Skip to main content

Perbaikan Northern Blower


Hallo teman - teman semuanya, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tidak jauh bercerita tentang dunia mechanic Oil and Gas Industry. Dan seperti biasa dhevils mechanic selain aktif nulis di blog ini juga aktive sharring pengalaman kerja di halaman facebook " https://www.facebook.com/watch/DwieSangMechanic/   " dan di channel youtube di   "   https://www.youtube.com/c/DwiHardi/videos    "    jangan lupa like dan subscribe ya temen - temen, supaya sharring knowledge ini lebih seru lagi.
Kali ini dhevils mechanic ingin membahas tentang Northern blower, dimana blower ini berguna untuk mensuplay udara untuk pembakaran gas di TOX (thermal Oxidation) yaitu untuk pembakaran gas acid atau gas bekas.

Baca juga :





Northern blower ini di produksi oleh Northern blower inc. perusahaan dari canada yang memang spacialis pembuatan blower. Blowe ini bermodel sentrifugal dengan dual suction dan 1 discharger di tengahnya. Untuk konstruksi bearingnya mengunakan pillow block di sebalah luar dari blower dan salah satunya menyambung dengan shaft elmot dengan power 450HP medium voltage (6000 volt)
Permasalahan awal blower ini vibration tinggi, padahal sudah dialigment dengan baik, pillow block juga sudah dilakukan pengantian baru, tetapi unit ini dioperasikan masih vibration tinggi diatas standardnya 6 - 9 m/s. Dan hal ini diharuskan dilakukan perbaikan dengan segera mumpunng plant sedang shutdown sehingga tidak menganggu operasi.
Proses dismantle pun dimulai dengan pemasangan scaffolding untuk tempat bekerja pelepasin part - pe part dari unit blower ini. Jangan lupa setiap pemasangan scafollding harud dilakukan oleh team yang bersertificate yaa teman - teman, dan sudah di inpeksi untuk kelayakan operasi pengunaannya oleh scaffolding inspektor.
Bentuk dari Northernblower ini lumayan besar sehingga untuk pelepasan unit harus satu persatu  part, dari atas terlebih dahulu. Tapi sebelum itu harus melepas kopling yang merupakan alat penghubung dari electro motor ke shaft rotor dari blower dan karet joint antara output blower ke ducting saluran blower ke TOX atau ruang pembakaran.
Chamber suction dan mest kita lepas dahulu dan diangkat oleh mobil crane, karena selain di ketinggian bentuknya juga besar.
Lanjut pelepasan Demper suction valve ini yang berfungsi untuk mengatur besar dan kecilnya flow. Nah disini yang kebalikan anatara pompa air dengan blower udara, walau sama - sama mengunakan impeller karena jenis centrifugal.  Jika pada pompa air flow diatur oleh valve discharger  pompa, tetapi jika pada blower udara flow diatur oleh valve suction blower.

Begitu pula dengan electrical systemnya blower ini , Electro motor dilepas untuk di perbaiki karena indikasinya dari bearing motor ada sedikit oblak di bearingnya. Sehingga electro motornya juga di dismantle.
 
Material tersebut dibawa ke workshop untuk diperbaiki. ada yang di perbaiki sendiri ada juga yang dilakukan perbaikan ke pihak ke tiga, diworkshop yang mempunyai fasilitas perbaikan untuk unit part tersebut.
Untuk inner rotor dilakukan perbaikan balancing dilakukan oleh pihak ke tiga karena ditempat dhevils mechanic bekerja tidak mempunyai nalat balancing yang sebesar unit norhtern blower model ini.
Untuk suction chamber atau manifold dilakukan pabrikasi, karena unit yang lama sudah pada keropos dan bolong - blong korosive, dan harus dilakukan pengantian baru dari pada memperbaiki nanti terlihat jelek tambalannya.
 
Electro motor selain pengantian bearing juga dilakukan perbaikan pada gulungan statornya, dimana dilakukan sirlak ulang dan oven .
Untuk valve demper dilakukan coating ulang karena selain sudah banyak yang karat, bukaan valve ini seret dan keras, sehingga bukaan anatara sisi kanan dan kiri suction sering tidak imbang. Dan hal ini salah satu penyumbang vibrasi yang terjadi pada blower ini, terutama untuk vibrasi yang arah axial vibration.
 
Setelah semua part sudah ready. pekerjaan dilanjutkan instal kembali dilapangan dengan urutan sekarang dibalik dari proses dimantle. Pekerjaan ini harus hati - hati jangan sampai part yang sudah diperbaiki akan menemukan kerusakan sehingga unit tidak normal dalam beroperasi.

begitu juga electro motro dipasang di site, jangan lupa cable - cable electrical systemnya dipasang. karena banyak line cable untuk ke control panel memonitor kondis dari northern blower ini. 
Semua sudah terpasang lanjut dilakukan solo run terhadap electro motor, hal ini di coba untuk memastikan electro motor dan control panel sudah bekerja dengan normal dan benara arah putarannya, apalagi electro motor ini jenis MV motor dengan tegangan kerja 6000 volt 
Electro motor dapat running normal dilanjutkan pemasangan kopling anatara unit blower dan electro motor. jangan lupa pemasangan ini harus di aligmnet ya, untuk memastikan kelurusan anatara shaft blower dan shaft electro motor.
Setelah dilakukan pemasangan kopling pekerjaan dilakukan untuk mech run, atau juga disebut running dengan dikople beban. mech run ini juga bisa disebuut commisioning unit setelah perbaikan.
 
Setelah unit running dan beroperasi, monitoring unit tetap selalu di lakukan per 2 jam terhadap temperature bearing, vibrasi dan visual check oleh operator produksi yang tertuang di locksheet dari blower ini.

Rangkuman perbaikan blower ini juga ada dishare oleh dhevils mechanic di channel youtubenya seperti dibawah ini :



Terima kasih sudah mengunjungi blog dhevils mechanic ini, ditunggu komentar dan diskusinya terkait northern blower ini, atau jika temen - temen mempunyai pengalaman yang sama dapat ditulis dikolom komentar supaya sharring knowledge ini l;ebih seru lagi dan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...