Skip to main content

Scania Fire Truck Crew Cabine With Ziegler Pump


Dhevils Mechanic dapet kesempatan mencoba Scania Double Cabin yang akan digunakan sebagai sasis dari Fire truck di sebuah perusahaan Oil and Gas, dan kali ini mari kita bahas unit fire truck tersebut.

Mobil Pemadam Kebakaran merupakan mobil yang di gunakan ketika kebakaran besar terjadi. Perlu diketahui bahwa pemadam kebakaran telah ada di Indonesia sejak tahun 1850. Namun saat itu keterbatasan alat pemadam kebakaran tidak membatasi para pemadam untuk tetap menaklukan api.

Mobil Pemadam Kebakaran Seiring dengan perkembangannya zaman sangat berkembang. Dan peralatan pemadam pun semakin bervariasi dimulai dari selang air, tangga, dan peralatan sederhana menjadi truk pemadam kebakaran, dengan pipa air dan dilengkapi peralatan lainnya yang lebih modern.

Baca juga :

TroubleShoot  Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

 Perbedaan Troubleshoot  Diesel Engine dan Gas Engine 

 Mencari Penyebab  Pompa Ebara  Pressure Discharger Drop

 

Mobil Pemadam Kebakaran atau Fire Truk merupakan hasil dari rangkaian berbagai unit sistem yang terdiri dari Engine, Chassis, Pompa, dan PTO (Power Take Off). Keseluruhan unit sistem tersebut dirangkai menjadi satu kesatuan mobil pemadam kebakaran yang disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.
 
Scania P500  tergolong sasis truck yang besar dengan pengerak 6 x6 double cabine dengan stir kiri,  Scania membentuk P500 ini dengan gaya tractor head modern, dengan desain depan tanpa hidung kap mesin, gril besar berwarna matte grey dan lampu depan yang dilindungi teralis besi, supaya aman dari lontaran batu dan kerikil yang jamak ditemui di daerah dengan jalanan jelek. Naik ke bagian teratas, ada foglamp dan LED DRL supaya visibilitas pengemudi truk ini makin baik, terutama di saat jarak pandang terbatas.


Di sisi lainnya, ada tangki bahan bakar berkapasitas 300 liter, dan saat kami bertanya pada instruktur yang mengendarai truk ini, konsumsi bahan bakarnya bisa sekitar 2-3 km/liter saat membawa muatan yang berat. Teorinya, paling tidak mobil ini bisa menempuh 600 km dengan satu tangki penuh bahan bakar, namun biasanya truk sejenis ini punya tangki bahan bakar ekstra untuk menambah jarak tempuh dan berjaga-jaga.
 
 Interior truk memang bikin penasaran, dan kali ini kami perlihatkan interiornya kepada anda. Dari kabinnya, ia punya posisi mengemudi yang tinggi, dan hasilnya adalah visibilitas baik bagi supir truk ini. Pengaturan joknya beragam, bisa naik, turun, maju, mundur dan reclining. Joknya dilengkapi suspensi udara, jadi meski bodi truk bergoyang , pengemudi tidak akan merasakannya.

Setirnya mengejutkan, karena kelengkapannya sudah bisa menandingi SUV ladder frame para OKB atau bodyguard yang biasa mengawal bosnya yang naik Mercedes S-Class atau BMW Seri 7. Dia punya steering switch control buat audio, cruise control, tombol MID dan pengaturan tilt-telescopic dengan sistem pneumatik. Tekan tombol unlock/lock di kolom setir, maka posisi setir ini bisa diatur sesuka hati


Panel instrumen mobil ini jelas dan mudah dibaca, karena angka-angkanya dicetak dengan ukuran besar. Layar MID 4,1 inci di tengah bisa menampilkan segala jenis info, dan PT United Tractor dan Scania punya perlakuan khusus untuk Indonesia dengan mengubah segala bahasa di MID menjadi bahasa Indonesia, jadi setiap supir truk yang bakal dapat unit ini tidak perlu lulus tes TOEFL atau IELTS untuk mengerti tulisan apa yang ada di situ. Akan tetapi, unit yang anda lihat ini MID-nya belum diterjemahkan.
 
Melongok sedikit ke tengah, ada seabrek tombol dan tuas. Karena jari saya bisa copot kalau menjelaskan semuanya satu per satu, saya bahas yang menarik saja. Di bagian atas adalah tombol untuk mengunci differential bagi 4 roda belakang, plus tombol untuk klakson di atapnya. Di bawahnya, adalah tombol untuk foglamp dan ada kenop putar untuk mengatur mode berkendaranya, mau itu 4×6, 6×6 atau lainnya, tergantung seberapa berat muatan yang dibawa dan kondisi jalanan yang dilewati


Lebih melongok ke tengah lagi kita akan disuguhi panel control untuk fire fighter, dengan camera dan control engine, control penyemprotan air yang semua dapat dilakukan dengan cara automatis, saya hampir tersirap oleh kecangihan dari unit fire truck ini.

Di ruang kabin belakang terdapat 6 ruang duduk personel yang sudah dilengkapi dengan breathing aparatus dan peralatan - peralatan yang dibutuhkan untuk personel penjinak api.

Dibagian back belakang nantinya akan dipasang peralatan fire fighting seperti tangki air, tangki foam, hose, dan berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk menjinakan sang jago merah.

Sebuah pompa ziegler akan dipasangkan disi buritan dari sasis truck ini yang akan digunakan untuk menyemburkan air bertekanan tinggi.


 Saya bersama mas Rudiono bagian HSSE disebuah perusahaan  Oil and Gas yang sudah ternama di Indonesia yang mencoba menjajal kehebatan dan fasilitas yang ada di truck Scania double cabin ini. Mas Rudiono ini sangat berpengalaman sekali di bidang HSSE apa saja kebutuhan yang akan digunakan di unit fire truck ini sehingga saya sebagai orang awam di dunia HSSE dapat dengan meudah memahami apa yang beliau jelaskan.Semoga dapat membuka wawasan kita dan ditunggu komentar dan diskusinya.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...