http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hai teman - teman semua, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yaa, tulisan - tulisan tentang sharing penalaman hidup di dunia mekanikal Oil and Gas Industry, Hal - hal yang pernah dilakukan oleh dhevils mechanic dan team dalam menyeleseikan masalah - masalah yang terjadi dilapangan.
Dan di tempat kerja dhevils mechanic saat ini untuk artifial lift kebanykan mengunakan pumping unit atau sucker rod pump dengan pengerak gas engine. karena untuk fuel bahan bakarnya langsung dari gas yang keluar dari anulus / casing dari sumur itru sendiri sehingga didapat efiseiens pengunaan bahan bakar yang sangat efisien jika dibanding dengan mengunakan elmot dengan power genset atau dari dari listruik PLN dan juga lebih efeisiensi jika di bandingakan dengan HPU yang notabenenya kebanyakan sewa.
Baca juga :
Untuk gas engine yang digunakan kebanyakan mengunakan merk Arrow engine, karena selain mudah dalm perwatannya , unit ini juga bandel terhadap erubahan komposisi bahan bakar yang ada. karena jika dari anuslus belum ada gas yang keluar unit ini dengan mudah running mengunakan bahan bakar LPG yang beli ditoko - toko sekitaran tempat dhevils mechanic kerja
Dan kali ini dhevils ingin menceritakan pengalaman proses pengantian kopling PTO pada engine Arrow ini. karena hal ini sering sekali di lakukan karena memang populasi engine arrow di tempat dhevils emchanic banyak sekali.
Setelah mendapt laporan dari temen- temen operasi maka team dhevils mechanic meluncur ke lokasi untuk melakukan trouble shoot. setelah dilakukan pengecheckan memang ditemukan PTO slip dan di pastiana faktor penyebab slip adalah gigi dich pto sudah pada aus dan unit lanjut di bongkar.
Pembongkaran segera dilakukan karena unit memanng tidak boleh breakdown terlalu lama yang berdampak besarnya Lose production oil dan hal ini akan berdampak pada penmgahsilan minyak perharinya.
Setalah dibongkar disch PTO segera di ganti, karena memang part ini sering rusak dan kita sebagai emkanik harus mempunyai stock, supaya jika ada trouble dapat langsung di perbaiki.
jangan lupa check sekallian kondisi pilot bearing. jika ditemukan kerusakan segera ganti juga pilot bearingnya. Pilot beraing ini juga sering rusak jika dari crew slaha dalam mensetting kekencangan belt. maka sebaiknya pengencangan belt mengunakan standard yang disarankan oleh manufacture.
Setalah semua di check dan dipastikan kondisinya bagus maka unit PTO siap untuk dipasang kembali. jangan lupa kekencangan V-beltnya yaa.. supaya PTO dan baearing dapat aman dan awet.
Demikianlah proses pengantian / perbaikan PTO pada unit engine Arrow C106, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..
Comments