Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Troubleshoot Mencari Penyebab Kawasaki Gas Turbine Generator Miss Fire

Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan dehevils mechanic nich.. yang tak jauh - jauh bahas dunia mechanic Oil and gas Industry, sharring pengalaman kerja mechanic, troubleshoot dan peneyeleseian dilapangan dengan cara mudah dan cepat untuk diaplikasikan. Dan kali ini dhevils mechanic inginmembahas dunia Turbine generator.

Baca juga :

Screw Air Compressor

Sonolog Dan Peralatannya

Mengenal Lebih Jauh Dengan Kawasaki Gas Turbine Generator

Turbine generator ini dengan merk Kawasaki dengan model GPB30 berkapasitas 2.8MW sebagai power generation di sebuah plant pengolahan gas alam / natural gas sebelum gas tersebut dikirim ke konsumen dengan bermacam - macam komposisi gas yang distandardkan. misalkan CO2 max, H2O max, Sulfur Max,  H2S Content dll 

 Turbine Generator kawasaki ini berbahan bakar dual fuel dimana pada saat plant masih mati atau belum ada gas yang siap untuk digunakan sebagai bahan bakar, turbine kawasaki ini dapat beroprasi mengunakan bahan bakar diesel dimana kebutuhannya per 1 unit turbin itu mengunakan bahan bakar pertadex sebesar 800liter - 1000 liter per jamnya, setelah gas yang diolah sudah memenuhi standar content yang diizin kan sebagai bahan bakar gas, baru unit turbin ini di switch auto ke bahan bakar gas tersebut.

Dan kali ini trouble yang terjadi adalah unit turbine ini tidak dapat distart, dengan alrm di control panel miss fire, pekerjaan troubleshootnya seperti apa ? ikuti terus tulisan dhevils mechanic ini yaa..

Sebelum Mechanic turun kelapangan harus ada notive atau works order yang ditujukan ke bagian mechanic di unit mana yang butuh perbaikan dan kendalanya seperti apa? setelah itu baru team mechanic membuat SIKA dan JSA, untuk sika itu berfungsi sebagi izin permit untuk melakukan perbaikan, sementara untuk JSA(Job Safety Analisis) berfungsi untuk memitigasi kemungkinan - kemungkinan insiden/ resikonya dan solusinya seperti apa.

 

Setelah unit di lakukan LOTO (Lock Out Take Out) supaya tidak ada hal yang diinginkan dengan start sendiri atau tidak sengaja terpencet start sendiri. yakin semua sudah aman dilakukan LOTO tadi baru team mechanic lakukan pengecheckan pada unit yang alarm tadi.

 

Dilakukan pembongkaran Nozzle liquid dan gas dari engine turbine ini, dan untuk kawasaki turbine generator ini cukup sederhana karena 1 chamber mengunakan 1 nozzle dan unit kawasaki model GPB 30 ini 1 gearbox di gerakan 2 engine turbine. Dan tiap 1 engine turbin hanya memiliki 1 chamber.

 

Setelah di bongkar terlihat nozzle berkerak hal ini disebabkan bahan bakar yang tidak terbakar sempurna sehingga bahan bakar mengendap di ujung dari nozzle ini dan menutupi arah udara yang akan masuk sehingga campuran udara dan bahan bakar tidak homogen dan lonacatan bungga api dari sparkplug tidak mampu membakar dari liquid yang disemburkan nozzle.

Proses pembersihan dan pemasangannya dapat dilihat dari video youtube ini, jangan lupa like dan subscribe ya teman - teman. Supaya kami dapat berbagi pengalaman - pengalaman kerja kami dan bermanfaat bagi yang membutuhkan info - info terkait dunia mechanic Oil and Gas Industry.

Setelah semua selesei unit lanjut untuk di starting untuk test performanya sesuai dengan load plant secara normal.

Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa komentar dan diskusinya supay sharring knowledge ini lebih seru lagi dan pengalaman kerja ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...