Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Beginilah Cara Kami Bersaudara...!!!




Perjalanan hidup pekerja offshore yang dengan jadwal 2 minggu on duty dilaut dan 2 minggu off duty didarat. Pada saat didarat keluargalah yang utama, karena kita bekerja sianmg jadi malam dan malam menjadi siang untuk menbahagiyakn keluarga terutama anak, istri dan orang - orang yang menjadi tanggung jawab kita. Untuk masalah kehidupan orang offshore waktu didarat ngak usah kita bahas yaa. karena kebanyakan suka memakai baju seperti dibawah ini. dan yang merasa jangan tersinggung yaa..
 

 On duty kita 2 minggu hanya teman - teman yang menjadi keluarga kita, 24 jam kita bersama dengan meraka, sehingga keakraban para pekerja offshore bisa diacungi jempol dibanding dengan kebersamaan pekerja onshore, dan merak serasa sodara kita,

Saya tergelitik untuk menulis dan mengomentari dari Wall teman kita pakdhe Revi




Sementara waktu on duty kita berada di offshore kegitannya adalah jam 06:00 sd jam 18:00 kita bekerja sementara dari jam 18:00 sd jam 06:00 kita istirahat, didalam istirahat itu  kadang kita merasa bosan dengan kegiatan rutin kita. makan tinggal makan karena sudah disediakan oleh temen - temen catering, dan lama - lama kita bosan dengan masakannya walau masakan enak, tetapi jika kita begitu - begitu terus akan terasa bosan. dan cara kita sangat sederhana untuk menjaga kekompakan yang keluar aturan - aturan yang selama ini kita lihat kaku,  Kita sering berkumpul dengan cara kami untuk Bersaudara.  yaitu makan ditempat yang ngak lazim (makan dinning room itu sudah biasa) tetapi ini sangat istimewahh..

baca juga :

Jika Ingin Maju Kamu Harus Keluar dari  Yang Katanya Standard

Profile Team Mechanic Offshore

Siraman Kalbu Sang Dhevils Mechanic

Cerita Kehidupan Pekerja Offshore




 Berikut akan aku ceritakan personel - personel jagoan RAM Offshore PT Pertamina EP Field Jatibarang



Ini namanya Pakdhe Revi, beliau bagian instrument  pekerjaannya mengeluti control proses produksi oiland gas, dari angin yang bertekanan 1 Psi hingga oli Hidrolik yang bertekanan 10.000 Psi.. sangat dasyat pokonya.. beliau sangat jago dibidang Art.. iya Art sampai buannyak banget koleksinya.
hasil desain - desainya manteb pisan. banyak hasil karya beliau yang telah menempel di platform X- ray ini..




 OK Kita lanjut ke  Personel berikutnya, ini aku yang sebelah kiri,  bagian kerja apa ajah terserah boss dan teman - teman merintah, typeku sangat pemalu. dan aku masih junior disini jadi mau apa aja terserah teman - teman dan seniorku. yaitu si senior itu suka ngerjain yang junirnya. Tapi dengan Ikhlas aku menerimanya.



yang sebelah kanan itu om Bayong atau lebih kerennya disebut Casnaly. Dia ahli Electrical, mau arus lemah, selemah - lemahnya arus sampai arus kuat, sekuatnya arus. pokoknya ngak asing masalah kelistrikan. mau tentang control panel turbine, alarm proses produksi maupun hal - hal gitu dech..
ada satu hal yang ngak bisa dilupakan sama om bayonmg ini yaitu .." PASS WORD" semua harus pake pass word. klo ngak ada password bisa nge hank. situ percaya???


yang sebelah kiri keliahatan samping mukanya ini namanya om Ade, mekanik Gas turbine generator, percaya apa tidak sob, klo gas turbin di anjungan tempat kami kerja itu merk OPRA, Rpmnya 26.000 Rpm, kapasitas 1 unitnya 1.800 KW ada 4 unit disini, walau kadang yang atu jalannya endut2an, sampai bosen maentenancenya.


yang kiri ini Om Fajar Riyanto. bagian inpeksi atau pemain bayaran di RAM, klo ada yang akan di inpeksi baru datang ke platform, yang sebelah kanan itu ngak asing lagi, sang jagoan mekanik X-Ray namanya Om Rosa Baron. Aliran musinya Slow death, Gothic, Death Metal. Koleksi musicnya ueeehhh ngeri banget.. Workshop Mekanik sampai getarr tiap hari sob..


 Klo ini jagoan Scafolding, dia sudah mbah - mbah.. jangan lihat tampangnya yaa.. wajah sich masih seperti ABG tetapi cucunya sudah 2... dia punya ilmu awet muda, supaya rambutnya tetap hitam,  ehh namanya mbah Samin.. lengkapnya mbah Samin Umar.. dia Juga ahl;i ngelas.. ngelas overhead, ngelas rata, ngelas didalam air, malah juga dia bisa ngelas didalam minyak/ crude oil.. ilmu dan pengelamannya memang dayatt sob..

 
Ini foto sambel yang amat sangat pedes itu, sebenarnya bukan gambar sambel yang ingin aku tampilkan, Tpai foto pembuat sambelnya, dia namanya Om Ghalietz Lusiana Said. Koki andalan platform X-Ray.. sayang dia keburu pergi sebelum dapet giliran di sesi foto bersama..



Itulah cerita kami pekerja offshore.. yang jauh dari keluarga..
Tetapi kami mempunyai  cara untuk  Bersaudara...!!!

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...