Mobil Pemadam Kebakaran merupakan mobil yang di gunakan ketika kebakaran besar terjadi. Perlu diketahui bahwa pemadam kebakaran telah ada di Indonesia sejak tahun 1850. Namun saat itu keterbatasan alat pemadam kebakaran tidak membatasi para pemadam untuk tetap menaklukan api.
Mobil Pemadam Kebakaran Seiring dengan perkembangannya zaman sangat berkembang. Dan peralatan pemadam pun semakin bervariasi dimulai dari selang air, tangga, dan peralatan sederhana menjadi truk pemadam kebakaran, dengan pipa air dan dilengkapi peralatan lainnya yang lebih modern.
Baca juga :
TroubleShoot Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406
Perbedaan Troubleshoot Diesel Engine dan Gas Engine
Mencari Penyebab Pompa Ebara Pressure Discharger Drop

Mobil Pemadam Kebakaran atau Fire Truk merupakan hasil dari rangkaian berbagai unit sistem yang terdiri dari Engine, Chassis, Pompa, dan PTO (Power Take Off). Keseluruhan unit sistem tersebut dirangkai menjadi satu kesatuan mobil pemadam kebakaran yang disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

Scania P500 tergolong sasis truck yang besar dengan pengerak 6 x6 double cabine dengan stir kiri, Scania membentuk P500 ini dengan gaya tractor head modern, dengan desain depan tanpa hidung kap mesin, gril besar berwarna matte grey dan lampu depan yang dilindungi teralis besi, supaya aman dari lontaran batu dan kerikil yang jamak ditemui di daerah dengan jalanan jelek. Naik ke bagian teratas, ada foglamp dan LED DRL supaya visibilitas pengemudi truk ini makin baik, terutama di saat jarak pandang terbatas.

Di sisi lainnya, ada tangki bahan bakar berkapasitas 300 liter, dan saat kami bertanya pada instruktur yang mengendarai truk ini, konsumsi bahan bakarnya bisa sekitar 2-3 km/liter saat membawa muatan yang berat. Teorinya, paling tidak mobil ini bisa menempuh 600 km dengan satu tangki penuh bahan bakar, namun biasanya truk sejenis ini punya tangki bahan bakar ekstra untuk menambah jarak tempuh dan berjaga-jaga.

Interior truk memang bikin penasaran, dan kali ini kami perlihatkan interiornya kepada anda. Dari kabinnya, ia punya posisi mengemudi yang tinggi, dan hasilnya adalah visibilitas baik bagi supir truk ini. Pengaturan joknya beragam, bisa naik, turun, maju, mundur dan reclining. Joknya dilengkapi suspensi udara, jadi meski bodi truk bergoyang , pengemudi tidak akan merasakannya.

Setirnya mengejutkan, karena kelengkapannya sudah bisa menandingi SUV ladder frame para OKB atau bodyguard yang biasa mengawal bosnya yang naik Mercedes S-Class atau BMW Seri 7. Dia punya steering switch control buat audio, cruise control, tombol MID dan pengaturan tilt-telescopic dengan sistem pneumatik. Tekan tombol unlock/lock di kolom setir, maka posisi setir ini bisa diatur sesuka hati

Panel instrumen mobil ini jelas dan mudah dibaca, karena angka-angkanya dicetak dengan ukuran besar. Layar MID 4,1 inci di tengah bisa menampilkan segala jenis info, dan PT United Tractor dan Scania punya perlakuan khusus untuk Indonesia dengan mengubah segala bahasa di MID menjadi bahasa Indonesia, jadi setiap supir truk yang bakal dapat unit ini tidak perlu lulus tes TOEFL atau IELTS untuk mengerti tulisan apa yang ada di situ. Akan tetapi, unit yang anda lihat ini MID-nya belum diterjemahkan.

Melongok sedikit ke tengah, ada seabrek tombol dan tuas. Karena jari saya bisa copot kalau menjelaskan semuanya satu per satu, saya bahas yang menarik saja. Di bagian atas adalah tombol untuk mengunci differential bagi 4 roda belakang, plus tombol untuk klakson di atapnya. Di bawahnya, adalah tombol untuk foglamp dan ada kenop putar untuk mengatur mode berkendaranya, mau itu 4×6, 6×6 atau lainnya, tergantung seberapa berat muatan yang dibawa dan kondisi jalanan yang dilewati

Lebih melongok ke tengah lagi kita akan disuguhi panel control untuk fire fighter, dengan camera dan control engine, control penyemprotan air yang semua dapat dilakukan dengan cara automatis, saya hampir tersirap oleh kecangihan dari unit fire truck ini.

Di ruang kabin belakang terdapat 6 ruang duduk personel yang sudah dilengkapi dengan breathing aparatus dan peralatan - peralatan yang dibutuhkan untuk personel penjinak api.
Dibagian back belakang nantinya akan dipasang peralatan fire fighting seperti tangki air, tangki foam, hose, dan berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk menjinakan sang jago merah.

Sebuah pompa ziegler akan dipasangkan disi buritan dari sasis truck ini yang akan digunakan untuk menyemburkan air bertekanan tinggi.
Saya bersama mas Rudiono bagian HSSE disebuah perusahaan Oil and Gas yang sudah ternama di Indonesia yang mencoba menjajal kehebatan dan fasilitas yang ada di truck Scania double cabin ini. Mas Rudiono ini sangat berpengalaman sekali di bidang HSSE apa saja kebutuhan yang akan digunakan di unit fire truck ini sehingga saya sebagai orang awam di dunia HSSE dapat dengan meudah memahami apa yang beliau jelaskan.Semoga dapat membuka wawasan kita dan ditunggu komentar dan diskusinya.



