Skip to main content

Pengantian Gas Control Valve Governor Turbine Generator Kawasaki GPB30

 

Hallo teman - teman semuanya, ketemu lagi tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh pembahas terkait dunia mechanic di Oil and Gas Industry. Dimana sering diulas oleh dhevils mechanic terkiat speck unit yang biasa digunakan di oil and gas, troubleshot serta ide - ide yaang dapat digunakan dalam menyeleseikan masalah yang terjadi dilapangan. Dan kali ini yuk kita ikuti kisah dhevils mechanic dalam pekerjaan pengantian gas governor pada unit turbine generator dengan merk kawasaki dan dengan model GPB 30.

Baca juga :




Turbine dengan merk kawasaki  GPB 30 ini adalah salah satu turbine yang dikeluarkan oleh perusahaan kawaski group dimana unit ini sangat jarang sekali populasinya terutama di indonesia. untuk kantor keagennanya  sendiri di indonesia belum ada sehingga radha menyulitkan pada saat maintenance. jika pun ada biasanya harganya juga lumayan diatas rata2 karena tidak ada pilihan lagi. Dan karena populasinya sedikit dari manufacturenya juga radha sulit dihubungi karena mungkin melihat dari cost yang dikeluarkan tak sebanding dengan feedback penghasilannya. Namanya juga bisnis.

Nah ditempat dhevils mechanic bekerja ada 4 unit merk Tturbine Kawasaki dimana modelnya GPB30. disini model ini menganut 2 engine turbine yang disatukan kedalam 1 gearbox yang kemudian untuk mengerakan 1 generator dengan kapasitas 2.8MW. dan dalam proses operasinya running 3 unit standby 1 unit dengan beban rata-rata 7 MW untuk mengerakan peralatan proses tempat dhevils mechanic bekerja.
Unit Kawasaki turbine ini menganut dual fuel dimana pada saat plant belum mengolah gas, turbin running dengan mengunakan liquid fuel dan disini mengunakan pertadex. dan jika gas sudah tersedia di proses maka unit akan beralih ke gas fuel. perlaihannya ini dapat dilakukan secara automatis dan dapat dipula secara manual.

Permasalahanya selama ini adalah unit gas turbin beralih secara sendiri dari gas ke fuel sementara di jalur line gas fuel tidak ada anomali terkait pressure maupun komposisi dari gasnya. Dan dalam proses perpindahan ini seringnya tidak berhasil dengan smooth sehingga unit mengalami shutdown. 

Dalam proses perpindahan fuel governor diesel tak selalu ready jika perpindahannya spontan. Dimana membutuhkan waktu untuk membuka governar liquid secara bertahap dan menutup line gas yang secara bertahap pula, sehingga perpindahnnya dapat terjadi linear dengan beban yang dipikul oleh unit turbine generator ini.
Setiap selesei kejadian shutdown unit kita download untuk melihat di squence mana permasalhan itu terjadi. apakah dari suplay fuel gas? atau dari controlnya sendiri yang menyebabkan shutdown terjadi? dan disini kita check PLC sudah memerintahkan untuk membuka fuel gas lebih banyak sebelum memerintahkan liquid governor untuk membuka, tetapi di gas governor actuatornya tidak merespond sehingga kita putuskan untuk menganti gas governornya, karena jika kita bongkar dan perbaiki akan butuh waktu yang cukuo lama.

Gas governor ini merk woodward ini bermodel GS6  fuel valve control dimana mempunyai speck seperti berikut :
Valve Gas Flow Range                                      : 4.5 to 6800 kg/h (10 to 15 000 lb/h)
Parameters Gas Supply Pressure                       : 690 to 5170 kPa (100 to 750 psig)
 Gas Temperature                                               : –40 to +93 °C (–40 to +200 °F)
 Minimum Pressure Differential         : 138 kPa (20 psid) recommended for accurate flow characteristics
 Maximum Pressure Differential                        : 5170 kPa (750 psid)
 Gas Filtration Recommendations                      :25 µm Absolute
 Metering Ports (maximum geometric area)  : 0.15 in² (97 mm²), 0.30 in² (194 mm²), 0.45 in² (290 mm²), 0.60 in² (387 mm²), and 0.75
in² (484 mm²)
 Metering Valve Leakage: 0.1% of rated flow maximum
 Slew Rate                                                          : <100 ms
 Position Loop Bandwidth                             : 40 rad/s at –6 dB at 24 Vdc and 450 psi (3100 kPa) supply
 Flange to Flange Dimension                         : 5.80 inches (147.3 mm) nominal
 Materials                                                      : Aluminum housing with SST (stainless steel) wetted parts, NACE MR0175-2000

compliant
 Weight                                                           : 20.4 kg (45.0 lb)
Gas Inlet and Discharge                                 : 1.5 inch (38 mm) SAE flanges per J518 Code 61
Connections Overboard Vent                          : Port per SAE J1926/1-4
Flow Analog Input                                          : The lesser of 5% of point or 2% of full scale
Accuracy Digital Input                                   : 2% of point
Repeatability Analog Input                             : ±0.5% of full scale
 Digital Input                                                   : ±0.1% of full scale
Temperature Drift Analog Input                     : 0.05% of full scale input demand (4–20 mA) per degree F
 0.09% of full scale input demand (4–20 mA) per degree C
 Digital Input                                                   : N/A
Electrical Input Power                                     : 24 Vdc (18–32 Vdc)
Specifications Steady State Current                : < 2 A typical
 Maximum Transient Current                          : 7 A for 100 ms

Electrical Connections Field Wires enter junction through dual 0.750-14 NPT threaded conduit connections, Terminal blocks in integral junction box, stud for external ground
 Valve Position Demand Signal           : 4–20 mA current signal into 249 ȍ impedance, DeviceNet™ * or CANopen interface
 Valve Position Feedback Signal     : 4–20 mA current signal into < 500 ȍ impedance, DeviceNet or CANopen interface
 Shut-down/Reset Command              : Close contact to run, open to shut down
 System Fault Output                  : Isolated FET for direct control connection with or without interposing relays
 Maximum Current                              : 500 mA (10 µA leakage)
*—DeviceNet is a trademark of ODVA (Open DeviceNet Vendor Association, Inc.)
Environmental Specifications
 Operating Temperature Range              : –40 to +93 °C (–40 to +200 °F)
 Electromagnetic Compatibility (EMC)  : EN 61000-6-2 (2001): Immunity for Industrial Environments
 EN 61000-6-4 (2001)                           : Emissions for Industrial Environments
 Shock                                               : US MIL-STD-810C method 516.2, procedure 1 (10 G Peak, 11 ms duration, sawtooth
waveform)
 Vibration                                          : US MIL-STD-810C, Method 514.2, Procedure I, Figure 514.2-2, Curve AR (2 G test from
10 to 2000 Hz)
 Humidity                                            : US MIL-STD-E-8593, paragraph 4.6.2.3.3
 Salt Fog                                              : US MIL-STD-810, Method No. 509
 Ingress Protection                              : IP56 per EN 60529
Regulatory Compliance
 European Compliance for CE Marking :EMC Directive: 2004/108/EC
Pressure Equipment Directive             : 97/23/EC, (Category II)
ATEX Directive                                   : 94/9/EC per LCIE 02 ATEX 6049 X, Zone 1, Category 2, Group IIG, Ex d IIB T3.  Zone 2, Category 3, Group IIG, Ex nA IIC T3
Gas Control Valve Governor sendiri berfungsi untuk mengatur bahan bakar gas yang akan masuk ke Gas Nozzle yang ada di ruang bakar dimana pembukaan valve ini menyesuaikan dengan beban dari generator, semkain berat beban generator yang dipikul akan semakin lebar bukaan fuel gas valve ini sehingga gas fuel diharapkan akan lebih banyak masuk ke dalam ruang bakar.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, kendalanya adalah gas control valve ini kadang error membuka dan menutup sendiri sehingga turbin auto pindah ke liquid valve governor dan fuel liquid yang aktive. jika posisi enggine turbine tidak ada kendala sich ndak masalah paling hanya bahan bakar pertadex yang cepat habis, tetapi jika unit shutdown dan  2 unit yang masih running tidak mampu memback up kebutuhan power maka plant akan mengalami black out dan pengolahan gas akan menjadi offspeck karena proses pemurnian gas gtidak sempurna. hanya unit - unit utama yang dapat dihandle oleh genset  emergency.
Dari permasalahan tersbutlah akhirnya tidak diperbaiki posisi masih di unit tetapi kita ganti unit baru dulu baru kemudian unit bekasnya kita perbaiki ungtuk dapat dijadikan back up gas control valve governor  jika sewaktu - waktu unit yang lain mempunyai permasalahan yang sama.

Sebelum kita melakukan pekerjaan dilapangan tentunya kita siapkan dulu document - document pendukungnya supaya pekerjaan kita menjadi aman, dimana surat pendukung nya salah satunya adalah permite to work yang biasa kita sebut dengan SIKA (Surat Izin Kerja Aman) dimana sebagai lampirannya ada document JSA (Job Safety Analisis) yang menguaraikan urutan pekerjaannya, apa resiko kecelakaannya? bagaimana cara memitigasinya serta PIC nya siapa?
Setalah document komplite lanjut dilakukan LOTO (Lock Out Take Out) dahulu, dimana hal tersebut bertujuan untuk pengamanan pada saat lagi dilakukan perbaikan oleh team maintenance tidak ada bagian / orang lain yang akan menstart / mengoperasikannya. untuk Maintenace mechanical umumnya mengunakan kunci warna Hijau, temen2 electrical mengunakan kunci warna merah dan temen - temen operasi mengunakan kunci warna kuning. 
Untuk pekerjaannya sebenarnya tidak lama, dimana kita melepas pipa2  inlet dan outletnya dan melepas 16 jalur cable dari gas control valve ini, tetapi karena posisinya dibawah kolong engine turbine 1 sehingga pekerjaan ini harus dilakukan dengan hati - hati, karena banyak peralatan yang kecil - kecil lainnya. Jangan sampai pekerjaan kita ini malah membuat perlatan yang lain rusak.
Setelah pekerjaan pembongkarannya selesei, kita lakukan cleaning pada pipa - pipa dan peralatan disekitarnya baru kemudian kita pasang kembali unit yang baru, memyeseuiakan dengan wiiring diagram yang lama. setelah itu baru kita colokan laptop untuk mensetting convogurasi yang sama dengan gas control valve yang lama.

Setelah selesei semua baru kita lakukan PSSR atau sering kita sebut Pre StartUP Safety Review dimana kita nanti ada check list dari bagian maintenace dan operasion sehingga menjamin start up akan dilakukan dnegan baik tidak ada kendala dilapangan 

Demikianlah tadi sedikit cerita terkait pengantian gas control valve merk woodward GS6 untuk mengontrol gas turbine generator GPB30, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jika kalianmempunyai pengalaman atau pertanyaan terkait hal diatas kalian bisa tulis dikolom komentar. dan jika kalian pengen lebih tahu terkkait dunia mechanic oil and gas kalian juga dapat kunjungi cahnnel youtubenya dhevils mechanic hanya di :
https://youtube.com/@DwiHardi

Karena Kami Bangga Dan Bahagiyah Dapat Berbagi Pengalaman Kerja Kami

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...