Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Trouble Shoot PTO (Kopling) Gas Engine Arrow C106

Hai teman - teman semua, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yaa, tulisan - tulisan tentang sharing penalaman hidup di dunia mekanikal Oil and Gas Industry, Hal - hal yang pernah dilakukan oleh dhevils mechanic dan team dalam menyeleseikan masalah - masalah yang terjadi dilapangan.

Dan di tempat kerja dhevils mechanic saat ini untuk artifial lift kebanykan mengunakan pumping unit atau sucker rod pump dengan pengerak gas engine. karena untuk fuel bahan bakarnya langsung dari gas yang keluar dari anulus / casing dari sumur itru sendiri sehingga didapat efiseiens pengunaan bahan bakar yang sangat efisien jika dibanding dengan mengunakan elmot dengan power genset atau dari dari listruik PLN dan juga lebih efeisiensi jika di bandingakan dengan HPU yang notabenenya kebanyakan  sewa.


Baca juga :




Untuk gas engine yang digunakan kebanyakan mengunakan merk Arrow engine, karena selain mudah dalm perwatannya , unit ini juga bandel terhadap erubahan komposisi bahan bakar yang ada. karena   jika dari anuslus belum ada gas yang keluar unit ini dengan mudah running mengunakan bahan bakar LPG yang beli ditoko - toko sekitaran tempat dhevils mechanic kerja
Dan kali ini dhevils ingin menceritakan pengalaman proses pengantian kopling PTO pada engine Arrow ini. karena hal ini sering sekali di lakukan karena memang populasi engine arrow di tempat dhevils emchanic banyak sekali.
 
Setelah mendapt laporan dari temen- temen operasi maka team dhevils mechanic meluncur ke lokasi untuk melakukan trouble shoot. setelah dilakukan pengecheckan memang ditemukan PTO slip dan di pastiana faktor penyebab slip adalah gigi dich pto sudah pada aus dan unit lanjut di bongkar.

Pembongkaran segera dilakukan karena unit memanng tidak boleh breakdown terlalu lama yang berdampak besarnya Lose production oil dan hal ini akan berdampak pada penmgahsilan minyak perharinya.
Setalah dibongkar disch PTO segera di ganti, karena memang part ini sering rusak dan kita sebagai emkanik harus mempunyai stock, supaya jika ada trouble dapat langsung di perbaiki.
jangan lupa check sekallian kondisi pilot bearing. jika ditemukan kerusakan segera ganti juga pilot bearingnya. Pilot beraing ini juga sering rusak jika dari crew slaha dalam mensetting kekencangan belt. maka sebaiknya pengencangan belt mengunakan standard yang disarankan oleh manufacture.
Setalah semua di check dan dipastikan kondisinya bagus maka unit PTO siap untuk dipasang kembali. jangan lupa kekencangan V-beltnya yaa.. supaya PTO dan baearing dapat aman dan awet.

Demikianlah proses pengantian / perbaikan PTO pada unit engine Arrow C106, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...