dengan sifat yang selalu siap sedia siang dan malam melaksanakan tugas tanpa baa..bii... buu.... langsung bergerak cepat tanpa pandang bulu siap membantu mau salah apa bener yang penting sikatttt... dengan gigi ompong dan suara raungannya yang mengelegar.. membahana.... membuatnya semakin di segani di seantero Anjungan.,
 
Tatapan Matanya yang Sangar membuat cewek - cewek di seputaran Balongan Indramayu termehek - mehek jatuh cinta padanya ehhh.... Bapak dengan 3 anak Cewek ini memang sangat bersahaja.. selain sebagai mekanik di Offshore Platform beliau juga sebagai boss tambak Udang yang sudah ekspor go International.. di dalam dan diluar kabupaten indramayu..
 
Rosa Baron
Mechanic jagoan dari lapangan X-Ray Offshore tempat dhevils mechanic bekerja saat ini, pengalaman di Offshore semenjak 2001 membuat dia seorang mechanic ulung di dunia offshore.  dengan pengalaman puluhan tahun di Dunia Oil and Gas Industry. dengan sentuhan tangan lembutnya segala permasalahan yang menyangkut dunia mekanik akan kelar dengan seketika... maksudnya engine yang tadinya bisa running langsung mlepess...hihihihi
 Bapak dari 2 anak saat ini selain sebagai mekanik handal di X-Ray  Offshore  beliau juga sebagai Vokalis dari group band ternama di kota Indramayu, sudah banyak single yang di keluarkannya tetapi sayang tidak mau melalui dapur rekaman resmi dia malah memilih jalur underground door to door dalam menyanyi... ehhh emang dia sales MLM??? Bukan ding... dia bukan Sales tetapi  dia seorang SPG.. ehhh.
Dheddy's
Mechanic top markotop disini. dia sudah malang melintang di dunia mekanik offshore. dengan pengalaman yang bermacam - macam membuat dia tahu banyak tentang permasalahan dunia mekanik.dengan jiwanya yang Cools.. Calm dan telaten dengan hal - hal yang rumit dan ruet... beda dengan  853 derajat dengan Ustadz Abdul Muin... klo Muin seperti Motor King.. Trenggg..Treng,,treng.. kuenceng Gass- gasnya.. klo Om Deddy's ini seperti motor listrik... kalem tidak ada suara tahu - tahu dah didepan dan bateraynya habiss.. butuh di charger kembali..
 
 Bapak dari 4 orang anak ini memang sangat luar biasa... karena beliau biasa diluar...  Selain menekuni dunia mekanik di X-Ray Offshore Platform disela - sela liburnya beliau juga sibuk mengajar.. dunia pendidikan yang dia tekuni membuatnya lebih sabar dan dewasa.. yaa beliau mengajar di rumah sendiri... mengajari putra dan putrinya mengerjakan PR walau kadang seringnya buka Hape tanya mbah Google..
 
 Dhevils
Dia mengenal dunia mechanic semenjak tahun 1994,setelah keluar dari bangku sekolah... lalu duduk kembali ke bangku sekolah yang lain.. alias gonta - ganti bangku.. tidak itu saja dia juga gonta - ganti tempat kerja hingga sudah berapa puluh hektar tanah yang di injak - injaknya dari daratan hingga lautan...
Bapak dari 2 orang anak ini mungkin sudah banyak yang tahu akan kesibukannya di sela - sela hari liburnya.. yaitu tidurr... tidurrr.. dan tidurrr seperti beruang kutub yang sedang hibernasi... setelah bangun tidur.. makan lagi... dan maning lagi makannya..


Mbah Min's
Selain Mekanik Asli ada Edition Mekanik dan salah satunya Mbah Min.. dia Ahli Scafolding dan panjat memanjat...rapalan do'a - do'a membuat gerakannya menjadi lincah dari satu pipa ke pipa yang lain..  dan cedera pada kakinya membuatnya jadi alim...
 
 Ade's
Mekanik Edition berikutnya A..a.. Ade... dengan telunjuknya dia bisa membuat Gas Turbine generator dapat running maupun shutdown... karena panel turbine zaman Now dilengkapi HMI yang Touch Screen...  selain sebagai mekanik dia juga ahli perikanan.. macam - macam nama ikan dia hafal.. hingga cara nariknyapun hapal pisan...
 
Sebagai seorang Mekanik harus pandai menyusun strategi... ibarat sebuah peperangan tanpa strategi kita seperti makan tanpa sayur... serasa hambar dan susah dalam menelannya... jadi strateginya bagaimana caranya kerja santai laporannya buannyaaaakkkk sekaliiiiiii... eiitt..
 Foto diatas pada saat crew mekanik merapal do'a - do'a diatas kapal crew boat mereka mencari sesuap nasi dan segengam berlian ditengah lautan luas... do'a - do'a yang dipanjatkan  demi anak dan Istri di rumahnya masing - masing lho..
 
Menjadi mekanik harus bisa menyanyi... maka kami juga suka menyanyi di pojokan welding shop.. minjem karaokenya Bapak Teguh Klimantara secara sembunyi - sembunyi.. karena klo ketahuan disuruh bayar.. per lagu 1 ikan baronang...dan tampang kami sudah mewakili sebagai Rocker.. 
Menjadi Mekanik lepas pantai harus sehat dan  kuat, selain makan yang banyak harus rajin berolah raga.. dan olah raga favorite mekanik adalah Guyonan... karena tiada hari tanpa ketawa... mau makan guyonan dulu ama koki.. mau kerja guyonan.. pas kerja guyonan sampai sakit peruutt... selesei kerja.. guyonan lagi... ahhh parah ngak ada serius - seriusnya menjadi mekanik di lapangan lepas pantai X-Ray...
 
Kehidupan di X-Ray Platform memang rada - rada gokil.. rasa Iri sangat tinggi sekali... seperti contoh diatas potong rambut satu orang yang laen ngiri...  ada yang ngumpet deket genset potong rambutnya.. hmmm dasar seorang mekanik...
Atau ada juga yang jadi mbah dukun... jadi tukang kerok pada saat teman - teman lagi butuh pertolongan.. ya begitulah kehidupan di atas laut.. kami saling mendukung satu sama lain..
Itulah sekelumit cerita tentang mekanik di Anjungan lepas pantai X-Ray.. di Laut Utara Jawa.. tepatnya sisi Utara dari Kabupaten Indramayu Jawa Barat. sebenarnya masih buaanyak yang ingin ditulis dengan kisah - kisah  menarik.. dan maafkan daku ya teman - teman apabila belum kesebut disini.. seperti omkoeh Herwanto ... pakdhe Revi.. om Echo... boss kapal Junay radop..babershop tengah laut Heri dan Toto.. upin dan ipin Galih dan Tompul... koki idaman Ahmat tholeng... Mbah Kus..  kemboss Genduttzzz yang suka makan dan Ngorok.... dan buannyak lagi yang suka diusilin.. sama daku..

*Hidup tak akan lama... buatlah hari ini menjadi ceria..agar kitah selalu Bahagiyahh...

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...