Skip to main content

Langkah - Langkah Perbaikan Motor Starter Bosch Yang Rusak

Halo teman - teman semua, ketemu lagi dengan dhevils mechanic yang tidak bosan - bosannya share  pekerjaan  dan pengalaman di Dunia mechanic Oil and Gas industry. dan kali ini dhevils mechanic ingin sahre pengalaman perbaikan electric starter dari engine John deere yang ada ditempat dhevils mechanic bekerja.
Berawal dari project Dhevils mechanic menghidupakn kembali 13 unit Fire Protection System atau juga disebut fire pump yang sudah lama sekali terbengkalai di pojok - pojok sebuah plant. unit - unit tersebut tergeletak semenjak unit datang kira - kira 5 tahun yang lalu dan ditempatkan sembarangan tanpa penutup. dan banyak dari unit tersebut yang sudah menjadi rumah hewan melata, rumah semut dan banyak ditumbuhi rumput dan belukar

Baca juga :



TroubleShoot  Mencari Penyebab Push Rod Bengkok Pada Engine Diesel Cat D3406

 Perbedaan Troubleshoot  Diesel Engine dan Gas Engine 

 Mencari Penyebab  Pompa Ebara  Pressure Discharger Drop

Satu - persatu unit di bangun dan dihidupakn kembali. Ada yang dapat running dengan sedikit sentuhan dhevils mechanic, ada pula yang harus bongkar total karena unit stuck atau ngejam tidak dapat diputar lagi. satu persatu pula part - part dhevils mechanic check kondisinya. dan salah satu partnya adalah electric stater
Electric starter untuk engine fire pump ini merk Bosch, dengan power 12 V DC. Electric starter ini dalam kondisi macet, digerkan dengan tangan berat sekali dan mau tidak mau harus dhevils mechanic bongkar.
Setelah dhevils mechanic bongkar kita dapat lihat kondisinya sangat memprihatinkan. Electric starter ini menjadi rumah semut dan korosif karena kemasukan air diadalamnya.
Setelah di bongkar satu persatu di bersihkan,
Rotor kita bersihkan dan amplas pelan - pelan jangan sampai ada jalur yang putus/ atau rusak.
Stator pun kita bersihkan dengan mengunakan pembersih electronic.
Untuk carbon brush yang lengket kita rendam dahulu dengan cairan WD40 baru kemudian kita bersihakan dan kita gerakkan pelan - pelan supaya carbon brush tidak rusak
Setelah semua dibersihkan kemudian part - part tersebut kita rakit kembali, dan kita test kosongan tanpa beban/ belum kita instal.
Setelah di coba kosongan tidak ada masalah, unit motor stater baru kita pasang pada unit engine.nya  yaitu engine john deere diesel engine
Setelah terpasang baru kita coba starting engine yang telah kita perbaiki sebelumnya.
 
Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita akan duani mekanik oil and gas, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Postingan Populer

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Teory Pompa Kerja Pararel dan Pompa Kerja Seri

Pompa dapat kita pasang atau operasikan pararel atau seri, jika kita ingin menaikan qapasitas, pompa akan kita operasikan Pararel, dengan syarat Head pompa sama. Sedangkan jika kita ingin meanikan Head/ tekanan discharger pompa, kita dapat mengoperasikannya secara seri dan syartnya pompa ke 2 harus lebih rendah qapasitasnya, sebab jika sama maka akan ada kapitasi. Pompa pertama kita sebut pompa pengirim atau pompa utama, sementara pompa ke 2 kita sebut sebagi pompa Booster atau pompa peningkat tekanan. Dalam mendesain (pararel/series) pompa, jumlah 2 atau lebih pompa sentrifugal disebut dengan multiple centrifugal pump. Dalam mendesain multiple centrifugal pump ini utamanya adalah ketika melakukan instalasi,  sangatlah penting untuk memperhatikan hubungan antara kurva pompa (pump curve) dan kurva sistem perpipaan. (piping system curve). Efek dari menambahkan 2 buah pompa yang identik dalam rangkaian paralel dapat di lihat pada gambar grafik di bawah ini. Baca ...

Cara Leak Test (test kebocoran) dan Hydrotest pada Valve dan Bejana Tekan

Leak Test : Biasanya ini dilakukan pada reinforcing pad of opening, menggunakan udara. Kadang-kadang di-counter check dengan bubble soap. Sehingga sering disebut juga bubble test. Diaplikasikan pada semua peralatan yang mempunyai pads pada bagian pressure (PV, HE, Tank, dll). Bisa juga leak test dilakukan tanpa sabun. Material diinjeksi dengan udara bertekanan dan direndam dalam tanki air untuk beberapa waktu (digunakan dalam pengetesan fuel tank untuk forklift). Ini lebih efektif dibandingkan dengan sabun. Test ini juga dilakukan untuk pengecekan kebocaran pada blinded flange, flange joint (shell side to tube side joint), channel cover installation, dsb. Secara internal, diberi tekanan menggunakan udara – alternatif lain bisa menggunakan nitrogen (N 2 ). Pada tangki ada juga istilah leak test untuk roof dan bottom installation. Alatnya disebut Vacuum Box. Leak test tidak sama persis dengan pneumatic test. Pneumatic test itu bisa digunakan sebagai pengganti hydrotes...