Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Engine Merk Guascor Di Dunia Oil & Gas Indonesia

 
Mungkin untuk sebagian orang sudah kenal dan paham akan merk Guascor, tetapi sebagian besar merk tersebut masih asing bagi orang - orang awam, merk engine dari mana? bagaimana kehandalannya? bagaimana after salesnya? dan mari kita ulas satu persatu kelebihan dan kekurangan dari unit engine yang bernama Guascor, supaya kita lebih familier dengan bermacam - macam merk engine terutama merk atau manufacture yang berkecimpung didunia Oil and Gas Industry di Indonesia.
 Guascor adalah merk engine dari negara Spanyol dan sejak tahun 1966 memproduksi diesel engina dan gas engine, dengan beriringnya waktu perusahaan tersebut bergabung dengan Dresser-Rand sehingga namanya semakin besar untuk menjual product - product diesel engine dan gas engine. dan akhirnya pada tahun

Pada tahun 2009 Guascor merambah ke dunia Oil and Gas Indonesia. dan salah satunya yang menginvestasikan untuk memiliki unit gas engine generator adalah PT Pertamina EP Field Jatibarang.  Model yang pertama kali terpasanga adalah SFGLD560 dengan Specsifikasi sebagai berikut : Fuel natural gas, compresi ratio 11.1:1, 16 Cylinder. dengan spesifikasi Generator manufacturer  LEROY SOMER. speed: 1500 rpm. frequency: 50 Hz. power: 1190 KVA. Voltage: 400 V. COS: 0.8, control panel untuk unit ini juga masih campuran electric dan manual.

Baca juga :





Pada tahun 2010 PT Pertamina EP Field Jatibarang menambah 1 unit lagi dengan model SFGM560,   dengan bahan bakar Natural gas compresi ratio engine 12.1:1 sebuah agen yang sangat berani menawarkan kompresi ratio tinggi dengan spesifikasi metan number dari sumur langsung tanpa ada pemisahan unsur - unsur gas yang tidak diperlukan oleh engine. sehingga unit ini tidak dapat beroperasi dengan maksimal. Unit hanya dapat dibebani maksimal 50% dari kapasitas.

Pada tahun 2011 penambahan  3 unit dengan model SFGLD 560 kembali ke model pertama beli tetapi untuk control panel sudah ada perdengan Seiring berjalannya waktu PT Pertamina EP semakin banyak unit Generator set merk Guascor. Unit ini sebenarnya jika dirawat dengan baik akan beroperasi dengan handal, mudah perawatannya dan jika kebutuhan material dan service terpenuhi dengan baik kita dapat benyak keuntungan dengan memiliki unit Guascor karena semua sudah dengan control system electtronic.
 
Lanjut pada tahun 2012 PT Pertamina  kembali membeli unit Guascor dengan model SFGL 560 dan kali ini dengan tambahan SFGLD560LCR atau dengan Low Compresion ratio, dan unit ini lebih familier dengan kompposisi gas yang langsung dari wellhead, dengan compresi ratio 9.5:11 merk - merk lain pun seperti Caterpillar, waukesha, Arrow, MWM, Doosan, banyak yang mengunakan low compresi ratio menyeseuaikan dengan metan number yang ada.
Dan Berikut ini adalah kelebihan - kelebihan unit Gas engine generator merk Guascor yang ada di PT Pertamina  :
 
1. Unit Full komputerais  sehingga memudahkan dalam pengoperasian dan perawatan.
2. Ignition system sudah mengunakan CPU 95 dengan HMI yang dapat dengan mudah diakses oleh operator maupun teknisi untuk setting performa dari ignition system
3. Iginition System sudah terintegrasi dengan Knocking system dan PLC untuk control engine
4. Untuk system pendinginanya sudah mengunakan cooling tower yang full electrical dalam pengoperasian dan mmempunyai 2 pompa external untuk main cooling dan auxulury cooling.
6. System pelumasan sudah mengunakan elkecttrical sehingga dapat dengan oatomatis pengisian minyak pelumas dan pengisisna day tank oil yang mudah.
7. Untuk Fuel system sudah ada protecsi bertahap dari fuel filter yang terkolaborasi dengan system Gas Ram dari engine.
 
Kita tidak fair jika hanya menyebutkan keuntungan atau kehandalan dari unit Guascor saja tetapi dibalik keuntungan atau kehandalan unit Gas Engine Generator merk Guascor juga menyimpan beberapa kekurangan, dan berikut ini adalah kekurangan unit guascor versi dhevils mechanic.
1. Konstruksi cylinder head yang teralu tipis dan desain baut cylinder head ada yang llurus dengan jalur exhaust, sehingga hal ini sering membuat bolt cylinder head mudah putu karena tidak mampu menahan panas yang berlebih dijalur exhaust. dan hal ini sering terjadi
 
2.System intercooler untuk fuel system yang kurang dalam mendinginkan gas fuel yang masuk yang membuat unit dengan mudah knocking karena natural gas yang masuk keruang cylinder sudah terbakar sebelum pada waktunya.
3. System Load sharring dan load shadding yang membutuhkan settingan selanjutnya karena untuk syncronaize dengan type berbeda membutuhkan waktu yang cukup lama
 
4. Harga Spare part yang lebih tinggi dari merk - merk yang sejenis, dan hal ini yang menyebabkan biaya operasional lebih tinggi dibanding dengan merk lainnya.

5. Support dari agen penjualan yang kurang memadai dan terkesan untuk di Indonesia hanya untuk rebutan lahan bisnis sementara yang mengambil keuntunngan terlalu besar sehingga tidak memikirkan kelangsungan unit untuk terus dapat beroperasi dengan handal.
Demikianlah ulasan Dhevils Mechanic untuk product gas engine generator yang ada di lokasi tempat bekerja, semoga dapat memberi kita gambaran akan produsct gas engine generator dengan merk Guascor, ditunggu komentar dan diskusinya

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...