Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

TroubleShoot Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

 Hallo teman - teman, jumpa lagi dengan Dhevils mechanic.  pernahkah kalian mengalami unit negin yang tadinya normal selang operasi beberapa lama push rod bengkok? dan itu pernah terjadi di unit yang dhevils mechanic rawat.

Kejadian push rod bengkok ini terjadi pada unit Caterpillar model Cat D3406 yang beoperasi sebagai prime over pompa Sykes. unit engine pump ini berfungsi sebagai pompa air baku di WPS Kertasmaya PT Pertamina EP Field Jatibarang. Air baku di pompakan ke WTP Mundu dengan carak kurang lebih 32km. unit engine pump cat D3406 ini ada 2 unit dan beroperasi bergantian 24 jam non stop.
 Berawal dari laporan operator WPS, dimana unit tidak ada tenaga dan lama - lama unit engine mati, dan di start kembali susah hidup dan terasa berat pada saat start up.nya. dan team mechanic segera meluncur dari workshop BRU Mundu ke site.
Sesampai di sana team mechanic memastikan kondisi yang sebenarnya. dan berikut ini urutan pekerjaan yang dilakukannya.

baca juga :





 Test starting ada suara kasar pada daerah cilinder head, dan akhirnya kita buka cover valve untuk melihat kondisi dari valve mechanism, dan teryata rocker arm pada kocak/ clearent dari rocker arm pada oblak, push rod sebagian besar bengkok. Pekerjaan lanjut bongkar rocker arm set,
 OK teman - teman kita lihat di part book konstruksi dari valve mechanisme. dan berikut part book dari valve mechanisme


Permaslahan push rod bengkok ini kita teliti penyebab utamanya apa? supaya kita berhati - hati di kemudian hari, teryata kerusakan itu diakibatkan bibir dari rocker arm yang bersentuhan dengan bridge inlet dan exhaust valve aus, sehingga clearent menjadi lebar, dan lambat laun semakin jauh dan posisi  bolt setting clearent keluar dari lobang push rod sehingga nonjok samping dari push rod dan piston posisi naik, dari dalam tertekan oleh lifter, dan dari atas tertekan oleh rocker arm yang terdorong batang valve dan piston. maka yang kalah adalah push rod.

Tidak berhenti dari situ saja kami juga mencari penyebab nya rocker arm dapat mudah aus, padahal unit yang satunya awet dan tidak ada permasalahannya. kami tarik ulang kebelakang jika unit engine ini 3 bulan terkahir jika start sedikit kesusahan, engine tidak langsung hidup.  dan pada saat ini Rocker arm sudah posisi terlepas, sehingga kami ini ini siatif untuk melepas Nozlle atau injector, setalah Nozzle kita lepas kita bawa ke workshop untuk di test pengakabutannya dan teryata benar adanya 2 dari 6 injector ada yang ngucur alias tidak mengkabut.
 
Lha kenapa Injector tidak mengkabut menyebabkan rocker arm aus?? dan teryata dari pembakaran yang tidak sempurna sisa kotoran pembakaran masuk ke dalam ruang oli melalui celah - celah dari ring piston dan bercampur dengan  oil. semakin hari sulfur yang kebawa / tercampur dengan oli semakin banyak dan menyebabkan daya lumas berkurang. dan itu menyebabkan oli menjadi pekat susah untuk naik ke ruangan valve mechanisme.
 

Dan untuk memastikan kompresi  tiap - tiap cylinder setelah rocker arm  dan spare part lainnya datang, kita akan lakukan test kompresi.

  Setelah kita bongkar dan kita orderkan materialnya ke PT trakindo utama selaku agen dari unit engine Caterpillar di Indonesia. part kita rakit kembali

 Setelah rocker valve dan komponennya kita pasang jangan lupa kita setting clereance mengikuti manual book untuk engine cat D3406. dengan cara sebagai berikut :


- Posisikan piston pada posisiTop dengan cara memutar Flywheel mengikuti arah putaran engine. Posisi Top yaitu  posisi  piston diatas sedang kompresi ( kedua valve inlet dan exhaust bebas tidak terpencet)
 - Samakan tinggi pemencetan bridge antara valve bagian depan dan belakang, ini bertujuan untuk menyamakan bukaan dari valve,
- Setelah bridge duduk rata pada ke dua valve baru clearent rocker arm dan bridge sesuai dengan manual book untuk model Cat D3406. jangan lupa kencangkan Nut penguncinya

- Lakukan hal yang sama untuk exhaut valve

 Pekerjaan top engine sudah selesei sekalian ganti minyak pelumas, oil filter, fuel fileter, air filter. Jika semua sudah selesei  engine sudah dapat running kembali. jangan lupa sebelum starting check air radiator, fuel system, bateray dan panel engine.

Demikian pekerjaan yang kami lakukan pada saat troubleshoot mencari penyebab push rod bengkok pada negine Caterpillar D3406 prime over dari pompa transfer Sykes di WPS Kertasmaya PT pertamina EP Field Jatibarang.

Comments

Operation said…
Tks, &sukses selalu
Dhevilsmechanic said…
Siap om Suripto.. share pengalaman kerja om.. semoga bermanfaat
Unknown said…
Kalo sampe patahpun bisa dong bang..saya kebtulan ad msalah di engine 3412 nya CAT.push rod sampe patah..
Dhevilsmechanic said…
Kondisi patah bisa juga om.. karena tekanan yg berlebih... tapi kebanyakan push rod bengkok dan engine susah hidup..
Arthur Teknik said…
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Penyewaan AC Bali untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

Salam Blogger min.
Dwie said…
siap mas Arthur Teknik, dhevils mechanic mencoba berbagi ilmu dan pengalaman kerja sebagai mekanik di oil and gas industry mas..
semoga penyewaan AC.nya dapt lancar dan sukses mas..
Anonymous said…
Aamiin Omkoeh Abdurrozak... kita berbagi pengalaman kerja selama ini omkoeh..
dwie said…
Siap Om Abdhurrozak M.C.. sukses juga untuk om dan keluarga semoga sehat selau ya om..
Bogas said…
Mas dwi, saya kebetulan lagi menguji tentang kekerasan dan elastisitas pushrod yang ada pada pasaran dan akan saya bandingkan dengan peneltitian saya, apa mas dwi punya jurnal tentang itu ?
Rudi pong said…
Terima ksh bang dwi,sdh berbagi ilmu,klo bisa tutorial di youtube lbh baik lagi.
Dwie said…
Terima ksh bang dwi,sdh berbagi ilmu,klo bisa tutorial di youtube lbh baik lagi.

April 1, 2022 at 5:46 PM Delete

siap om, sdh banyak tak share terkait dunia mechanic di youtube

Dwi Hardi Sang Dhevils Mechanic

https://www.youtube.com/c/DwiHardi/channels

atau di facebook fan page di :

https://www.facebook.com/DwieSangMechanic

monggo silahkan di kunjungi bisa koment dan bertanya sepuasnya disana om Insya Allah tak jawab semua pertanyaannya walau kadang telat karena kesibukan bekerja
Dwie said…
Mas dwi, saya kebetulan lagi menguji tentang kekerasan dan elastisitas pushrod yang ada pada pasaran dan akan saya bandingkan dengan peneltitian saya, apa mas dwi punya jurnal tentang itu ?

January 23, 2022 at 5:03 PM
untuk saat ini blm nemu om coba nanti tak buka - buka lagi pelajaran ilmu bahan yang dulu dapat dibangku sekolah.

klo lita melihat pushrod yang banyak dipakai pada enggine - engine besar kebanyakan malah mengunakan bahan yang tidak kera om sejenis pipa tetapi di ujung atas dan bawah yang kena dengan noken as dan rocker arm yang type keras

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...