Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas indutry, dimana sering diulas terkait bagaimana unit - unit pompa dan equipment lain di operasikan, perawatannya dan troubleshot dilapangan serta ide - ide kreative dalam memecahkan masalah yang sering terjadi dilapangan. Dan kali ini yuk kita bahas terkait engine Arrow yang pernah dhevils mechanic temuin
Baca juga :
Tulisan ini berawal saat dhevils mechanic yang saat ini bekerja di bagian electric dan instrument datang ke suatu plant dimana melihat beberapa unit engine dengan merk Arrow rusak terbengkalai dengan kondisi yang mengenaskan.
Batin dan jiwa dhevils mechanic kemudian bergelora miris melihat kondisinya seperti itu dan dhevils mechanic mencari informasi unit - unit ini termasuk baru dan sayang faktor operasional nya yg hanya bisa strat dan tidak monitor unit pada saat operasi sehingga kecolongan kehabisan air dan unit keburu rusak.
Dhevils mechanic juga mencari - cari informasi kebagian maintenance nya bagaimana sich cerita unit sampai terbengkalai begini? usut punya usut memang selain faktor bagian operasi yang kurang tanggung jawab pada unitnya juga bagian maintenance tidak menguasai proses perbaikannya dan ya lengkap sudah kejadian yang menimpa unit - unit engine di tempat ini.
Dhevils mechanic penasaran seperti apa sich engine Arrow yang satu ini, karena pengalaman dhevils mechanic dalam merawat unit engine arrow ini sangat mudah dan termasuk engine yang heavy duty. sehingga sayang jika di biarkan mangkrak menjadi besi tua.
Dhevils Mechanic langsung berselancar ke web resminya Arrow yaitu ,"arrowengine.com" dimana selama ini web ini tidak sulit untuk bebagi speck maupun manual book nya..beda dengan unit - unit engine lain yang manual book itu dikuasai oleh teamnya manufacture atau agennya saja. Dan banyak suplyer atau permasamaan alat / spare part yang ada di pasaran hanya saja bagaimana keseriusan kita dalam menyeleseikan permasalahan di lapangan.
Untuk Keluhan Ignition system disini Arrow mengunakan merk Altronic dan altronic sendiri banyak type dan suplyer yang ada di indonesia, kita dapat menghubungi rekanan - rekanan untuk mensuplaynya. atau jika tidak dapat merk Altronic kita juga dapat mengunakan merk lain.
Untuk keluhan spark plug kita dapat mengunakan merk2 lain yang ada disekitar kita seperti champion, bosch. NGK, dan lain - lain tinggal ukur dimensi dari drat spark plug dan panjangnya sesuaikan dengan spark plug yang terpasang.
Untuk keluhan Motor starter kita tinggal bongkar dan ukur diameter gigi bendik dan berapa jumlah giginya nantgi kita carikan permasamaannya di pasaran.
Untuk keluhan minyak pelumas Gearbox panas, dimana engine mengeluarkan RPM 1500 dan pompa membutuhkan RPM 3000 makan dibutuhkan gearbox atau increase gear dan memang kendala disini minyak pelumasnya cepat sekali panas, solusinya tambahkan oil cooler hydrolic yang mengunakan power DC atau AC jika tersedia power di sekitaran unit. hal ini dapat menambah usia pakai dari minyak pelumas dan reability dari gearboxnya.
Untuk keluhan suara bising dari unit A160 ini tinggal modif exhaust / knalphotnya dengan ditabhkan selincer dan dikasih pendinginan air sebagai tambahan supaya suara tidak bising dan knalphotnya tidak mengeluarkan api.
jadi sebenarnya apapun keluhannya terkait unit ini dapat diselseikan tergantung dari bagaimagimana keseriusan kita dalam menyeleseikan permasalahan di lapangan. kadang hati kita sebagai mekanik bergejolak jika melihat unit yang terbengkalain
Demikianlah sekelumit cerita terkait Arrow type A160 yang terbengkalai di tempat kerja dhevils mechanic dan sayangnya dhevils mechanic tgidak dibagian itu lagi...



