Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Kerja Di Offshore Platform ( bagian 3)

Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tak jauh membahas dunia mechanic oil and gas, entah itu spesifikasi dari unit equipment yang ada di oil and gas, entah itu tentang troubleshooting peralatan di oil and gas atau tentang kehidupan sehari - hari sebagai mechanic oil and gas. Dan kali ini dhevils mechanic ingin mengkisahkan pengalaman waktu bekerja di offshore platform melanjutkan kisah yang pernah dhevils mechanic tulis di episode sebelumnya.
Kerja di offshore platform memang banyak sekali tantangan dan persyaratannya, untuk mulai masuk saja kita harus mempunyai izin untuk bekerja disana yang seminggu sebelumnya sudah di ketahui oleh Korlap platform guna menghitung POB yang ada di platform,  mempunyai siml yang dikeluarkan oleh team hsse, mempunyai sertificate sea survival, dan tentau mempunyai job pekerjaan yang membolehkan kita tinggal disana.
Untuk pekerja reguler yang memang penempatan disana hal tersebuit sudah menjadi keseharusan, kita kumpul dahulu di basecamp offshore, disana semua dicheck dari kesehatan kita, tensi kita harus dibawah 140/80, tidak mempunyai penyakit yang membahayakan dan dapat kumat / kambuh  sewaktu - waktu. Setelah secara kesehatan lolos baru kita boleh di berangkatkan ke offshore platform.

Jadwal berangkat ke offshore platform pada saat situasi normal / sebelum heboh covid 19 ini setiap minggu ada jadwal keberangkatan kapal, serta membawa kebutuhan makanan di offshore platform, tetapi setelah masa pandemi ini jadfwal dirubah 3 minggu sekali jadwal keberangkatan kapal dari darat ke offshore platform.

Setelah data POB lengkap dialkuan hsse induction yang setiap berangkat selalu diingatkan alarm - alarm yang terjadi, bagaimana proses penyelamatan jik aterjadi hal - hal yang diinginkan supaya kita selalu award terhadap lingkungan kerja kita. baru dari basecamp/mess dibernagkatkan ke pelabuhan dengan satle bus, menuju tempat bersandarnya crewboat. dan sesuai jadwal kebernagkatan sudah mempunyai izin berlayar oleh syah bandar baru berangkat ke offshore platform.

Untuk membawa kebutuhan bahan bakar, kebutuhan air maupunmembawa peralatan yang besar disediakan kapal yang lebih besar dengan sebutan AHT, sehingga membawa barang - barang yang berbahaya tidak dijadikan satu dengan kapal penumpang crew.

Perjalanan dari pelabuhan ke offshore platform tempat dhevils mechanic bekerja jika cuaca bagus, ombak dan arus mendukung sekitar 3,5 jam, tetapi jika sedang cuaca kurang bersahabat yaitu musim baratan atau timuran bisa menjadi 4 sd 5 jam perjalanan tergantung kelihaian nahkoda membawa laju kapal.

Sesampai di offshore platform kita harus mengisi data ondusty dan menunggu Pmbagian kamar dimana kita musti tidur/atau istirahat, Di nomor kapal penyelamat mana nanti kita harus menuju jika terjadi hal - hal yang diinginkan. dimana letak workpest emergency. dan Hsse induction kembali bagi yang baru naik di offshore.  Untuk pekerja reguler sudah ada kamar masing - masing.

Untuk kebutuhan makan dan minum disediakan ruangan khusus (dinning room) dimana disana tempat berkumpul dan bercengkrama sesama penghuni / pekerja yang ada di offshore platform. ada ruangan khusus bagi penikmat rokok yang berbeda dengan ruangan makan ini.

Kadang ada acara - acara khusu yang dilakukan di offshore platform untuk memeriahkan hari - hari tertentu dan untuk membangun kebersamaan, karena di offshore platform suasana alamnya tida ramah sehingga mudah menyulut emosi sesama pekerja.

Kegiatan Ibadah disediakn musola di lantai atas, dibawah helly pad. dan dapat juga digunakan untuk kegiatan jumátan bagi penghuni offshore platform, buku - buku keagamaan juga terdeia di rak penyimpanan buku di musholla.

Untuk yang suka olah raga juga disediakn perlatan GYM di lantai samping musola sehingga selain bekerja kita juga dapat menjaga kesehatan tubung dengan angkat beban, bersepeda, lari dengan treadmill dan lain - lain.

demikianlah beberapa tempat atau legiuatan para pekerja offshore semoga dapat membantu membuka wawasan klita terkait apasaja sich di offshore platform? jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait bekerja di offshore platform tulis dikolom komentar yaa.. supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi

)* foto koleksi dhevils mechanic

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...