Skip to main content

Arrow Ku Sayang Arrow Ku Malang type Arroe Gas Engine A160

 
Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas indutry, dimana sering diulas terkait bagaimana unit - unit pompa dan equipment lain di operasikan, perawatannya dan troubleshot dilapangan serta ide - ide kreative dalam memecahkan masalah yang sering terjadi dilapangan. Dan kali ini yuk kita bahas terkait engine Arrow yang pernah dhevils mechanic temuin

Baca juga :




Tulisan ini berawal saat dhevils mechanic yang saat ini bekerja di bagian electric dan instrument datang ke suatu plant dimana melihat beberapa unit engine dengan merk Arrow rusak terbengkalai dengan kondisi yang mengenaskan.

Batin dan jiwa dhevils mechanic kemudian bergelora miris melihat kondisinya seperti itu dan dhevils mechanic mencari informasi unit - unit ini termasuk baru dan sayang faktor operasional nya  yg hanya bisa strat dan tidak monitor unit pada saat operasi sehingga kecolongan kehabisan air dan unit keburu rusak.

Dhevils mechanic juga mencari - cari informasi kebagian maintenance nya bagaimana sich cerita unit sampai terbengkalai begini? usut punya usut memang  selain faktor bagian operasi yang kurang tanggung jawab pada unitnya juga bagian maintenance tidak menguasai proses perbaikannya dan ya lengkap  sudah  kejadian yang menimpa unit - unit engine di tempat ini.

Dhevils mechanic penasaran seperti apa sich engine Arrow yang satu ini, karena pengalaman dhevils mechanic dalam merawat unit engine arrow ini sangat mudah dan termasuk engine yang heavy duty. sehingga sayang jika di biarkan mangkrak menjadi besi tua.

Dhevils Mechanic langsung berselancar ke web resminya Arrow yaitu ,"arrowengine.com"  dimana selama ini web ini tidak sulit untuk bebagi speck maupun manual book nya..beda dengan unit - unit engine lain yang manual book itu dikuasai oleh teamnya manufacture atau agennya saja. Dan banyak suplyer atau permasamaan alat / spare part yang ada di pasaran hanya saja bagaimana keseriusan kita dalam menyeleseikan permasalahan di lapangan.

Untuk Keluhan Ignition system disini Arrow mengunakan merk Altronic dan altronic sendiri banyak type dan suplyer yang ada di indonesia, kita dapat menghubungi rekanan - rekanan untuk mensuplaynya. atau jika tidak dapat merk Altronic kita juga dapat mengunakan merk lain.
Untuk keluhan spark plug kita dapat mengunakan merk2 lain yang ada disekitar kita seperti champion, bosch. NGK, dan lain - lain tinggal ukur dimensi dari drat spark plug dan panjangnya sesuaikan dengan spark plug yang terpasang.

Untuk keluhan Motor starter kita tinggal bongkar dan ukur diameter gigi bendik dan berapa jumlah giginya nantgi kita carikan permasamaannya di pasaran.

Untuk keluhan minyak pelumas Gearbox panas, dimana engine mengeluarkan RPM 1500 dan pompa membutuhkan RPM 3000 makan dibutuhkan gearbox atau increase gear dan memang kendala disini minyak pelumasnya cepat sekali panas, solusinya tambahkan oil cooler hydrolic yang mengunakan power DC atau AC jika tersedia power di sekitaran unit. hal ini dapat menambah usia pakai dari minyak pelumas dan reability dari gearboxnya.

Untuk keluhan suara bising dari unit A160 ini tinggal modif exhaust / knalphotnya dengan ditabhkan selincer dan dikasih pendinginan air sebagai tambahan supaya suara tidak bising dan knalphotnya tidak mengeluarkan api.

jadi sebenarnya apapun keluhannya terkait unit ini dapat diselseikan tergantung dari bagaimagimana keseriusan kita dalam menyeleseikan permasalahan di lapangan. kadang hati kita sebagai mekanik bergejolak jika melihat unit yang terbengkalain

Demikianlah sekelumit cerita terkait Arrow type A160 yang terbengkalai di tempat kerja dhevils mechanic dan sayangnya dhevils mechanic tgidak dibagian itu lagi...

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...