
Hallo teman - teman, berjumpa lagi dengan tulisan Dhevils mechanic yang bercerita tentang kehidupan di dunia Oil and Gas Industry, terutama tentang kehidupan kami sebagai seorang mechanic. Kali ini saya ingin memnceritakan tentang pekerjaan troubleshoot unit engine Cat G3412NA drop pada frequensi pada saat dibebani.
Unit engine genset ini dengan brandc caterpillar dengan bahan bakar natural gas yang berasal dari sumur/ wellhead yang hanya melewati sparasi pemisahan liquid dan gas tanpa memlalui proses pemurnian bahan bakar. pengilangan tau pengurangan unsur - unsur gas yang tidak digunakan pada proses pembakaran gas engine. pressure dari gas fule yang tersedia di filed ini adalah 9 Psi.
Ignition system pada unit engine Cat G3412NA ini mengunakan DISN (Digital Ignition System) dari manufacture Altronic. System ignition ini cukup handal dalam dunia gas engine dengan low maentenance. DISN ini mengunakan 3 sensor sebagai pengendalinya yaitu :
1. Magnetic Pick up untuk mengetahu berapa RPM dari engine tersebut dan untuk mengitung putaran pada Flywheel.
2. Reset magnetic Pick Up untuk menghembalikan putaran ke 0 lagi counter dari Magnec Pick Up RPM Flywheel
3. Half Efeck (HE) inni berfungsi untuk menghitung putaran dari Cam shaft dan digunakan untuk control ignition pada engine 4 langkah.
Untuk Starting unit genset Caterpillar G3412NA ini mengunakan electric starting dengan power 24Volt Dc, dan biasanya bermerk Delco Remy.

Power Bateray untuk system Starting dan Ignition system mengunakan 12 volt 200AH sebanyak 2 unit
Permasalahan yang terjadi adalah RPM engine drop pada saat beban, dan di tachometer display tidak dapat menampilkan RPM engine dan hal ini kita coba trace permasalahan yang terjadi.

Untuk permaslahan display pada tachometer kita coba buka panel dan kita temukan konector display tachometer yang ke ESS port 1, 2, dan 3 kendor kemudian kita kencangkan.
Untuk RPM Drop pada saat pembenanan, kita setting linked dari governor ke trootle body pada carburetor. kemudian unit kita start untuk test performer, hal ini kita lakukan karena pada saat running trotle body masih belum membuka full, sehingga asumsi dari kami kurang bukaan bahan bakar dan udara yang masuk keruang engine.

Didalam test pembebanan engine masih drop sedikit, sehingga solusi dari dhevils mechanic ditambah pressure bahan bakarnya supaya unit engine genset menambah tenaga engine. dan engine dapat beroperasi normal.
Merubah Diesel Engine Menjadi Gas Engine
TroubleShoot Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406
Cara Perbaikan System pengapian Pada Unit Engine Arrow C106 atau C255
Jadi demikianlah pekerjaan troubleshoot gas engine genset Cat G3412 NA ini, ada 3 hal yang harus diketahui dalam troubleshoot gas engine. yaitu :
1. Compression System
ini menyangkut ruang piston, valve dan perangkat lainnya. dan hal ini jarang sekali rusak dan dapat dilaihat dengan engine susah start, oli sdh pada bocor, komprsi lemah dengan mengkur kompresi tiap - tiap cylinder.
2. Ignition System
kita check kondisi mulai dari bateray, Magneto/ DISN, harnness, Transformer/ koil, Spark plug cable dan spark plugnya.
3. Fuel System
Kita check kondisi bahan bakarnya, basaha apa tidak, jika diperlukan ukur nilai kalornya/BTU sesuaikan dengan kompresi ratio engine,

Dari ketiga hal diatas kita pilih yang termudah dahulu, yang tidak ribet dalam pengerjaannya. dan pastikan jika sudah diperbaiki untuk test beban freq, voltase output generator sudah sesuai yaitu freq 50Hz, tegangan 380Volt pase to pase.. dan RPM 1500

Foto dan Tulisan diambil dari koleksi danpengalaman pribadi, Semoga dapat membantu, ditunggu komentar dan diskusinya yaa





